Rayakan Idul Adha, Waspada Penyebab Kolesterol Tinggi

jelang idul adha waspada penyebab kolesterol tinggi

Pekan ini masyarakat muslim di Indonesia dan seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha yang salah satunya ditandai dengan penyembelihan hewan kurban, seperti sapi dan kambing. Biasanya, Idul Adha menjadi salah satu momentum bagi masyarakat untuk menyantap beragam olahan daging sapi dan kambing yang jika tidak waspada bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Ya, seperti diketahui, daging merah menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi lho. Kolesterol tinggi tidak hanya menjangkit orang yang sudah memiliki usia lanjut. Anak muda pun bisa terkena dampak dari kolesterol tinggi.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Minuman Berkolesterol Tinggi

Tidak hanya disebabkan oleh konsumsi daging merah yang berlebihan, penyebab kolesterol tinggi pun bisa dikarenakan pola atau gaya hidup yang tidak sehat. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi.

5 Penyebab Kolesterol Tinggi

1. Pola makan tidak sehat

Salah satu pemicu kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak terjaga atau tidak sehat. Apa saja sih? Bisa jadi kamu sering makan atau mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti misalnya daging merah tadi. Lalu ada juga goreng-gorengan, kue manis, dan banyak lagi. Maka dari itu, usahakan sejak dini untuk imbang dalam mengonsumsi makanan yang sehat. Mulai lah dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan serat.

2. Malas bergerak

Kamu punya kebiasaan jarang berolahraga? Sebaiknya kebiasaan tersebut patut dihilangkan. Tubuh yang jarang berolahraga akan menjadi timbunan bagi lemak. Sebaliknya, kalau kamu rutin bergerak atau berolahraga, maka timbunan lemak tersebut akan terbakar dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh ke dalam ambang batas normal.

3. Obesitas

Kelebihan berat badan juga menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi lho. Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas biasanya memiliki kadar lemak yang tinggi. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, kadar lemak yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, untuk menghindari kelebihan berat badan, mulai lah dari olahraga yang ringan, yakni dengan berjalan atau jogging.

Baca Juga: Mengenal Bahaya Kolesterol Jahat, Waspada!

4. Merokok

Kebiasaan merokok nyatanya juga tidak hanya buruk bagi kesehatan paru-paru dan jantung. Merokok juga bisa menyebabkan penumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol jahat yang menumpuk tadi, maka bisa meningkatkan risiko penyakit di dalam tubuh. Oleh karenanya, kurangi kebiasaan merokok sedari sekarang atau jika bisa berhenti.

5. Usia

Seiring bertambahnya usia, kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh juga bisa meningkat. Hal ini karena adanya perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang kian menurun seiring bertambahnya usia. Hanya saja, memang tidak semua orang yang berusia lanjut memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Hal tersebut kembali lagi bagaimana kita sebagai pribadi mampu menjalankan gaya hidup sehat.

Baca Juga: 5 Obat Sakit Gigi Alami yang Terbukti Ampuh

Exit mobile version