Penerimaan Logistik KCN Tetap Capai Target di Masa Pandemi

logistik pandemi

Pandemi COVID-19 meluluhlantakan berbagai sektor, tak ketinggalan sektor logistik. Meski demikian, PT Karya Citra Nusantara (KCN) mengklaim bahwa pergerakan bisnisnya tetap berjalan dengan lancar, bahkan sesuai dengan target.

Menurut DIrektur PT KCN Widodo Setiadi, pihaknya mencatat penerimaan logistik sebesar 100.000 ton setiap bulannya. Penerimaan tersebut diakui sesuai dengan target yang diinginkan.

“Tentunya hal ini sudah bisa meningkatkan kedatangan, artinya masih bergerak baik. Kira-kira kalau kami bongkar 100.000 ton per bulan itu masih bisa tercapai. Jadi, kalau setahun itu masih 1,2 juta ton tetap bisa kami layani,” ujar Widodo seperti mengutip dari Antara.

Meski berjalan dengan lancar dan sesuai target, Widodo juga tak memungkiri bahwa pandemi ini menyebabkan penerimaan logistik sempat mengalami penurunan. Meski begitu, hal tersebut dapat diatasi dengan fasilitas-fasilitas yang dimiliki PT KCN di Pelabuhan Marunda, sehingga penerimaan logistik dapat lebih tinggi dibandingkan dengan pelabuhan-pelabuhan curah lainnya.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Semarang-Demak Ditarget Rampung 2022

Lebih lanjut Widodo juga mengatakan, bahwa apa yang sudah dicatat ini belum sampai pada kapasitas normal. Dengan kata lain pihaknya masih tetap bisa meningkatkan penerimaan logistik. Hanya saja, lanjut Widodo, semua ini kembali lagi tergantung pada kebijakan-kebijakan pemerintah.

“Selama pandemi ini ada beberapa vendor yang juga mengalami penurunan, karena mau tidak mau tingkat fleksibilitas maupun cara pengiriman kini harus mengikuti standar normal baru. Kita juga harus melihat bahwa yang memang masih jalan di masa pandemi ini adalah logistik. Logistik tetap jalan dan barang-barang kebutuhan dasar tetap berjalan,” jelasnya.

Adapun yang dimaksud barang-barang kebutuhan dasar, di antaranya batu bara, pasir, dan sebagainya. Semua barang tersebut masih dibutuhkan oleh kalangan industri, seperti industri farmasi, makanan dan minuman, dan industri lainnya.

Tak ketinggalan, Widodo juga mengatakan bahwa pandemi COVID-19 ini tidak membuat suruh semangat PT KCN sebagai operator Pelabuhan Marunda. Pihaknya tetap mencari cara yang tepat agar para karyawan yang bekerja tetap produktif sekaligus terbebas dari penularan virus Corona.

Baca Juga: Pemprov Jawa Timur Dukung Pengembangan Kawasan Industri Halal

Strategi PT KCN Taklukan Corona

Penerimaan logistik yang memenuhi target setiap bulannya juga tak lepas dari strategi yang diterapkan oleh PT KCN dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang dijalan secara disiplin. Widodo mengatakan bahwa pihaknya selalu bahu membahu dengan pihak regulator, dalam hal ini Kantor Syahbandar Pelabuhan Marunda Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam menjalankan protokol kesehatan.

Bukan cuma itu, PT KCN juga kerap mengakan pertemuan dan mengimbau kepada seluruh vendor dan pengguna jasa Pelabuhan Marunda untuk melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah dengan selalu memeriksa suhu tubuh setiap orang di gerbang masuk dan ketika kapal bersandar di Pelabuhan Marunda.

Aktivitas tersebut menjadi standar yang wajib dilakukan oleh petugas keamanan terhadap seluruh pihak yang masuk selama 24 jam. Bukan hanya kepada orang luar, penerapan protokol kesehatan juga dilakukan terhadap karyawan. Bahkan, PT KCN rutin memberikan suntikan vitamin kepada karyawannya.

Baca Juga: Tol Laut Berkembang, Rajut Koneksi Berikan Akses Pelaku Usaha Logistik

Exit mobile version