Ratu Kriuk Sukses Kirim Hingga 3 Kuintal per Hari

Menjalankan usaha terutama UMKM memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada sejumlah proses yang musti dilalui dan ditekuni untuk dapat mencapai kesuksesan. Ratu Kriuk, adalah satu dari sekian banyak contoh usaha yang melewati proses dengan manis hingga bisa sampai pada posisi saat ini.

Rini Sri Wahyuni, pemilik dari usaha Ratu Kriuk dalam sebuah kesempatan bincang-bincang dengan tim JNE menceritakan bagaimana usahanya bisa berjalan hingga sampai saat ini. Sekadar informas, Ratu Kriuk merupakan usaha UMKM yang fokus pada bidang kuliner, yakni menjual camilan dalam bentuk makaroni kering dengan berbagai varian rasa.

Baca Juga: Dari Coba-coba, Tas Bernuansa Etnik Ini Tuai Perhatian

Usahanya ini sudah Ia jalani sejak 14 Februari 2017 lalu dengan bantuan dari sang suami tercinta. Awal mula bagaimana Ia bisa mendirikan usaha Ratu Kriuk ini bahkan diakuinya tidak terpikirkan sama sekali. Malahan semuanya ini dikatakan hanya berjalan begitu saja.

“Jadi emang kebetulan suami udah ingin keluar dari tempat kerjanya, pengen usaha. Dan alhamdulillah Allah kasih jalan,” ujar Rini dalam video Cerita Joni di channel YouTube JNE.

Rini Sri Wahyuni pemilik usaha Ratu Kriuk Makaroni
Rini Sri Wahyuni pemilik usaha Ratu Kriuk Makaroni

Rini pun kemudian mengenang bagaimana awalnya Ratu Kriuk hanya mengirimkan paling banyak sekitar 4 kg sehari. Itu pun tidak setiap hari bisa mencapai 4 kg.

“Seminggu itu paling cuma 10 kg gitu yah,” ujarnya. Namun, berkat ketekunan dalam menjalankan usaha, Ratu Kriuk saat ini sudah bisa mengirimkan sekitar 1 sampai 3 kuintal per harinya.

Dalam menjalankan bisnisnya, Rini memilih untuk menggunakan jalur online dengan bantuan para reseller. Saat ini Ratu Kriuk dikatakan Rini sudah memiliki kurang lebih 50 reseller di Tanah Air. Begitupula dengan jumlah karyawan yang seiring berjalannya waktu meningkat, yakni sampai 16 karyawan saat ini.

Baca Juga: Nikmatnya Sambal Pedas Hj. Lina Bikin Pasar Dunia Nagih

Bicara mengenai proses pengiriman, Rini mengatakan bahwa dari awal Ia mendirikan usaha yang terpikirkan olehnya hanya JNE. Bahkan dirinya pun kaget mengetahui JNE memiliki fitur jemput paket.

“Waktu itu saya pikir masa sih cuma sepaket dua paket mau ngejemput yah. Tapi, ternya alhamdulillah si aa JNE itu dan sampe sekarang itu loyal banget ke kami. Jadi dari dulu cuma sepaket dua paket datang gitu ya alhamdulillah. Dari satu dua sampai ratusan lah mungkin ya sekarang, masih loyal JNE ke kita,” tuturnya.

Tak ketinggalan Rini pun berbagi tips kepada pelaku UMKM yang menjalankan bisnis online. Menurutnya pelaku UMKM tidak perlu takut untuk memulai usaha online, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Karena diakui online sangat membantu.

“Jangan sampai takut untuk mulai (usaha online). Sebenarnya yang bikin kita enggak berjalan itu, mulai usaha itu kadang banyak mikirnya. Kalau kita sudah dijalani terus apa yang kita jalani itu suka Insya Allah itu berjalan lancar,” tutupnya.

Baca Juga: Ketika Enceng Gondok Membawa Berkah Bagi Rumah Anyaman

Exit mobile version