Pencak Silat, Seni Bela Diri Indonesia dan Beberapa Perguruannya

pencak silat, seni bela diri Indonesia

Pencak Silat dikenal sebagai seni bela diri asal Indonesia. Sumber gambar: canva

JNEWS – Pencak silat, seni bela diri asli Indonesia, penggemar tersendiri di luar negeri. Seni bela diri ini dikenal dengan gerakannya yang anggun dan tekniknya yang kuat, dan semakin banyak diajarkan di sekolah dan dojo di seluruh dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, pencak silat telah tampil di beberapa turnamen internasional, termasuk menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018. Imbasnya, eksposur terhadap pencak silat sebagai olahraga dan seni bela diri meningkat di luar negeri dan  telah menyebabkan peningkatan minat dari praktisi bela diri di negeri lain.

Ada beberapa jenis perguruan pencak silat Indonesia yang terkenal di luar negeri, antara lain:

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) adalah perguruan pencak silat terbesar di Indonesia. PSHT memiliki cabang di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri, seperti Malaysia, Belanda, dan Amerika Serikat. PSHT dikenal dengan gerakan-gerakan pencak silatnya yang indah dan atraktif.

Ikatan Keluarga Silat Indonesia (IPSI) adalah organisasi induk pencak silat di Indonesia. IPSI memiliki cabang di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri, seperti Malaysia, Thailand, dan Amerika Serikat. IPSI dikenal dengan berbagai aliran pencak silat yang diajarkannya, seperti pencak silat Cimande, pencak silat Betawi, dan pencak silat Jawa Timur.

Perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah (Tapak Suci) adalah perguruan pencak silat yang berafiliasi dengan Muhammadiyah. Tapak Suci memiliki cabang di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri, seperti Malaysia, Thailand, dan Amerika Serikat. Tapak Suci dikenal dengan gerakan-gerakan pencak silatnya yang dinamis dan penuh tenaga.

Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) adalah perguruan pencak silat yang berasal dari Madiun, Jawa Timur. PSHW memiliki cabang di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri, seperti Malaysia, Thailand, dan Amerika Serikat. PSHW dikenal dengan gerakan-gerakan pencak silatnya yang keras dan efektif.

Perguruan Perisai Diri adalah perguruan pencak silat yang berasal dari Yogyakarta. Perisai Diri memiliki cabang di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri, seperti Malaysia, Thailand, dan Amerika Serikat. Perisai Diri dikenal dengan gerakan-gerakan pencak silatnya yang halus dan elegan.

Baca juga: Olahraga Kardio untuk Pemula: Panduan Memulai dengan Aman dan Efektif

Promosi pencak silat di luar negeri adalah perkembangan positif bagi seni bela diri Indonesia. Hal ini membantu melestarikan tradisi pencak silat dan juga memperkenalkan seni bela diri ini kepada audiens yang lebih luas. Seiring pencak silat yang terus mendapatkan popularitas, kemungkinan akan menjadi semakin populer di tahun-tahun mendatang.

Exit mobile version