Kuliner Legendaris di Pasar Atom Surabaya dengan Cita Rasa Autentik

JNEWS – Berkunjung ke Kota Pahlawan tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan terbesar, yaitu Pasar Atom Surabaya. Banyak yang menyebut bahwa pasar ini sebagai Hong Kong-nya Surabaya. Tidak mengherankan banyak yang menyebutnya demikian, karena selain menjadi pusat perbelanjaan, di pasar ini juga memiliki beragam kuliner legendaris.

Dikutip dari website Pasar Atom, pusat perbelanjaan ini berdiri sejak tahun 1972 dan salah satu yang terbesar di Indonesia. Lokasi pasar ini terletak di kawasan Surabaya Utara tepatnya di Jl. Bunguran No. 54. Gedung Pasar Atom Surabaya menyatu dengan Atom Mall.

Gedung ini dibangun di atas lahan seluas enam hektare. Total jumlah stand yang ada di Pasar Atom Surabaya sekitar 2.000 stand, sedangkan di Atom Mall kurang lebih 600 stand.

Pedagang di pasar ini menjual aneka barang seperti perhiasan emas. Total ada 53 toko emas yang tersebar di dua gedung ini. Selain itu ada juga pakaian perempuan, pakaian anak-anak, perlengkapan bayi, ibu hamil, toko sepatu, sandal, konter ponsel hingga ATM.

Rekomendasi Kuliner Legendaris di Pasar Atom Surabaya

Apabila sudah lelah berkeliling pasar, ada sejumlah kuliner legendaris yang bisa ditemui. Tidak tanggung-tanggung, beberapa kuliner tersebut sudah ada sejak puluhan tahun dan rasanya masih autentik hingga sekarang.

Berikut ini rekomendasi kuliner legendaris yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Pasar Atom Surabaya.

Pasar Atom Surabaya Lontong Mie Ny. Marlia
Sumber: Instagram @lontongmie_ny.marlia

1. Lontong Mie Ny. Marlia

Lontong mie adalah makanan khas dari Jawa Timur. Olahan kuliner ini perpaduan dari lontong, mi kuning, taoge, tahu goreng, topping udang goreng dan disiram dengan bumbu khas. Rasanya gurih dan lezat.

Ingin mencicipi kuliner ini di Pasar Atom bisa berkunjung ke Lontong Mie Ny. Marlia. Tempat makan ini termasuk legendaris di Kota Surabaya. Ada beberapa varian lontong mie bisa dinikmati di sini. Ada lontong mie spesial telur asin hingga lontong mie spesial daging otot.

Selain menjual lontong mie, ada juga menu gado-gado, rujak cingur, sate kerang, lento goreng, rujak cingur, tahu tek, dan lain-lain. Harga seporsi lontong mie Rp26.000, sedangkan spesial telur asin Rp31.000 dan spesial daging otot Rp34.000.

Lokasi: Pasar Atom, Jl. Bunguran No.45 Lantai 2 Tahap 1.

Sumber: Instagram @nascum_pasaratom

2. Nasi Cumi Pasar Atom

Kuliner legendaris di Pasar Atom Surabaya berikutnya adalah Nasi Cumi. Warung makan ini terletak di sebelah gedung lama Pasar Atom. Tempatnya sederhana layaknya warung makan di pusat perbelanjaan, dan pengunjungnya selalu ramai.

Hidangan nasi cumi yang menjadi andalan dan favorit pelanggan adalah cumi yang dimasak dengan tinta cumi, cita rasanya gurih dan manis. Seporsi nasi cumi dilengkapi dengan empal, usus sapi, paru, dan peyek udang. Apabila ingin pedas, bisa menambahkan sambal ulek. Sangat lengkap dan mengenyangkan. Harga nasi cumi biasa Rp22.000, nasi campur cumi Rp27.000.

Lokasi: Sentra PKL Samping Area Parkir Pasar Atom.

Baca juga: 10 Makanan Khas Surabaya dengan Rasa Unik yang Tak Ada di Tempat Lain

3. Cakue Peneleh

Selain menjual makanan ‘berat’, ada juga kudapan tradisional yang lezat dengan harga terjangkau, seperti cakue peneleh.

