Pemegang Sabuk Hitam yang Rajin dan Rendah Hati Dinobatkan sebagai Best Security

Helfry Achzan Zahari, petugas security yang sehari-hari bertugas di Kantor Pusat JNE Tomang 11

Pembawaannya yang ramah, kalem dan murah senyum, namun tampak selalu sigap. Para karyawan, tamu dan customer yang berkunjung  ke Kantor Pusat JNE Tomang 11 merasa nyaman saat sosok  Helfry Achzan Zahari menyapa. Selain itu, pemegang sabuk hitam beladiri taekwondo ini memiliki loyalitas dan dedikasi kerja yang baik membuat ia diganjar sebagai Best Security.

Security merupakan salah satu garda terdepan di JNE.  Tamu yang datang ataupun costumer yang akan melakukan pengiriman paket, seperti di JNE Tomang 9, JNE Tomang 11, JNE Tomang 6 dan seluruh cash counter JNE di seluruh Indonesia,  tentu yang paling pertama bertemu adalah dengan petugas security.

Ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang diemban para security. Diantaranya memastikan kenyamanan dan keamanan para karyawan dan pimpinan perusahaan saat mereka bekerja. Begitu juga kenyamanan dan keamanan bagi tamu maupun customer yang datang ke kantor JNE.

Untuk memastikan itu semua, JNE Pusat sendiri sekarang dijaga oleh ratusan personil security organik, dimana salah satunya adalah Helfry Achzan Zahari yang dinobatkan sebagai Best Security. Hal itu tidak terlepas dari dedikasi dan prestasinya dalam bekerja.

Baca Juga : Survei: Masyarakat Indonesia Pakai Internet Lebih dari 8 Jam per Hari

(kanan berdiri) Helfry Achzan Zahari selain security juga menjadi pelatih taekwondo di ranting JNE

Pria yang mulai bergabung di JNE, Maret 2013 ini, dinilai mempunyai kehadiran tertinggi dalam 3 tahun terakhir. Performance terbaik ia lakukan, seperti saat memberikan pelayanan kepada para customer yang datang atau kepada para tamu, termasuk tamu VIP, dan selalu menawarkan ide perbaikan di lokasi kerja apabila timbul suatu masalah.

“Saya merasa bukan yang terbaik. Security adalah kerja tim bukan perorangan. Tetapi jika memang pimpinan memberikan gelar Best Security, itu Alhamdulillah dan sangat bangga, mungkin berkat kerja keras selama ini,” beber Helfry, saat ditemui JNEWS di Gedung JNE Tomang 11, Jumat (13/11/2020).

“JNE sudah seperti menyatu dengan kahidupan saya. Sehingga apa pun kondisinya, saya berusaha untuk tidak bolos dan terlambat kerja. Saya bangga dan nyaman bekerja di JNE. Di sinilah tempat mencari nafkah untuk keluarga. Di sini saya juga merasa menjadi manusia seutuhnya, tidak ada sekat antara atasan dan bawahan,” tuturnya bersemangat.

Baca Juga : JNE Tasikmalaya Terus Melaju Menyambut 2021

Terkait aturan dan tata tertib perusahaan, yang harus dilaksanakan oleh seluruh Ksatria dan Srikandi, termasuk para pimpinan, tamu dan customer yang datang ke kantor JNE, oleh Helfry senantiasa dijalankan dengan tegas dan profesional. Seperti halnya aturan 3M (Memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan) di masa pandemi Covid-19 sekarang ini yang semuanya ia ingatkan bila ada yang melanggar.

Saat bertugas, guna memastikan lingkungan kerja aman dari segala gangguan, menurutnya, mata dan telinga security harus selalu awas untuk memelototi semua pergerakan yang ada. Bukan itu saja, security harus dengan cepat memberikan pelayanan kepada customer tanpa harus diminta, seperti membawakan paket yang besar atau berat sampai ke meja sales counter.

“Tamu atau customer yang datang, misalnya, menanyakan mengenai keagenan atau butuh informasi yang berkaitan dengan JNE, kami siap menjelaskannya, karena para security sudah dibekali semua wawasan yang berkaitan dengan JNE,” pungkasnya.

Menurut Henny Sulistiawati selaku atasan Helfry, terpilihnya Helfry karena memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh manajemen seperti tingkat absensi. “Betul dia memenuhi kriteria seperti di atas, diantaranya memiliki kehadiran tertinggi, menawarkan banyak ide atau gagasan perbaikan di lokasi kerja. Ini patut menjadi contoh bagi para security yang lainnya,” ujar Henny yang menjabat sebagai Head of HSE & Security Department JNE ini. *

Baca Juga : Tips Bikin Video dengan Smartphone Galaxy Note20 bagi UKM untuk Mempromosikan Produk

Exit mobile version