Surga Tersembunyi: Pantai-Pantai Terpencil di Malang yang Belum Banyak Diketahui

JNEWS – Pantai Malang merupakan permata tersembunyi yang perlu diketahui wisatawan. Sebenarnya sudah banyak yang membagikan foto keindahan pantai-pantai di selatan Malang. Namun kuatnya magnet pariwisata di wilayah utara, terutama Bromo dan Batu, membuat wisatawan kehabisan waktu dan tidak menyisakannya untuk menjelajah wilayah selatan.

Malang memang bukan ibu kota provinsi seperti Bandung atau Yogyakarta, tetapi jumlah kunjungan wisatawan ke Malang luar biasa. Berdasarkan data dari Goodstats, Jawa Timur berada di peringkat 1 jumlah kunjungan wisata terbaik di Indonesia pada bulan Januari – September 2023 dengan Kota Malang sebagai peringkat 4 kota tujuan wisata terbaik di Indonesia.

Pantai Malang yang Terpencil

Malang memiliki semua unsur keindahan di bumi, seperti kota yang nyaman, gunung yang menakjubkan, museum, wahana, air terjun (coban) hingga pantai dan laut. Julukan bagi kota ini pun bertumpuk, dari Paris van Oost Java (Paris di Jawa Timur) hingga Switzerland van Java (Swiss di Jawa). Namun pantai Malang masih perlu diberi perhatian yang sama besar dengan tujuan wisata lainnya.

Berikut adalah beberapa pantai Malang yang terpencil bagai surga tersembunyi.

1. Pantai Gatra: Asyiknya Bermain Kano

Pantai Gatra satu kawasan dengan Pantai Tiga Warna. Untuk sampai ke Pantai Gatra, pengunjung akan melewati area Pantai Clungup setelah parkir sehingga jarak jalan kaki agak jauh. Ombaknya tenang, cocok untuk bermain kano dengan harga sewa Rp25.000. Kebersihan sangat terkendali karena ada pengecekan tas oleh petugas.

Lokasi: Sendang Biru, Sitiarjo, Kabupaten Malang. Peta di sini.

Tiket masuk: Rp10.000.

Pantai Malang terpencil

2. Pantai Batu Bengkung: Terlindung Tembok Alam

Batu Bengkung merupakan pantai yang terbilang belum lama dikembangkan. Ombak di pantai ini cukup tenang karena terlindungi karang yang membentang seperti tembok. Banyak ikan kecil yang terjebak di antara cekungan-cekungan karang yang berair jernih. Sunset terbaik dapat dinikmati dari bukit. Di tempat ini banyak pengunjung yang kemah.

Lokasi: Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang. Peta di sini.

Tiket masuk: Rp10.000.

Parkir: Rp10.000.

3. Pantai Banyu Meneng: Banyak Tetangga Pantainya

Akses ke Pantai Banyu Meneng memang agak terganggu. Namun pantainya luas, landai dan ombaknya tenang karena ada karang besar yang memecah ombak dari samudera. Pengunjung dapat mendirikan tenda dekat pantai. Pantai Malang ini berbeda karena teduh oleh pepohonan. Jalan menuju Pantai Banyu Meneng juga merupakan akses ke Pantai Kondang Merak, Ngentup dan Sorok.

Lokasi: Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kebupaten Malang. Peta di sini.

Tiket masuk: Rp15.000.

Parkir: Rp10.000.

Baca juga: Selecta Malang: Oase di Kaki Gunung Arjuna

4. Pantai Watu Leter: Asyiknya Berburu Ikan Karang

Pantai Malang ini dapat menjadi pilihan utama yang malas berjalan jauh dari tempat parkir. Ombak pantai tidak terlalu besar. Ketika surut, para wisatawan bisa asyik mencari ikan kecil, keong, bulu babi dan sebagainya. Pantai Watu Leter juga direkomendasikan untuk camping keluarga.

Lokasi: Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang. Peta di sini.

Tiket masuk: Rp15.000.

5. Pantai Tiga Warna: Kadang Lumba-Lumba Mampir

Pantai Tiga Warna tidak jauh dari Pantai Gatra. Petugas pantai cukup tegas dalam menjaga kebersihan pantai sehingga pantai yang berpasir putih ini memiliki air yang bening kehijauan. Pantai ini bagai hidden gem jika dibandingkan dengan pantai Malang lainnya. Pantai Tiga Warna cocok bagi pencinta kegiatan outdoor, seperti trekking, berenang, camping, snorkeling dan sebagainya. Jika beruntung, pengujung dapat melihat lumba-lumba yang lewat.

