Rail Transit Suite Gambir: Hotel di dalam Stasiun Cocok untuk Transit

Bagi traveller, keberadaan hotel transit di stasiun atau bandara menjadi akomodasi yang tepat untuk menghabiskan waktu bersinggah. Salah satu yang wajib dicoba oleh para pengguna kereta adalah Rail Transit Suite Gambir (RTSG).

Sebelum itu, perlu kamu ketahui apa yang dimaksud dengan hotel transit. Nah, hotel transit adalah jenis akomodasi yang terletak di dekat atau bahkan di dalam stasiun kereta api atau stasiun transportasi umum lainnya.

Hotel semacam ini biasanya dirancang untuk memberikan kenyamanan kepada pelancong yang mungkin perlu menginap untuk sementara waktu antara perjalanan kereta atau transportasi lainnya. Biasanya, hotel transit menyediakan fasilitas sederhana seperti tempat tidur, kamar mandi, dan layanan cepat untuk memenuhi kebutuhan pelancong yang tinggal secara singkat.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua stasiun kereta api memiliki hotel transit, dan ketersediaan dan kualitas fasilitas dapat bervariasi. Rail Transit Suite Gambir adalah salah satu hotel transit di stasiun dengan fasilitas eksklusif.

Rail Transit Suite Gambir

Rail Transit Suite Gambir: Hotel di dalam Stasiun Cocok untuk Transit
Sumber: kaiwisata.id

Berdasarkan situs resmi KAI Wisata, Rail Transit Suite Gambir adalah hotel transit pertama dan satu-satunya yang ada di dalam lingkungan stasiun Kereta Api. Keberadaan hotel transit ini dihadirkan untuk mempermudah travelers maupun backpacker untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan kereta.

Dengan begitu, para pelancong yang menginap di hotel transit Stasiun Gambir ini pun tidak perlu repot mencari fasilitas penginapan ataupun tempat transit di luar stasiun kereta. Waktu untuk beristirahat untuk para pelancong pun dapat lebih optimal.

Pada tahun 2015, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) secara resmi membuka Hotel Transit ini, yang dirancang khusus untuk menampung penumpang yang baru datang atau yang memiliki waktu istirahat yang cukup panjang sebelum perjalanan mereka. Umumnya penumpang membutuhkan transit demi mengurangi risiko keterlambatan atau ketinggalan kereta api.

Sangat mudah untuk menemukan hotel transit ini di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Posisinya berada di dalam stasiun kereta api terbesar di Jakarta yang banyak dikunjungi wisatawan dan ada berbagai tipe atau jenis akomodasi yang dapat dipilih.

Beriku adalah beberapa hal terkait Rail Transit Suite Gambir yang perlu diketahui, agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: 5 Coffee Shop Terdekat Gambir buat yang Ingin Rehat

Lokasi

Lokasi penginapan ini adalah di Jalan Medan Merdeka Timur No. 17, Gambir, Jakarta Pusat. Rail Transit Suite Gambir terletak sangat dekat dengan Stasiun Gambir, hanya berjarak 70 meter, dan juga dekat dengan Gereja Immanuel, yang berjarak 160 meter dari penginapan.

Jika kamu berencana mengunjungi Monumen Nasional Indonesia (Monas), kamu hanya perlu berjalan sejauh 340 meter dari tempat ini.

Tipe Kamar

Sumber: kaiwisata.id

Posisi tepatnya yakni berada di sisi selatan lantai 1 Stasiun Gambir, Rail Transit Suite Gambir terletak dekat dengan loket tiket dan pintu masuk stasiun.

Hotel ini menawarkan setidaknya 23 kamar, yang dibagi menjadi 14 kamar dengan tempat tidur tunggal, 4 kamar dengan tempat tidur twin, dan 5 kamar dengan tempat tidur ganda. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas seperti TV layar datar, koneksi Wi-Fi, AC, pemanas air, dan juga loker penyimpanan.

Fasilitas

Tak perlu khawatir, Rail Transit Suite Gambir (RTSG) ini memiliki fasilitas lengkap seperti TV Cable, kamar mandi di setiap kamar, wifi, AC, amenities, air mineral, hingga water heater.

Selain itu, Rail Transit Suite Gambir menawarkan berbagai tipe kamar, termasuk POD Room dengan pilihan waktu transit 6 jam dan 24 jam (full day), serta kamar tipe Single, Twin, Double, dan Executive.

Setiap tipe kamar memiliki opsi waktu transit 4 jam, 8 jam, 12 jam, dan 24 jam (full day). Variasi kamar dan waktu transit yang tersedia memberikan kebebasan bagi para backpacker untuk memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tarif

Single Room

Kamar untuk single ini dapat digunakan oleh 1 orang dengan harga sewa bervariasi. Untuk sewa 4 jam, kamu bisa mengeluarkan tarif sebesar Rp290.000. Jika ingin menyewa 8 jam, maka tarif yang dikenakan sebesar Rp375.000. Lalu, untuk sewa 12 jam, tipe kamar ini dikenakan tarif Rp475.000, sedangkan untuk menginap full seharian Rp540.000 ditambah sarapan gratis.

Double Room

Kamar ini cocok untuk kamu yang melakukan perjalanan bersama rekan atau keluarga kecil. Adapun, harga sewa Rail Transit Suite Gambir untuk tipe kamar ini beragam, sewa 4 jam Rp360.000, sewa 8 jam Rp440.000, sewa 12 jam Rp545.000, dan menginap full seharian Rp620.000 gratis sarapan.

Twin Room

Kamar twin dapat disewa dengan harga Rp375.000 untuk 4 jam, Rp460.000 untuk sewa 8 jam, Rp555.0000 untuk sewa 12 jam, dan Rp640.000 untuk menginap seharian dan gratis sarapan.

Executive Room

Tipe kamar terakhir dapat kamu sewa dengan harga Rp375.000 untuk 4 jam, Rp470.000 untuk sewa 8 jam, Rp565.000 untuk sewa 12 jam, dan Rp640.000 untuk menginap seharian gratis sarapan.

Baca juga: 10 Penginapan Murah di Jakarta: Pilihan Terbaik untuk Budget Traveler

So, apakah kamu tertarik untuk mencoba pengalaman beristirahat atau menginap sebentar di hotel transit stasiun? Rail Transit Suite Gambir tentunya menjadi salah satu akomodasi yang bisa kamu coba saat bepergian ke Jakarta. Kamu bisa melakukan cek dulu sebelum menginap, terutama karena tarif-tarif di atas bisa berubah, sesuai kebijakan hotel sewaktu-waktu.

Exit mobile version