Patut Dicoba, Ini Trik Jitu Tambah Followers TikTok

 

Tak bisa dipungkiri, peran media sosial sangat besar di Indonesia. Tak sekedar hanya untuk eksistensi diri, pengaruhnya juga sangat berdampak pada kelangsungan bisnis yang dirintis, seperti bagi pelaku UMKM.

Salah satu sosial media yang sangat berkembang pesat adalah TikTok dengan pengguna aktif yang saat ini mencapai 800 juta lebih. Karena digemari, TikTok juga menjadi wadah bagi sebuah brand, termasuk UMKM untuk dijadikan strategi marketing.

Mulai dari membuat iklan dengan video pendek, konten soal produk yang dipasarkan, sampai menggandeng influencer untuk menarik perhatian sebuah brang melalui TikTok. Namun demikian, tentu strategi pemasaran akan sangat efektif bila didukung dengan pengikut alias followers yang banyak.

BACA JUGA : Tiga Cara Praktis agar UMKM Banjir Order Via TikTok

Untuk itu, penting juga untuk memancing followers dengan konten-konten yang seru. Caranya bisa dilakukan dengan beragam hal, dan bagi yang ingin menambah pengikut, Tokopedia punya 10 tips yang dapat dicoba.

cara download video tiktok tanpa watermark

Apa saja triknya, berikut detailnya :

1. Temukan Target Audience

Salah satu trik untuk menambah followers akun TikTok adalah dengan menentukan sasaran penonton atau target audience dari brand atau produk. Konten tertentu pasti akan menarik suatu grup dengan demografi, lokasi, atau lingkup yang memiliki minat yang sama.

Pastikan sudah menentukan target audience sehingga followers yang didapat sesuai dengan isi konten yang dibuat. Dengan begitu, followers dapat benar-benar berinteraksi dan engage dengan akun. Pastikan juga konten yang dibuat selain menghibur, juga mengedukasi.

2. Konten Engaging

Tak hanya konten yang sesuai, tapu juga yang engaging atau menarik bagi para audiens. Buatlah ide-ide out of the box yang akan membuat audiens melirik. Selain itu, bisa juga menggunakan gaya editing atau skema warna yang signifikan dalam guna memperkaya konten dan jadi ciri khas dari akun TikTok bagi pengguna lain.

3. Hashtag

Hanya dengan hashtag, seseorang dapat menemukan kumpulan konten yang sesuai dengan minatnya secara mudah. Kamu bisa menggunakan gabungan hashtag dari hashtag yang sedang trending dan hashtag umum.

Kamu juga bisa menemukan hashtag yang sedang trending dengan menggunakan tool TikTok hashtag generation. Akan lebih baik jika hashtag yang kamu gunakan relevan dengan konten yang kamu buat sehingga membantu akunmu untuk dilirik oleh pengguna lain.

4. Menghibur dan Mengedukasi

Penting untuk membuat konten yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan manfaat atau pengetahuan bagi para audiens. Contohnya bisa memberikan tips atau solusi dalam editing.

Apabila konten disampaikan secara mudah dan menarik, pasti audiens akan merujuk ke akunmu untuk melihat konten yang serupa.

5. Kolaborasi

Cara selanjutnya adalah dengan berkolaborasi dan engage dengan creator lain. Seperti media sosial lainnya, TikTok juga merupakan platform sosial media dengan tujuan penggunanya melakukan interaksi satu sama lain.

BACA JUGA : Komponen Penting di Mobil yang Tak Boleh Diabaikan Perawatannya

Kamu bisa menggunakan fitur duet atau stitch di TikTok untuk meningkatkan interaksi. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan eksposur lebih tinggi dengan bekerjasama dengan creator TikTok lain.

6. Ikuti Trend

Tren merupakan elemen yang paling penting di TikTok. Kamu bisa meningkatkan eksposur dan mendapatkan followers dengan mengikuti tren yang sedang viral. Perlu diingat bahwa kamu tidak perlu mengikuti semua tren yang ada, cukup lakukan tren yang diminati dan juga dilakukan oleh target audiens saja.

7. Mengunggah saat Prime Time

Salah satu cara yang paling ampuh dalam meningkatkan followers TikTok adalah dengan mengunggah konten saat prime time. Unggah video di sela-sela waktu jam kerja istirahat antara pukul 12.00 hingga 13.00 dan waktu pulang kerja sekitar pukul 16.00 atau 17.00.

Di luar jam tersebut, kamu bisa mengunggah video saat followers paling aktif secara online. Followers akan banyak berinteraksi dengan kontenmu dan kemudian bisa meningkatkan eksposur kepada pengguna lain lewat algoritma TikTok.

8. Mengikuti atau Membuat Challenge Sendiri

Nah, pasti para pengguna TikTok sudah tidak asing lagi dengan kata challenge! Mengikuti challenge bisa menjadi salah satu cara untuk menambah followers TikTok. Namun, kamu juga bisa membuat challenge sendiri, lho!

Buatlah ide unik untuk challenge dan konsisten dalam membuatnya sampai orang lain mengikuti challenge yang kamu buat. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan creator lain agar challenge yang kamu buat dilihat oleh semakin banyak pengguna.

9. Promosikan via Media Sosial Lain


Kamu bisa promosikan akun TikTok lewat media sosial lain untuk mencapai lebih banyak audiens. Misalnya lewat Instagram, Youtube, atau Twitter. Unggah video TikTok di akun media sosial lain dan cantumkan username TikTok agar orang lain dapat berkunjung ke akun TikTok milikmu untuk menemukan konten yang serupa.

10. Menggunakan User-Generated Content

Terakhir adalah dengan menggunakan user-generated content atau (UGC). UGC adalah konten yang dibuat oleh konsumen, pelanggan, atau bahkan followers yang kamu miliki.

Lewat UGC, kamu akan mendapatkan kepercayaan brand, meningkatkan engagement dan juga followers TikTok. Untuk mendapatkan UGC kamu bisa membuat challenge, kompetisi atau memulai suatu tren hashtag.

Exit mobile version