Panduan Lengkap Berkunjung ke Pulau Derawan: Tip dan Trik untuk Wisatawan

Pulau Derawan terkenal dengan keindahan baharinya sehingga beberapa orang menganjurkan agar mengunjungi Derawan paling tidak sekali seumur hidup. Bagi yang belum pernah ke sana, mungkin sudah pernah melihat fotonya di media sosial. Dalam foto-foto tersebut, pulau ini tampak sebagai sebuah pulau hijau dengan garis tepi berupa pasir putih yang dikelilingi air laut nan biru.

Dalam foto tersebut juga terlihat penginapan-penginapan yang berada di anjungan-anjungan yang menjorok jauh ke perairan. Di luar foto-foto tersebut, tentu banyak yang bisa dilakukan di laut dan pantai yang seindah itu. Jika berencana untuk berwisata ke Pulau Derawan, sebaiknya mengumpulkan informasi dulu mulai sekarang.

Tentang Pulau Derawan

 

Pulau Derawan adalah salah satu dari gugusan di semenanjung utara Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Kepulauan ini terkenal dengan objek wisata bahari, yaitu Taman Bawah Laut, yang merupakan salah satu taman laut terbaik di Indonesia.

Ekosistem pesisir Kepulaun Derawan terdapat terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau atau mangrove. Sedangkan spesies hewan laut yang dilindungi terdiri dari penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung atau dugong, ikan barakuda, dan sebagainya.

Pulau Derawan merupakan sebuah desa dengan konsep desa wisata. Pada tahun 2005, Pulau ini didaftarkan untuk memperoleh predikat situs warisan dunia UNESCO. Kepulauan Derawan memiliki 870 jenis ikan dan 460 jenis karang.

Baca juga: Legenda dan Berbagai Tradisi di Sungai Kapuas, Sungai Terpanjang di Indonesia

Transportasi Menuju Pulau Derawan

Dikutip dari situs Pemprov Kaltim, berikut adalah cara menuju Derawan ada 3 rute, yaitu:

  1. Terbang ke Tarakan, disambung dengan naik angkutan umum menuju Pelabuhan Tengkayu Tarakan, lalu menggunakan speedboat menuju ke Pulau Derawan.
  2. Terbang ke Berau, disambung perjalanan darat menggunakan mobil ke Pelabuhan Tanjung Batu selama 2,5 – 3jam, lalu menggunakan speedboat selama 30 – 45 menit menuju ke Pulau Derawan. Biaya sewa mobil Rp700.000, sedangkan biaya speedboat Rp100.000 per orang.
  3. Menggunakan jalur darat, yaitu dari Samarinda menuju Tanjung Redeb, diteruskan ke Tanjung Batu, lalu disambung dengan speedboat ke Derawan.

Akomodasi di Pulau Derawan

Mengunjungi Derawan tak lengkap jika tidak menginap di water villa. Berikut ini adalah beberapa penginapan yang bisa dijadikan pilihan.

1. Derawan Fisherises Cottages

Penginapan ini menyediakan speedboat, penyewaan sepeda, makanan dan minuman. Tamu dapat menyaksikan sunset yang indah dari penginapan ini. Harga kamar sekitar Rp587.000.

2. Derawan Dive Resort

Derawan Dive Resort menyediakan semua yang dibutuhkan tamu untuk beraktivitas, termasuk perlengkapan snorkeling. Penginapan ini menyediakan beberapa tipe kamar dengan harga di atas Rp500.000.

3. Sari Resort

Harga peninapan ini lebih murah tapi fasilitasnya juga lebih sederhana. Namun, pemandangan laut dan sunset-nya tak kalah dengan penginapan lain.

Selain penginapan di atas masih ada penginapan-penginapan yang lain. Sebelum memesan penginapan, ada baiknya untuk menghubungi pengelola dahulu untuk memastikan bahwa semua fasilitas yang dibutuhkan tersedia.

Beberapa permintaan khusus tamu harus dipersiapkan pengelola lebih dahulu mengingat lokasinya yang jauh dari kota. Tamu juga bisa menginap di pulau sebelah, yaitu Pulau Maratua, yang memiliki penginapan resort lebih besar.

Aktivitas Menarik di Pulau Derawan

Berikut adalah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Derawan:

  1. Berenang sambil memberi makan ikan, di antaranya ikan pari raksasa. Berenang dengan ikan manta ray di Manta Point merupakan kegiatan yang paling ditunggu wisata asing.
  2. Menyewa sepeda untuk berkeliling pulau. Umumnya penginapan-penginapan juga menyewakan sepeda.
  3. Bermain di pasir putih pantai.
  4. Menikmati sunset.
  5. Berfoto di dermaga panjang yang menjorok ke laut.
  6. Snorkeling dan diving. Umumnya penginapan-penginapan di sini sudah menyiapkan peralatan lengkap untuk tamu. Tamu bisa menyewanya. Derawan memiliki banyak spot snorkeling dan diving yang terkenal keindahannya, seperti Baracuda Point, Shark Point, Kakaban Wall, Tuturuga Point, dan sebagainya. Beberapa tempat menyelam hanya boleh diakses oleh penyelam berlisensi.
  7. Menyaksikan penyu bertelur di malam hari. Penyu-penyu tersebut berada di area konservasi sehingga pengunjung harus mengikuti arahan penjaga agar para penyu tidak terganggu.
  8. Island hoping ke pulau lain sekitar Derawan, yaitu Pulau Sangalaki, Kakaban, dan Maratua. Biaya speedboat sekitar Rp2.500.000 per hari untuk 3 – 4 orang. Untuk speedboat yang lebih besar harus membayar lebih tapi bisa mendapatkan kapasitas penumpang lebih banyak.
  9. Berkunjung ke Gusung Pasir Sanggalau dan Gua Halo Tabung.
  10. Berinteraksi dengan suku Bajau yang hidup di atas laut.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata yang Dekat dengan Ibu Kota Nusantara

Demikianlah panduan praktis untuk berwisata ke Pulau Derawan. Agar mendapatkan pengalaman terbaik di tengah waktu liburan yang terbatas, persiapkan jauh-jauh hari dan ajak teman-teman. Wisata alam bahari seperti ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai.

Exit mobile version