Ramuan Anti Stres Alami Bantu Rileks untuk Sehari-hari

Kesehatan mental menjadi topik yang sering dibicarakan belakangan ini. Tumpukan beban pekerjaan di kantor, rutinitas di rumah, tuntutan sosial, traumatis menjadi faktor penyebab stres di kalangan generasi milenial dan gen Z. Konsultasi ke psikolog adalah jalan terbaik untuk mengatasi stres, namun tidak jarang banyak yang mengonsumsi ramuan anti stres agar bisa rileks.

Stres merupakan sebuah bentuk tekanan fisik dan psikologis yang beraksi saat kita berhadapan dengan kondisi yang dianggap bahaya. Singkatnya, stres adalah cara tubuh menanggapi berbagai jenis tekanan, tuntutan dan ancaman dalam bentuk apa pun.

Kondisi stres ini kerap terjadi di setiap orang. Penanganannya pun berbeda-beda tergantung masalah yang dihadapi. Namun yang perlu diwaspadai adalah ketika tekanan psikologis berlangsung dalam rentang waktu yang lama dan terus-menerus, ini akan menyebabkan penyakit mental dan menyerang kesehatan fisik.

Baca juga: Hari Bebas Stres, Beri Reward Diri Sendiri dengan Produk-produk Korea

Salah satu cara terbaik dalam menangani stres dengan membuat ramuan anti stres di rumah. Ini bisa dikatakan sebagai tindakan pertolongan pertama saat kita mengalami stres. Ada berbagai bahan alami yang ternyata bisa memberikan efek menenangkan dan mudah ditemukan di pasar maupun supermarket.

7 Ramuan Anti Stres Alami

1. Air Kelapa

Ramuan anti stres pertama adalah air kelapa. Minuman yang satu ini mudah ditemukan di mana saja, biasanya penjual menjajakannya di pinggir jalan. Ternyata air kelapa kaya akan vitamin C, elektrolit, kalsium, magnesium, serat, pangan, mangan dan riboflavin.

Dengan mengonsumsinya bisa membantu mengurangi stres, cemas, otot lebih rileks, menambah energi, bisa meningkatkan sirkulasi dan memperbaiki kualitas tidur. Kandungan kalium yang ada di air kelapa memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah juga fungsi jantung.

Di rumah, selain meminumnya secara langsung, kamu bisa mengombinasikan air kelapa dengan ‘daging’ kelapa, ditambah perasan jeruk dan gula merah. Plus ditambah sedikit es batu membuat ramuan anti stres ini terasa nikmat.

2. Jahe

Di dalam jahe mengandung empat belas senyawa bioaktif dan mempunyai sifat antioksidan. Dari sebuah studi yang dilakukan dengan objek hewan, senyawa yang terdapat di dalam jahe bisa mempertajam fungsi kognitif serta melindungi otak akan kerusakan terkait stres oksidatif.

Bagaimana dengan tubuh manusia? Minuman jahe bisa membuat badan terasa hangat, tenggorokan terasa lega. Bahkan kandungan gingerol memberikan efek tenang sehingga tubuh tidak terasa kaku karena stres. Kamu bisa mengonsumsi air jahe  di sore atau malam hari sebelum tidur agar keesokan harinya badan terasa bugar.

Ramuan anti stres dengan jahe bisa kamu kombinasikan dengan air hangat ditambah madu. Atau bisa juga menambahkan serai di dalam ramuan tersebut.

3. Segelas susu hangat

Ternyata segelas susu rendah lemak hangat memiliki kandungan asam amini triptofan yang berperan penting dalam proses produksi serotonin. Seperti yang diketahui, serotonin memiliki efek yang menenangkan dan membantu memperbaiki suasana hati.

Apabila kamu tidak mau minum segelas susu hangat secara langsung, kamu bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit atau kayu manis ke dalamnya.

Baca juga: Manjakan Diri, Rencanakan Akhir Pekan untuk Recharge Energi

4. Teh hijau

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teh hijau kaya akan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Selain bisa mencegah penyakit jantung, stroke, menghambat perkembangan sel kanker, teh hijau juga bisa menurunkan kadar stres.

Teh hijau berasal dari daun tumbuhan camellia sinensis. Oleh bangsa Asia Timur seperti Jepang dan Tiongkok, minuman ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional sejak berabad-abad lalu.

Diketahui bahwa teh hijau memiliki kandungan yang kaya akan theanin. Ini merupakan salah satu jenis asam amino yang bagus dalam meningkatkan relaksasi pada tubuh. Efeknya, tubuh akan terasa bugar dan terhindar dari stres.

Kamu bisa mengonsumsinya sekali atau dua kali sehari. Caranya pun cukup mudah seperti halnya teh pada umumnya. Cukup diseduh dengan air panas, lalu ditambah madu ataupun gula tebu yang baik untuk kesehatan.

5. Kunyit

Ternyata kunyit bisa menjadi ramuan anti stres. Bumbu masakan ini termasuk juga ke dalam golongan obat herbal yang mudah ditemui di mana saja.

Senyawa kurkumin yang ada di dalam kunyit dikaitkan dengan pengobatan untuk depresi, stres, kecemasan serta masalah kesehatan mental lainnya. Fungsi kurkumin bisa meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di dalam tubuh.

Umumnya kunyit sering diseduh bersama tanaman herbal lainnya, seperti jahe, cengkih, serai, maupun jeruk. Nah, kamu bisa meracik sendiri minuman anti stres dengan cara kunyit diparut, lalu dicampur ke air panas dan ditambahkan seperti madu, jahe, sere. Konsumsinya bisa sekali sehari.

6. Air putih

Dalam segelas air putih memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah mencegah terjadinya dehidrasi.

Apa efek dehidrasi? Jadi, jika tubuh mengalami dehidrasi maka akan berpotensi membuat darah menjadi mengental dan bisa menghambat alirannya ke seluruh tubuh. Nah, ketika aliran darahnya terhambat, secara langsung akan memengaruhi kinerja dari hormon endorfin. Di sinilah akan tercipta kondisi otak yang tidak fokus dan bisa menyebabkan stres.

Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi air putih delapan gelas sehari, agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan stres.

7. Aneka jus

Siapa sih yang tidak suka jus? Minuman yang satu ini menjadi favorit karena kaya akan manfaat di dalamnya. Ternyata jus yang sering kamu minum juga bisa menjadi ramuan anti stres loh. Misalnya, jus blueberry yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C diyakini ampuh dalam meningkatkan kadar imun di dalam tubuh dan bisa melawan stres.

Kamu bisa menyesuaikan dengan buah yang ada di rumah misalnya jeruk, blueberry atau advokat. Nah, yang perlu kamu ingat kurangi penggunaan gula dan kental manis ya saat membuat jus. Akan lebih baik apabila tidak ada kandungan gula di dalamnya karena di beberapa buah sudah memiliki gula alami.

Baca juga: Lebih Bahaya dari Soda, Hindari 5 Minuman Manis Ini

Sekali lagi ada banyak cara untuk mengatasi stres yang dialami. Kamu bisa memanfaatkan ramuan anti stres di atas dalam meminimalisir terjadinya stres yang berkepanjangan. Semoga sehat selalu, ya!

Exit mobile version