Pemerintah Wadahi UMKM Promosi di Rest Area

Rest Area UMKM

 

Memperkuat kehadiran pelaku UMKM di jalan tol, pemerintah berinisiatif menyediakan sarana promosi di rest area. Hal ini dibuktikan melalui penandatanganan nota kesepahaman antar empat kementerian.

Adapun empat kementerian tersebut adalah BUMN, Perhubungan, Koperasi dan UKM, serta PUPR yang penandatangannya dilakuka di rest area KM 260B Heritage Banjarmata, Brebes, Jawa Tengah.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM mengatakan, penandatangan MoU tersebut bentuk pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2022 tentang kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan dari UMKM.

BACA JUGA : Menkop UKM: Manfaatkan Gedung Tua Tak Terpakai Jadi Rumah UMKM

“Salah satu amanatnya menghadirkan tempat promosi UMKM di infrastruktur publik, bandara, terminal, pelabuhan, dan rest area,” kata Teten.

Menurut Teten, untuk di rest area Banjaratma yang lokasinya merupakan bekas pabrik gula, ada 158 usaha yang 100 persen berasal dari UMKM lokal. Hal ini pun menjadikan rest area ini sebagai percontohan bagi lainnya.

Teten menyamapiakan, meski sudah ada kemudahan yang diberikan, seperti sewa 50 persen saat pandemi, namun harus ada langkah strategis lainnya untuk mengembankan UMKM.

Salah satunya adalah pendampingan yang berkelanjutan, terutama soal analisis pasar sehingga UMKM bisa menjajakan produk yang sesuai selera pengunjung.

BACA JUGA : Keren, Ini Hasilnya Saat Vans dan Sailor Moon Berkolaborasi

“Rest area ini tempatnya sangat bagus. Menurut kami, ini bisa menjadi restoran bersama yang berkualitas sehingga orang mau datang jauh-jauh ke sini untuk makan dan minum enak serta berbelanja pakaian yang bagus,” ujar Teten.

 

Exit mobile version