Pentingnya Jaga Diri saat Berkenalan via Online

Ilustrasi waspada berkenalan secara online

Seiring dengan banyaknya aplikasi online sosial yang ada, kemudahan untuk mendapatkan teman, bahkan sampai pasangan hidup secara virtual juga makin mudah. Bahkan berkenalan via daring sudah menjadi tren dan gaya hidup yang tak bisa dipisahkan di era digital.

Beranjak dari perkenalan online, mulai ada keiinginan untuk bertemua, dan setiap pertemuan pertama akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Tapi perlu diketahui juga, bila ada risiko tersembunyi saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya.

Agar bisa menjaga diri saat berkenaalan atau bertemu teman baru yang berangkat dari online via ragam aplikasi media sosial, MiChat memberikan beberapa tips praktis yang wajib dipraktikan.

BACA JUGA : Tips Bisnis Online ala Owner Alya Hijab

Gerald Mursjid, Chief Representatives Officer MiChat Indonesia mengatakan, keamanan dan kenyamanan pengguna selalu menjadi prioritas kami. Meskipun Anda tidak dapat mengontrol tindakan orang lain, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda tetap aman saat berkomunikasi dengan teman baru di platform MiChat dan jika Anda memutuskan untuk bertemu dengan mereka.

“Kami sangat senang ketika pengguna kami dapat menemukan teman baru melalui platform kami. Tapi kami ingin mengingatkan pengguna kami untuk selalu menjaga diri dan mempertimbangkan beberapa hal sebelum bertemu dengan teman baru mereka,” kata Gerald.

Beberapa tips penting yang diberikan MiChat bisa menjadi pegenganan saat berkenalan secara online dan ingin melanjutkan ke pertemuan tanpa harus dihantui rasa taku, berikut tipsnya ;

1. Lindungi informasi pribadi Anda

Jangan pernah membagikan informasi pribadi Anda seperti nomor HP, rekening bank, alamat rumah, kantor, dan tentang keluarga Anda kepada orang yang baru Anda kenal. Untuk mengingatkan pengguna kami, MiChat selalu memasang peringatan ramah ini di bagian atas setiap chat room.

Woman in cafe shopping online with laptop

2. Laporkan perilaku mencurigakan dan menyinggung

Blokir dan laporkan siapa saja yang melanggar ketentuan kami. Berikut beberapa contoh pelanggaran:

-Pelecehan dan penindasan
-Rasisme
-Kecurangan
-Pornografi
-Prostitusi
-Pengguna di bawah umur
-Akun penipuan

Anda dapat segera memblokir dan melaporkan akun-akun yang menurut Anda telah melanggar Pedoman Komunitas MiChat. Hal ini tidak saja untuk melindungi Anda, tetapi juga komunitas MiChat.

3. Cari tahu lebih banyak tentang teman baru Anda sebelum memutuskan untuk bertemu dengan mereka

Sebelum bertemu dengan teman baru Anda, pastikan Anda sudah mengetahui dan mengenal pribadi orang tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melihat akun-akun sosial medianya atau menggunakan Google untuk memastikan reputasi orang tersebut. Pastikan Anda merasa aman untuk bertemu teman baru Anda

4. Bertemu di tempat umum dan ajak teman Anda

Jika Anda akhirnya setuju untuk bertemu teman baru Anda, atur waktu dan tempat untuk bertemu di tempat umum di mana Anda tahu bahwa Anda akan aman. Usahakan juga untuk membawa sahabat Anda agar pertemuan berjalan dengan aman dan juga seru

5. Jika ragu, tinggalkan

Anda selalu memegang kendali atas diri Anda. Jangan merasa tertekan. Jika suatu saat Anda merasa tidak nyaman, akhiri pertemuan dengan teman baru Anda. Jangan takut untuk pergi.

BACA JUGA : Tips Membuat Konten Bisnis di Media Sosial

“Utamakan untuk selalu memprioritaskan keamanan Anda di atas segalanya. Kemanan Anda adalah prioritas kami. Kami berharap tips-tips ini bermanfaat bagi Anda untuk menemukan teman baru,” katanya.

Exit mobile version