Daftar Pijaman Online Ilegal Rilisan OJK 2021

Saat ini ada banyak sekali perusahaan financial technology atau dikenal dengan istilah fintech yang menawarkan pinjol atau pinjaman online. Munculnya pinjaman online ini tak lain untuk memfasilitasi masyarakat yang kesulitan mengakses perbankan. Namun, kamu pun perlu hati-hati, karena tidak semua aplikasi itu resmi, ada juga pinjaman online ilegal.

Hadirnya pinjaman online memudahkan mereka untuk mendapatkan pencairan dana pinjaman lebih cepat ketimbang mengajukan ke bank. Bahkan, ada beberapa perusahaan fintech yang mampu mencairkan dana hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Meski demikian, kamu juga harus cermat dalam mencari aplikasi pinjaman online. Otoritas Jasa Keungan atau OJK mencatat ada ratusan aplikasi pinjol yang tidak resmi. Ada banyak kerugian yang bisa kamu dapat kalau menggunakan pinjaman online yang ilegal, seperti bunga yang tinggi, penalti atau denda yang tinggi, hingga keamanan data penggunanya.

Baca Juga: Tips Pengajuan Kartu Kredit untuk Kebutuhan Usaha

Untuk mengetahui, berikut ini kami berikan informasi daftar pinjaman online ilegal yang dirilis oleh OJK:

No Nama Developer
1 hbi A Dream Loans for You
2 Konstantin Revoltov AdaRupiaht
3 Kwetumedia company ltd African Loans 2019
4 Mobile Loans Inc. All types of loans. Available online.
5 LIU XIAOTIAN Asisten kredit
6 Water Glass Bantu Langsung
7 Aifin2018 Banyak Peluang – Daftar Pinjaman Online
8 Bnuuji Ostudio Bird Loan
9 Shoutem, Inc. Borrow money & Cash advance
10 Bot Uang Bot Uang
11 Nicolas Pendant Cashcash
12 petrosinouni Cashuugo
13 liuxin1231liu @gmail.com Ccash uang- pinjaman tanpa jaminan pinjaman ponsel
14 PT Makmur Pratama Cepat Mudah – pinjol yang mudah
15 PT. Surya Bermuda Cepat oke – Pinjol yang cairnya paling cepat
16 OTRET.COM Dana Berkah – Pengajuan Kredit Online
17 LuckyNine Apps Dana Indo – Daftar Pinjaman Online Aman Indonesia
18 Pandora Apps Dana Pinjam Extra
19 Empat Sekawan DANA USAHA KECIL MENENGAH

Tips Mengajukan Pinjaman Online

tips pinjaman online pinjol

Selain membaca informasi mengenai daftar pinjaman online yang ilegal tersebut, kamu pun juga harus berhati-hati dalam meminjam. Meski kamu meminjam melalui aplikasi yang resmi, tidak ada salahnya membaca tips pinjaman online berikut:

1. Pinjam Sesuai Kebutuhan

Ketika ingin meminjam uang, pastikan Anda meminjam sesuai kebutuhan. Jangan lantas Anda meminjam uang hanya untuk kebutuhan konsumtif. Pergunakan fasilitas yang ditawarkan fintech hanya ketika Anda berada dalam kondisi mendesak. Sekadar tips, sebaiknya pinjam dengan jumlah maksimal 30% dari total penghasilan yang Anda miliki per bulannya.

2. Ketahui syarat dan ketentuan

Sebelum kamu mengajukan pinjaman ada baiknya mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti misalnya tanggal jatuh tempo. Sebisa mungkin bayar pada saat tagihan sudah keluar dan jangan melewati tanggal jatuh tempo. Anda juga perlu mengetahui soal bunga dan denda keterlambatan. Cari perusahaan fintech yang menawarkan bunga terendah.

3. Jangan gali lubang tutup lubang

Cara seperti ini jangan sampai Anda lakukan. Pastikan Anda melunasi dulu pinjaman yang Anda ajukan sebelum mengajukan pinjaman lainnya. Jangan sampai Anda gunakan uang yang Anda pinjam untuk melunasi utang sebelumnya dengan kata lain gali lubang tutup lubang.

Baca Juga: 5 Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Pinjaman Bank

4. Pergunakan pinjaman secara tepat

Tidak sedikit dari peminjam yang melakukan pinjaman untuk sekadar berhura-hura. Hal seperti itu jangan Anda tiru. Pergunakan uang yang Anda pinjam untuk hal yang tepat dan untuk kebutuhan mendesak, seperti misalnya membayar biaya rumah sakit, mengganti smartphone, hingga kebutuhan membayar biaya pendidikan.

5. Pastikan pinjam di perusahaan yang terdaftar OJK

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan pinjaman lewat internet. Namun, yang harus Anda pahami adalah pastikan meminjam di aplikasi atau perusahaan fintech yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hal ini dilakukan tak lain untuk menjamin keamanan Anda sebagai pihak peminjam.

Baca Juga: Trik UMKM Bikin Pinjaman Modal Cepat Cair

Exit mobile version