Penuhi Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Lewat 6 Bahan Makanan Ini

kalsium ibu hamil

kalsium ibu hamil

Kehamilan adalah fase penting yang harus dilalui calon ibu. Agar tetap sehat fisik dan mental, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari gaya hidup sehat, kebiasaan tidur, olahraga teratur sesuai dengan petunjuk dokter kandungan dan juga pemenuhan kebutuhan gizi.

Salah satu nutrisi yang tidak boleh luput dari perhatian adalah kalsium. Kekurangan kalsium ternyata juga berbahaya untuk perkembangan janin.

Baca juga: Ubin Rumah Mudah Pecah? Begini Cara Mengatasinya

Ketika sang ibu tidak bisa mencukupi kebutuhan mineral ini maka ada kemungkinan si kecil mengalami berbagai masalah kesehatan seperti kelahiran prematur, gangguan pertumbuhan gigi dan tulang, berat badan bayi kurang, masalah perkembangan jantung hingga cacat saraf.

Dengan resiko sebesar ini akan lebih bijak jika sejak awal kehamilan calon ibu lebih memperhatikan pemenuhan kebutuhan kalsium setiap harinya.

Untuk itu, pastikan berbagai makanan sumber kalsium ibu hamil di bawah ini selalu masuk dalam menu harian yang disantap. Makanan Sumber Kalsium Bagi Ibu Hamil

1. Susu dan produk olahannya

Susu mungkin merupakan sumber kalsium ibu hamil yang paling banyak dikonsumsi. Selain mudah disajikan, sumber makanan ini juga gampang diolah menjadi produk lain.

Jika sedang mengandung, Anda sebaiknya memilih susu khusus ibu hamil yang sudah dilengkapi dengan nutrisi lainnya seperti folat, zat besi, vitamin dan mineral lainnya.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Ada SIM D bagi Difabel Loh

2. Kurma

Dalam kondisi muda, kurma biasanya digunakan untuk membantu promil (program hamil) dengan meningkatkan kesuburan. Sedangkan dalam kondisi matang buah ini memiliki rasa yang manis dan lezat, serta kaya akan kandungan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan termasuk kalsium.

Anda bisa menikmatinya langsung dan merasakan legit dan manisnya kurma, apapun jenisnya. Atau, jika tidak terbiasanya dengan rasanya yang unik cobalah mengolah kurma menjadi campuran pada puding atau cake yang disuka agar kebaikannya tetap dapat dirasakan oleh si calon bayi.

3. Bok Choy

Selain susu dan kurma, sayuran berdaun hijau seperti bok choy juga merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium untuk ibu hamil, zat besi dan juga vitamin. Sayur yang sekilas mirip dengan sawi namun lebih berdaging ini biasanya diolah dengan cara ditumis atau dijadikan pelengkap sup dan mie.

Pastikan tidak terlalu lama merebusnya karena akan layu dan kandungan nutrisi di dalamnya juga ikut menguap.

4. Brokoli

Di antara sekian banyak sayuran hijau, salah satu yang memiliki banyak manfaat adalah brokoli. Brokoli kaya akan kalsium ibu hamil yang bagus buat perkembangan janin serta memelihara kepadatan tulang calon ibu selama masa kehamilan.

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Jamur Bagi Kesehatan

Umumnya, brokoli dimasak dengan cara ditumis ataupun dikukus sebentar supaya lebih lunak dan mudah dikunyah.

5. Almond

Menarik untuk diketahui bahwa kacang-kacangan seperti almond ternyata juga mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup banyak. Almond dapat dijadikan bahan campuran kue ataupun dimakan langsung sebagai camilan menyehatkan yang kaya lemak baik, mineral dan vitamin.

6. Tahu

Bahan makanan terakhir yang dapat membantu memenuhi asupan nutrisi kalsium ibu hamil adalah tahu.

Terbuat dari kacang kedelai, tahu bukan hanya kaya akan kalsium namun juga mineral lain seperti magnesium dan zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah agar ibu hamil terhindar dari anemia.

Tahu juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk membantu tubuh melawan efek buruk lingkungan.

Exit mobile version