Cakue Peneleh termasuk kuliner legendaris di Kota Pahlawan karena sudah ada sejak tahun 1988. Di Cakue Peneleh, menunya bervariasi seperti cakue polos, roti goreng, cakue udang, ote-ote, kompiang, kacang kuah, siomay, cakagor, gyoza, pempek, dan lain-lain.

Salah satu yang paling favorit adalah cakue isi ayam udang. Cakue ini terdiri dari cakue polos dan ditengahnya diberi adonan udang dan sedikit potongan sayuran, lalu dihidangkan bersama saus tomat asam manis. Harga cakue polos Rp48.000/6 pcs, cakue isi ayam udang Rp80.000/10 pcs, dan roti goreng mini Rp60.000/20 pcs.

Lokasi: Pasar Atom Lama Tahap III, lantai I.

4. Bubur Madura

Ke Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi bubur Madura. Khususnya di Pasar Atom, ada banyak pedagang bubur Madura yang berjualan di pinggir jalan pasar sisi timur. Di area tersebut, para penjual sudah rapi berjejer sejak pagi hari.

Bubur Madura berisi bubur manis seperti bubur sumsum, bubur mutiara, bubur candil, dan bubur ketan hitam. Bubur ini tambah lezat dengan adanya parutan kelapa sebagai topping, dan diguyur juruh, yakni gula merah yang dicairkan. Pembeli bisa menikmatinya sambil duduk di kursi plastik kecil yang sudah disediakan. Satu porsi bubur Madura dibanderol Rp10.000. Relatif murah untuk menu sarapan pagi.

Lokasi: Sisi timur Pasar Atom.

5. Kartiko Jajan Pasar

Satu lagi tempat yang wajib dikunjungi apabila ingin berburu kudapan tradisional di pasar legendaris Surabaya ini, yakni Kartiko – Warung Kopi & Jajan Pasar. Di tempat ini, pengunjung bisa menemukan aneka jajanan pasar seperti spikoe, kue perut ayam, onde-onde, wingko, ote-ote udang, bubur grendul, kue cucur, klepon, dan masih banyak lainnya.

Buka setiap hari mulai pukul 10 pagi, warung ini pasti sudah ramai dengan pengunjung. Bagi yang ingin bersantai, ada tempat duduk yang disediakan untuk makan dan menyesap kopi. Untuk harga jajanan pasar bervariasi mulai dari Rp8.000. Untuk minuman teh Rp11.000 sedangkan kopi mulai dari Rp16.000.

Lokasi: Pasar Atom Mall Tahap 1, lantai 3 St B4 42.

6. Nasi Timbel Tip-Top

Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus daun pisang dan dibentuk bulat lonjong. Kuliner berasal dari Jawa Barat dan cukup populer. Pengunjung bisa menikmati kuliner ini di Nasi Timbel Tip-Top.

Warung nasi ini cukup legendaris karena sudah berjualan selama puluhan tahun. Menu utamanya adalah seporsi nasi timbel empal dengan empal, tahu, tempe, sambal, dan lalapan. Empal kremes yang disajikan tersebut cita rasanya gurih, renyah. Selain nasi timbel, ada juga menu lainnya seperti bebek, bakwan, ayam hingga udang. Harga seporsi dibanderol mulai dari Rp20.000.

Lokasi: Pasar Atom Surabaya Tahap II lantai 2.

Baca juga: Jejak Kuliner Tahu Tek: Eksplorasi Wisata Kuliner Surabaya

7. Es Kacang Ijo Goyang Lidah

Ingin cari yang segar setelah lelah berkeliling pasar, bisa mencoba Es Kacang Ijo Goyang Lidah. Penyajian es ini adalah bubur kacang hijau dilengkapi kelapa muda, santan, dan serutan es. Semangkuk es ini dibanderol Rp10.000 saja. Hanya ada dua varian yakni original dan kacang ijo. Rasanya gurih, manis, dan segar. Kuliner yang satu ini buka setiap hari mulai pukul 18.30 sore hingga 00.30 malam.

Lokasi: Pintu Samping Pasar Atom.

Bagi sebagian besar masyarakat Kota Pahlawan, kuliner Pasar Atom Surabaya tak hanya lezat tapi juga menyimpan berbagai kenangan. Warung makan legendaris yang masih buka hingga sekarang ini, seperti obat rindu untuk kenangan indah bersama orang tersayang.

Exit mobile version