Ragam Ide Bisnis Edutech Hanya Bermodalkan Internet

ide bisnis edutech di bidang pendidikan modal internet

Tren education technology atau edutech hingga kini masih terus stabil, terlebih sejak pandemi Covid-19. Masyarakat pun mulai terbiasa dengan pendidikan atau pembelajaran digital. Hal ini tentu menjadi peluang bagus buat kamu yang ingin mencoba ide bisnis edutech.

Pendidikan merupakan hal yang mutlak dan banyak dicari oleh orang. Sampai kapan pun manusia akan terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan. Oleh karenanya, tidak heran sekarang ini ada banyak sekali bisnis di bidang pendidikan yang beredar di Indonesia.

Nah, kamu pun sejatinya juga bisa nih membangun bisnis di bidang pendidikan. Membangun bisnis edutech sejatinya tidak harus dengan merogoh kocek yang dalam. Berikut ini ada beberapa ide bisnis edutech yang bisa kamu jalankan hanya dengan bermodalkan internet. Apa saja? Simak informasinya di bawah!

Baca Juga: Ide Bisnis Modal Kecil Minim Risiko, Nggak Perlu Takut

Modal Internet Bisa Bikin Bisnis Edutech

1. Bimbingan Belajar Online

Peluang bisnis yang pertama di bidang pendidikan yang bisa kamu coba hanya dengan bermodalkan internet adalah dengan membuka layanan bimbingan belajar atau bimbel secara online. Sejak pandemi Covid-19 mewabah, sekarang ini bimbel tidak harus dilakukan secara bertatap muka. Masyarakat sudah terbiasa dengan metode pembelajaran secara online. Kamu bisa memanfaatkan platform meeting online, seperti Zoom atau Google Meet. Dengan demikian, kamu nggak perlu repot menyewa ruko untuk membuat bimbel.

2. Content Creator Edukatif

Selain mendirikan bimbel online, kamu juga bisa menjadi content creator di bidang edukatif. Konten seperti ini sejatinya sudah mulai banyak kamu temukan di dunia maya. Caranya adalah dengan membuat channel YouTube, Instagram, atau TikTok. Isinya bisa memberikan edukasi terkait pembelajaran baik itu formal maupun informal. Nantinya jika channel kamu mulai banyak dilirik oleh orang, iklan pun akan banyak berdatangan.

3. Bikin Website Edukatif

Ide bisnis edutech yang minim modal berikutnya adalah dengan membuka sebuah website atau situs yang bersifat edukatif. Situs tersebut bisa berisikan hal-hal yang dapat bermanfaat bagi pengetahuan di dunia pendidikan. Serupa dengan ide bisnis di atas, hanya saja ide bisnis edutech yang satu ini memberikan konten tidak hanya dalam bentuk video, tapi juga artikel, infografis, atau gambar. Kamu tinggal beli domain yang bisa dibayar dengan merogoh kocek ratusan ribu per bulan.

4. Jasa Pembuatan Software atau Website Pendidikan

Punya kemampuan di bidang IT kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk menawarkan jasa pembuatan software atau situs pendidikan? Nah, di era digital seperti sekarang ini toh banyak sekali orang yang membutuhkan hal tersebut. Kamu bisa menawarkan ke sekolah-sekolah atau tempat bimbel offline. Selain jasa pembuatan situs, kamu juga bisa menawarkan jasa pembuatan akun media sosial lainnya. Jangan ketinggalan untuk sekalian menawarkan jasa optimasi iklan di media sosial.

Baca Juga: Ide Bisnis dari Hobi Pelihara Kucing, Murah Meriah Lho

Exit mobile version