Lokasi: Jl Sendang Biru, Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Peta di sini.

6. Pantai Sendiki: Spot Foto Pantai Menawan

Pantai Sendiki luas, bersih, dan berpasir putih. Namun ombaknya agak besar. Di sini disediakan tempat berkemah. Pantai Sendiki merupakan spot foto yang menarik sambil bermain ayunan. Beberapa ruas jalan belum beraspal namun papan petunjuk lengkap. Akses dari parkir agak mendaki namun akan terbayar dengan keindahan pantainya.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Peta di sini.

Tiket: Rp10.000.

Parkir: Rp10.000.

7. Pantai Ngliyep: Sekali Masuk 3 Pantai

Pantai Ngliyep berjarak 2 jam dari Kota Malang. Pantai ini landai dan airnya hijau kebiruan. Ada beberapa bagian pantai yang terpisah sehingga seolah-olah mengunjungi 3 pantai yang berbeda, antara lain Pantai Pasir Panjang dan Teluk Putri.

Di sini juga ada Gunung Kombang, yang merupakan tempat petilasan untuk semedi. Gunung Kombang terletak di sebuah pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan. Pemandangan sunrise dan sunset terbaik dapat dilihat dari Gunung Kombang.

Lokasi: Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Peta di sini.

Tiket masuk: Rp15.000.

Parkir: Rp10.000.

8. Pantai Teluk Asmara: Menunggu Bintang Jatuh

Jarak pantai ini sekitar 2 jam dari Kota Malang dan disarankan lewat Turen. Pantainya bersih, pasirnya putih dan ombaknya mengalun tenang. Di beberapa bagian terdapat karang yang tajam tetapi justru bisa dinikmati dengan duduk-duduk memandang laut dari kejauhan. Beberapa pengunjung terlihat bermalam dengan mendirikan tenda. Ketika malam tiba, langit di pantai ini dihiasi bintang-bintang, bahkan jika beruntung bisa melihat bintang jatuh untuk make a wish.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Peta di sini.

Tiket masuk dan parkir: Rp15.000

Parkir: Rp15.000 bundling dengan air mineral 600 ml.

9. Pantai Goa Cina: Legenda Sang Petapa

Pantai Goa Cina sudah ada pengelolanya sehingga termasuk ramai karena fasilitas dan akses sudah memadai. Ada spot kapal di atas bukit. Pantainya bersih tetapi disarankan bermain saja atau berenang di pinggir karena banyak karang. Pantai Goa Cina terkait dengan legenda petapa asal Tiongkok bernama Hing Hook yang hilang di sebuah gua.

Lokasi: Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Peta di sini.

Tiket: masuk Rp15.000, gua Rp5.000, atas gua Rp10.000.

Parkir: Rp20.000 bundling air mineral.

10. Pantai Balekambang: Tanah Lot Malang

Beberapa waktu lalu Pantai Balekambang membuat kecewa pengunjung karena jalan aspalnya telah tergerus dan menyusahkan pengemudi. Namun masalah tersebut akan segera teratasi karena perbaikan sudah direncanakan pada pertengahan 2024. Pantai ini mendapatkan kunjungan terbanyak dibandingkan pantai Malang lainnya karena fasilitasnya sudah lengkap.

Daya tarik Balekambang lainnya adalah pantai yang bersih, pasir yang putih, dangkal dan landai. Anak-anak dapat bermain air dengan aman. Di sini juga terdapat pura yang menjadi ikon pantai. Sedangkan untuk makan, pengunjung dapat menikmati aneka hidangan ikan laut.

Lokasi: Jl. Balekambang, Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Batur, Malang. Peta di sini.

Tiket masuk: Rp30.000.

Parkir mobil: Rp10.000.

Baca juga: 6 Rekomendasi Hotel di Malang Kota yang Cocok untuk Staycation

Pantai Malang yang tersembunyi masih banyak. Beberapa pantai tersebut saling berdekatan. Sebaiknya rencanakan rute perjalanan dahulu agar dapat mengunjungi lebih dari satu pantai yang bertetangga.

Exit mobile version