Peringkat Negara Biaya Hidup Murah, Indonesia Nomor Berapa?

negara biaya hidup murah

Biaya hidup di setiap negara akan sangat berbeda-beda. Contohnya, Jepang dikenal sebagai negara dengan biaya hidup yang tinggi atau mahal. Begitu pula dengan Singapura. Lalu bagaimana dengan negara biaya hidup murah?

Sekadar informasi, biaya hidup yang dimaksud di sini adalah biaya yang mencakup semua yang kita butuhkan untuk bertahan hidup, mulai dari tempat tinggal, makan, pajak, dan kesehatan. Semakin tinggi biaya hidup suatu negara, maka akan semakin tinggi pula tingkat stres masyarakatnya.

Coba saja lihat Jepang. Saking tingginya biaya hidup di sana, pekerjanya pun memiliki etos kerja yang tinggi. Bekerja keras bahkan sampai lembur tak kenal waktu. Malahan pemerintah Jepang sampai menganjurkan pekerjanya untuk tidak bekerja berlebihan.

Baca Juga: Indonesia Negara Nomor 2 Paling Positif, Ini Cara untuk Selalu Positif Setiap Hari (Riset Gallup)

Lantas apakah ada negara yang punya biaya hidup murah? Oh tentu saja ada dong. Berikut ini adalah daftar negara biaya hidup murah dikutip dari wealthygorilla. Oh iya, sekadar informasi, biaya hidup yang disebutkan di bawah ini merupakan biaya rata-rata yah.

7. Kamboja

Biaya Hidup USD 812/bulan (sekitar Rp12,7 juta)

Kamboja menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki biaya hidup termurah di dunia. Negara yang memiliki sistem pemerintahan kerajaan ini hanya menghabiskan biaya di bawah USD 1.000 per bulan atau kisaran Rp12 jutaan saja. Negara dengan Ibu Kota Phnom Penh ini memiiki jumlah penduduk yang sedikit, yakni hanya 16 juta orang. Bahkan dengan merogoh kocek USD 246 per bulan (sekitar Rp3,8 jutaan) saja, kamu sudah bisa menyewa apartemen studio di salah satu kota termurah di Kamboja, yakni Sihanoukville.

6. Thailand

Biaya Hidup USD 679/bulan (sekitar Rp10,5 juta)

Di bawah Kamboja, ternyata Thailand masih lebih murah lho soal biaya hidup bulanan, yakni USD 679/bulan. Pantesan, banyak wisatawan Indonesia yang pergi berlibur ke sana. Negara yang memiliki julukan Negeri Gajah Putih ini punya 76 provinsi dengan luas lebih dari 513.120 kilometer persegi. Kamu bahkan bisa menyewa apartemen studio satu kamar tidue seharga USD 199 per bulan lho du Kota Udon Thani.

5. Malaysia

Biaya Hidup USD 588/bulan (sekitar Rp9,2 juta)

Lagi-lagi, daftar negara biaya hidup murah datang dari kawasan Asia Tenggara. Siapa lagi kalau bukan si negara tetangga, yakni Malaysia. Malaysia ini punya 13 negara bagian dan tiga wilayah federal yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Makanya nih ada dua wilayah, yakni Semananjung Malaysia dan Malaysia Timur. Populasi penduduk di negara ini mencapai 31,6 juta jiwa dengan berpusat di Kuala Lumpur sebagai ibu kota negaranya. Sebagai gambaran, menyewa apartemen satu kamar tidur di Kota Kinabalu cukup merogoh kocek USD 209 per bulan.

Baca Juga: 10 Negara yang Sudah Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

4. Meksiko

Biaya Hidup USD 587/bulan (sekitar 9,2 juta)

Negara yang berbatasan dengan Amerika Serikat di bagian selatan ini juga dikenal sebagai negara biaya hidup murah. Meksiko yang punya luas wilayah 2.000.000 kilometer persegi ini menjadi negara terbesar ketiga belas. Populasi penduduknya mencapai lebih dari 129 juta dan 83 persen populasi penduduknya menganut agama Katolik. Kalau USD 587 per bulan masih mahal, kamu harus tinggal di Kota Queretaro, dimana kamu hanya perlu merogoh kocek USD 256 per bulan untuk bisa hidup di sana.

3. Peru

Biaya Hidup USD 543/bulan (sekitar Rp8,4 juta)

Masih di sekitaran Amerika Selatan, Peru juga menjadi negara yang memiliki biaya hidup rendah. Penduduk di sana rata-rata menghabiskan uang sekitar USD 543/bulan. Lumayan murah, bukan? Peru berbatasan dengan Ekuador, Kolombia, Basil, Bolivia, Chili, dan Samudra Pasifik. Populasinya hanya 32,17 juta jiwa dengan agama kebanyakan Katolik Roma. Kalau kamu berniat ke sana, kamu bisa menyewa apartemen hanya USD 198 per bulan di pusat kota lho.

Baca Juga: 9 Tradisi Natal dari Seluruh Penjuru Dunia yang Unik dan Masih Dilakukan Hingga Kini

2. Vietnam

Biaya Hidup USD 500/bulan  (sekitar Rp7,8 juta)

Kembali lagi ke wilayah Asia Tenggara, Vietnam juga termasuk negara dengan biaya hidup murah lho. Negara ini punya jumlah penduduk sekitar 95,5 juta yang tinggal di luas negara sekitar 331.212 kilometer persegi. Salah satu kota termurah di sana bernama Trang. Di sana kamu bisa menyewa apartemen dengan bujet USD 259 atau sekitar Rp4 juta untuk ukuran satu kamar. Maka dari itu, kalau mau liburan ke luar negeri tapi murah, ke Vietnam saja.

1. Indonesia

Biaya hidup USD 340/bulan (sekitar Rp5,3 juta)

Beryukurlah kamu yang tinggal di Indonesia. Sebab, Indonesia menjadi negara dengan biaya hidup termurah nomor wahid di dunia lho! Negara dengan populasi 264 juta orang ini masuk ke dalam negara terpadat ke-4 dunia. Untuk biaya hidup memang tergantung kota-kotanya. Kalau kamu tinggal di daerah seperti Yogyakarta mungkin biaya hidupnya akan lebih murah lagi ketimbang di Jakarta.

 

Exit mobile version