Pelaku Industri Dukung Akselerasi Digital UMKM di Indonesia

Wajib Dicoba! 7 Strategi Marketing Di Era Digital

Ilustrasi digitalisasi

Industri data center dan cloud services Tanah Air berkomitmen mendukung percepatan digitalisasi UMKM di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Vice President Finance & Business Operations IDCloudHost Adam Darmanto, di Jakarta.

Baca juga: Kemenkop UKM Targetkan Peningkatan Jumlah UMKM Wanita

“Kami siap memberikan layanan terjangkau dan berkualitas untuk mendukung program pemerintah melakukan onboarding digitalisasi UMKM di Indonesia sesuai program pemerintah, 30 juta UMKM digital”, ungkap Adam seperti dikutip Selasa (24/5/2022).

Menurut Adam, Indonesia tidak hanya membutuhkan Data Center berkualitas, tetapi juga yang terjangkau bagi penyedia cloud services untuk dapat melayani onboarding digitalisasi UMKM.

“Ada 2 area yang kami pandang merupakan peluang inovasi, yaitu, dengan pemanfaatan teknologi pengaturan penempatan rak yang akan meningkatkan kapasitas jumlah server per-rak, dan pengelolaan manajemen listrik dengan implementasi individual metering listrik pada rak sesuai pemakaian,” ajak Adam.

Inovasi ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional Data Center. Hingga pada gilirannya akan menjadikan layanan Data Center lebih terjangkau bagi para provider cloud services.

Baca juga: Kejar Digitalisasi dan Kemudahan Bagi UMKM, Youtap Bikin Program Menarik

Kondisi tersebut memungkinkan bagi para UMKM untuk bertransformasi dan hadir secara digital, baik untuk membuat website ataupun manajemen operasionalnya berbasis cloud.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri data center global tumbuh dengan sangat cepat. Hal ini didorong oleh transformasi digital yang terjadi secara masif, teknologi IoT yang semakin berkembang, dan peralihan ke layanan cloud computing.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Research and Markets, pasar data center global diperkirakan akan tumbuh dengan CAGR yang mencapai lebih dari 2% selama periode 2019-2025. Pasar ini telah menarik investasi yang signifikan pada layanan colocation, cloud, dan penyedia layanan telekomunikasi.

Baca juga: Miss Konsepsi Digitalisasi UMKM, Apa Saja?

Indonesia kini menjadi pusat dari pertumbuhan pasar ini. Menurut Mordor Intelligence, pasar data center Indonesia diperkirakan akan tumbuh dengan CAGR sebesar 12,95% selama periode 2021-2026.

Exit mobile version