Rayakan Hari Kartini, Tokopedia Kuatkan Komitmen Kesetaraan

Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia merayakan Hari Kartini sebagai hari kesetaraan perempuan. Sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia terus mengedepankan inklusivitas demi memberi kesempatan setara kepada masyarakat.

Tak hanya sekedar kampanye, komitmen kesetaraan tersebut dibuktikan Tokopedia dengan infrastruktur dan fasilitas pendukung yang ramah difabel.

Baca juga: Kuliner Paling Diburu Versi Tokopedia, dari Kopi Literan sampai Pisang Goreng

Mulai dari jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, pegangan tangan hingga kamar kecil dan ruang salat dirancang untuk difabel.

VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat mengatakan kantor Tokopedia pun memiliki fasilitas penunjang bagi ibu berkarier, seperti ruang menyusui hingga ruang bermain untuk anak.

Ada pula benefit cuti hamil atau maternity leave bagi perempuan dan paternity leave bagi laki-laki agar Nakama – baik yang merupakan seorang ibu atau ayah – sama-sama bisa menikmati perannya sebagai orang tua.

“Tokopedia juga kini fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” ujar Puput.

Baca juga: Serap Resep Dongkrak Bisnis UMKM di Tengah Pandemi ala Gojek

Menurut data internal, jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020. Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021.

Exit mobile version