Ragam Buah yang Aman untuk Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, pantang bagi mereka untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Bahkan, pantangan tersebut juga berlaku untuk buah-buahan. Namun, tidak semua buah bisa menaikkan gula darah. Ada juga buah yang aman untuk kadar gula darah.

Menjaga gula darah agar tetap stabil menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi penderita diabetes. Karenanya, sebisa mungkin para penderita diabetes harus pintar dalam memilih makanan dan minuman, termasuk konsumsi buah itu sendiri.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Sehat yang Bisa Bikin Wajah Glowing

Ada beberapa buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes, seperti mangga, semangka, pisang, dan lainnya. Namun, ada beberapa buah yang aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin menjaga kadar gula darah agar tidak naik. Buah apa saja? Simak informasinya di bawah!

5 Buah yang Baik untuk Menjaga Kestabilan Gula Darah

1. Apel

Apel menjadi salah satu buah yang paling digemari oleh orang. Selain renyah dan rasanya yang enak, apel memiliki kandungan senyawa quercetin dan asam klorogenat yang bisa membantu mengurangi kadar gula darah. Sementara itu di dalam apel berukuran sedang terdapat kandungan lebih dari 4 gram serat alami dan di bawah 20 gram gula alami. Saran dari ahli gizi adalah coba untuk mengkombinasikan apel dengan sumber protein dan lemak sehat supaya gula darah lebih terkontrol.

2. Pir

Buah yang mirip dengan apel ini juga baik untuk menjaga kadar gula darah. Banyak yang menyarankan agar makan buah pir dengan kulitnya. Sebab di dalam kulit pir mengandung serat yang berfungsi mengontrol kadar gula darah. Di dalam pir berukuran sedang mengandung 6 gram serat yang setara dengan 21% kebutuhan serat harian.

3. Blueberry

Buah ini mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, beberapa sudah mulai banyak yang mengonsumsinya. Blueberry biasanya sering dijadikan topping di yoghurt atau kue. Ada juga bisa mengonsumsinya sebagai camilan. Konsumsi blueberry bisa meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah.

4. Tomat

Banyak yang bingung tomat masuk dalam kategori buah atau sayur. Namun, terlepas dari semua itu tomat adalah buah yang rendah gula. Di dalamnya terdapat kandungan likopen dan karotenoid yang dapat menurunkan glukosa tubuh dan meningkatkan kadar insulin. Selain dimakan mentah, kamu bisa mengolah tomat menjadi jus.

5. Kelapa

Siapa di sini yang tidak doyan dengan buah kelapa? Selain memiliki kandungan air yang segar, buah kelapa juga memiliki kandungan yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Di dalam sebuah kelapa hanya terdapat 5 gram per 1 cup penyajian. Selain rendah gula, kelapa juga mengandung lemak sehat dan serat. Karenanya, sebaiknya dalam mengonsumsi kelapa jangan ditambahkan gula.

6. Alpukat

Buah terakhir untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil adalah alpukat. Buah alpukat terdapat kandungan rendah gula dan lemak sehat. Nggak ketinggalan, ada juga kandungan serat yang bagus untuk mempertahankan kadar gula darag. Alpukat juga merupakan sumber alami untuk magnesium, mineral yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, buah ini tinggi kalori sehingga apabila tidak terkontrol konsumsinya bisa meningkatkan berat badan.

Exit mobile version