Persiapan Nonton Konser agar Tetap Sehat, Hemat, dan Selamat

Persiapan Nonton Konser agar Tetap Sehat, Hemat, dan Selamat

Berbagai event kembali diadakan secara offline di tahun 2022 seiring menurunnya angka kasus COVID-19. Salah satu event yang ditunggu oleh netizen selama kurang lebih dua tahun adalah konser musik. Tentunya nonton konser di era pandemi sekarang ini ada perbedaan yang signifikan dibanding sebelumnya.

Tercatat ada belasan konser musik oleh artis internasional yang telah dan akan manggung di Indonesia hingga penghujung tahun. Mulai dari Calum Scott, Boy Pablo, LANY, Air Supply, MLTR, Westlife hingga grup band K-Pop seperti TXT dan NCT. Sedangkan dari musisi dalam negeri ada Dewa 19 yang akan mengadakan konser bertajuk “30 Tahun Berkarya” turut menyemarakkan festival musik di tanah air.

Nah, bagi kamu yang ingin nonton konser sebaiknya menyiapkan berbagai hal supaya ketika di hari H nanti kamu bisa menikmati acaranya dengan sehat, nyaman dan selamat.

Berikut ini beberapa persiapan untuk kamu yang akan nonton konser, yuk dicatat!

Baca juga: Segera Diberlakukan, Pembayaran Digital QRIS di 5 Negara ASEAN

Persiapan Nonton Konser Lakukan 10 Hal Ini agar Sehat, Hemat dan Selamat

Tentukan bujet nonton konser

Mau nonton konser maka kamu harus menyiapkan sejumlah dana yang akan digunakan mulai dari pembelian tiket, transportasi, akomodasi, konsumsi hingga membeli merchandise.

Alangkah baiknya jika kamu sudah membuat daftarnya agar bisa tahu berapa besar bujetnya. Nantinya kamu sudah bisa memperkirakan apakah uang di tabungan mencukupi atau tidak? Kalaupun tidak, dari mana harus mendapatkannya?

Beli tiket jauh hari

Persiapan nonton konser berikutnya adalah membeli tiket. Biasanya jika kamu akan menonton artis internasional atau K-Pop, maka kamu harus bersiap di hari pertama saat loket tiket dibuka. Pasalnya, sering ada ‘war ticket’ antar fans yang mengakibatkan tiket ludes terjual dalam hitungan jam bahkan menit.

Tapi, kamu harus ekstra hati-hati ya dengan calo tiket. Alih-alih ingin menonton konser, yang ada kamu menderita kerugian. Kasus terbaru adalah konser NCT di Jakarta. Karena tidak mendapatkan tiket, beberapa fans membeli melalui calo dengan nominal yang lumayan. Sayangnya ketika di hari-H, mereka tidak bisa masuk arena konser.

Kalau sudah begini, yang rugi kamu sendiri. So, pastikan membeli tiket di website yang ditunjuk panitia acara, ya.

Cek waktu dan lokasi

Apabila kamu ingin nonton konser di luar kota misalnya di Yogyakarta, maka kamu mesti pastikan waktu yang tepat untuk berangkat dan lokasi menginap. Pasalnya, jika kamu pekerja kantoran maka kamu harus mendapatkan izin dulu sebelum berangkat.

Akomodasi dan transportasi

Ini juga mesti kamu perhitungkan. Berapa jauh rumah ke tempat konser, moda transportasi apa yang akan digunakan. Nah, untuk yang ingin menghadiri konser di luar daerah sebaiknya memilih akomodasi seperti penginapan yang dekat dengan lokasi acara.

Cukup istirahat, makan teratur agar tubuh dalam kondisi prima

Nonton konser itu membutuhkan tenaga fisik yang besar. Karena sepanjang konser jika kamu membeli di area berdiri maka persiapkan tubuh terutama kaki untuk berdiri berjam-jam. Tak hanya itu saja, nonton konser tak lengkap jika tidak menyanyi bareng artis. Oleh karena itu, minimal H-7 konser kamu wajib menjaga stamina dengan istirahat yang cukup dan makan teratur.

Ketika hari nonton konser tiba, jangan lupa untuk mengisi perut dulu sebelum berangkat dan tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen agar daya tahan tubuh bisa terjaga.

Datanglah lebih awal

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk nonton konser sebaiknya datang di awal. Ini menghindari desak-desakan di pintu masuk dan kamu bisa leluasa mencari nomor kursi atau berdiri sebisa mungkin dekat dengan panggung.

Protokol kesehatan wajib dijaga

Ingat, pandemi belumlah usai. Maka, nonton konser pun kamu harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Bawa masker cadangan dan jangan lupa hand sanitizer.

Pastikan juga di ponsel kamu sudah terinstal aplikasi PeduliLindungi. Umumnya syarat untuk bisa masuk ke ruang publik harus scan aplikasi ini termasuk saat nonton konser musik.

Pilih outfit yang nyaman dan bawa barang yang diperlukan saja

Nonton konser selama berjam-jam akan membuat tubuh bersimbah peluh. Maka sebaiknya kamu memilih pakaian yang mudah menyerap keringat. Untuk alas kaki sebaiknya hindari menggunakan high heels dan sandal. Well, sneakers is the best!

Terus, jangan lupa membawa barang-barang yang penting saja seperti ransel kecil yang bisa kamu letakkan di bagian depan. Di dalamnya bisa kamu isi dengan power bank, dompet dan air minum. Dan jangan lupa perlengkapan prokes seperti di poin tujuh.

Patuhi aturan konser

Setiap konser musik pasti memiliki aturan yang wajib ditaati oleh penonton. Misalnya, tidak boleh membawa kamera DSLR-mirrorless, tidak boleh merekam, streaming, mendekat ke arah panggung. Apabila kamu melanggar, konsekuensinya kamu bisa dikeluarkan dari lokasi konser.

So, baca dengan teliti peraturan konser.

Kenali arena konser dan cari tahu jalur evakuasi

Berkaca dari festival musik Berdendang Bergoyang yang berakhir ricuh dan mengakibatkan belasan penonton pingsan, kamu harus ekstra hati-hati saat nonton konser.

Berada di antara ribuan orang, kamu harus tahu cara menyelamatkan diri untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Salah dua cara yang bisa dilakukan adalah mengenali detil arena konser dan cari tahu jalur evakuasi.

Kamu harus cari tahu di mana posisi pintu darurat, titik lokasi keluar arena konser, titik berkumpul, tempat evakuasi serta pos-pos penting seperti pos panitia dan keamanan.

Baca juga: Siap-Siap Liburan, KAI Sudah Buka Penjualan Tiket Kereta Libur Nataru

Menonton konser secara offline memang menyenangkan, namun berbagai hal seperti persiapan di atas wajib dilakukan agar bisa aman, nyaman dan selamat. Jadi, sudah siap menonton penampilan Blackpink dan Sheila on 7 tahun depan? Selamat menonton!

Exit mobile version