Peran Penting Ulasan dan Rating Positif pada Bisnis Online

Ilustrasi rating online

Ilustrasi rating online/ pic. www.psychologicalscience.org

 

Tak bisa dipungkir, sejak pandemi menyerang Indonesia sudah terjadi pergeseran besar-besaran dari cara transaksi berbelanjag. Model konvensionla pelan-pelan mulai ditinggalkan dan beralih secara online.

Tak hanya pemain kakap, bisnis-bisnis rintisan dari UMKM pun banyak yang hijrak ke jalur online dengan memanfaatkan ragam platfrom marketplace. Tujuannya, selain untuk mengikut tren juga pastinya agar bisa memasarkan produk lebih luas.

Namun harus diketahui, bernis online beda pola dengan konvensional. Buat pelaku UMKM, untuk menjaga kepercayaan konsumen dibutuhkan usaha lebih, terutama terkait produk yang ditawarkan dan layanan yang diberikan.

BACA JUGA : Mau ke Jakarta Fair, Gini Cara Beli Tiket Secara Online

Digital transformation or business online concepts with young person thinking and planning platform ideas.communication design.communication design

Karena kunci dari semuanya tentu tak lepas dari kepuasan konsumen saat bertransaksi. Karena itu, pelaku UMKM atau bisnis lainnya, wajib menjaga produk dan layanan agar konsumen yang senang bisa memberikan rating dan komentar positif.

Komen dan rating sangat penting sebagai modal dasar membangun kepercayaan konsumen. Dengan ragam ulasan yang baik, ditambah rating yang tak jelek, otomatis menandakan tingkat kepercayaan konsumen sekaligus bisa menjaring konsumen baru.

Setidaknya ada beberapa manfaat dari rating dan ulasan komentar yang positif bagi usaha UMKM yang menempuh jalur online ;

BACA JUGA : KemenkopUKM Siapkan 6 Program Prioritas untuk Bangkitkan UMKM

Ilustrasi review online/ pic. marketingland.com

1. Kepercayaan

Hal ini jadi modal paling dasar yang bisa jadi benefit bagi pelaku bisnis dan UMKM. Seperti dibahas di atas, dengan rating dan ulasan yang positf otomatis akan memberikan dampak prospektif ke depannya.

2. Evaluasi

Rating dan ulasan juga berperan penting menjadi bahan evaluasi bagi bisnis pelaku UMKM. Dengan adanya dua indikator tersebut, setidaknya bisa menjadi acuan untuk penerapang bisnis dan strategi ke depan.

 

Exit mobile version