Rekomendasi Film buat Kamu yang Lagi Demam Piala Dunia

Pertandingan Piala Dunia 2022 masih berlangsung, segala hal yang berhubungan dengan sepak bola menjadi topik bahasan menarik untuk diangkat, salah satunya film. Ada banyak film yang mengangkat kisah para legendaris sepak bola seperti Pele, Diego Maradona dan lain sebagainya. Penggemar sepak bola dijamin bakal menyukai rekomendasi film yang mengangkat cerita tentang olahraga ini.

Dunia sepak bola berhasil menyemai orang-orang hebat dengan bakat luar biasa. Perjalanan pemain sepak bola hingga tim nasional selalu menarik untuk diikuti. Sehingga para sineas pun menjadikan cerita mereka ke dalam bentuk film agar penonton tahu seperti apa perjuangan yang mereka lalui.

Nah, bagi kamu yang lagi larut dalam euforia Piala Dunia, beberapa rekomendasi film tentang sepak bola ini bisa dijadikan referensi untuk menonton.

7 Rekomendasi Film buat Kamu yang Lagi Demam Piala Dunia

Ini Dia Jersey Timnas Piala Dunia dengan Desain yang Dianggap Terbaik

1. Pele: Birth of a Legend

Siapa yang tidak mengenal legendaris sepak bola dunia asal Brazil ini? Pele adalah pesepak bola yang terkenal di era 60 hingga 70-an. Bersama timnas Brasil, Pele membawa tim Samba memenangi tiga kali Piala Dunia.

Kepiawaian Pele dalam menggocek bola bundar sudah tidak diragukan lagi. Namun, sisi lain Pele di luar sepak bola masih sedikit yang tahu. Inilah yang menjadi alasan bagi sutradara Michael Zimbalist dan Jeff Zimbalist dengan dukungan Netflix memproduksi rekomendasi film dokumenter satu ini, tentang sang legenda asal Brazil.

Baca lagi: Sisi Buruk Ngemil Sambil Nonton Film

2. Garuda di Dadaku

Dari tanah air, para sineas pun menghadirkan rekomendasi film bertemakan sepak bola. Salah satu yang terkenal adalah Garuda di Dadaku. Film ini pertama kali hadir di layar lebar tahun 2019 dan seri kedua di tahun 2011.

Garuda di Dadaku mengangkat tema timnas Indonesia. Diceritakan seorang anak berusia 12 tahun bernama Bayu hobi bermain sepak bola dan memiliki cita-cita untuk bisa bergabung di timnas Indonesia U-13. Untuk bisa bergabung di timnas tentunya tidaklah mudah, Bayu harus melalui serangkaian proses dan rintangan.

Salah satu bagian ikonik dari film ini yaitu theme song-nya sering dinyanyikan ketika timnas sepak bola Indonesia melakukan laga di berbagai kejuaraan. Film Garuda di Dadaku saat artikel ini ditulis masih bisa kamu tonton melalui aplikasi Netflix.

3. GOAL!

Rekomendasi film berikutnya ada GOAL! Film ini dirilis di tahun 2005 dan mengisahkan karier seorang pemain sepak bola asal Meksiko, yakni Santiago Munez. Awal mula kariernya, Munez bergabung dengan salah satu klub sepak bola Inggris, Newcastle United, tapi dengan catatan bahwa dia adalah pemain pinjaman dari Santos Laguna.

Berada di lingkungan baru, Munez mengalami kesulitan untuk mendapatkan posisi sebagai pemain inti. Namun seiring kegigihannya untuk terus latihan, Munez pun menjadi pemain reguler. Bersama klub Newcastle United, Munez dan tim lolos ke kompetisi sepak bola bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions. Perkembangan karier Munez mulai menanjak ketika pindah ke klub bergengsi Spanyol, Real Madrid. Di sini Munez berhasil membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions.

Baca juga: Ini Dia Pemain Bola Termuda dan Tertua di Piala Dunia 2022

4. Diego Maradona

Diego Maradona bisa disejajarkan dengan Pele sebagai legenda sepak bola. Pemain yang berasal dari Argentina ini memiliki julukan El Cebollita atau Si Bawang Kecil. Walaupun bertubuh tidak besar, namun kepiawaian menggocek bolanya ditakuti lawan.

Di tahun 2019, film Diego Maradona dirilis dan disutradarai oleh Asif Kapadia. Rekomendasi film satu ini menceritakan tentang kehidupan legenda sepak bola dari 500 jam penampilannya saat bermain. Namun di film ini dipotong menjadi beberapa bagian agar bisa menceritakan seperti apa kisah hidup sang legenda.

5. Cahaya dari Timur

Satu lagi rekomendasi film yang berasal dari tanah air, Cahaya dari Timur. Film ini dirilis di tahun 2014, disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dan mengambil setting di Maluku.

Cahaya dari Timur mengisahkan tentang Sani Tawainella (diperankan Chicco Jericho) yang ingin menyelamatkan masa depan anak-anak kampungnya dari konflik agama di Ambon dengan sepak bola. Di tengah impitan ekonomi, pilihan antara keluarga atau tim sepak bola, Sani pun mendapat tugas membawa timnya mewakili Maluku dalam kejuaraan nasional. Sayangnya, keputusan Sani menggabungkan anak-anak berbeda agama di timnya menimbulkan perpecahan.

6. Ultras

Nah, rekomendasi film yang satu ini patut untuk kamu tonton! Umumnya sineas mengangkat cerita para legenda sepak bola, pemain maupun timnas, di Ultras kamu akan melihat dari sisi suporter garis keras. Film besutan sutradara Francesco Lettieri diproduksi oleh Netflix dan dirilis di tahun 2020.

Ultras adalah sebutan untuk kelompok suporter sepak bola garis keras yang fanatik dan ekstrem dalam memberikan dukungan bagi klub sepak bola tertentu. Di film ini mengisahkan tentang Sandro, pria paruh baya yang dikenal sebagai pemimpin ultras Apache, suporter yang berasal dari Napoli. Di sini Sandro digambarkan sebagai sosok yang sangat totalitas dan menghabiskan hidupnya dalam membesarkan kelompok Apache.

7. Tabula Rasa

Satu lagi rekomendasi film sepak bola dari tanah air, Tabula Rasa. Film drama dokumenter yang dirilis tahun 2014 ini disutradarai oleh Adriyanto Dewo.

Tabula Rasa menceritakan sosok Hans yang diperankan Jimmy Kobogau, seorang pemuda berasal Serui, Papua. Hans memiliki impian untuk menjadi seorang pemain sepak bola profesional. Untuk mewujudkan mimpinya, Hans pun hijrah ke Ibu Kota. Sayangnya, Hans mesti menghadapi kenyataan pahit di mana dia terdampar dan menjadi gelandangan di Jakarta.

Baca lagi: Bergaya Ala Jungkook BTS di Pembukaan Piala Dunia 2022, Outfit Ini Wajib Punya

Nah, bagaimana? Sambil menanti pertandingan Piala Dunia 2022, kamu bisa menonton salah satu rekomendasi film di atas. Dijamin pasti bakal lebih seru! Selamat menonton.

Exit mobile version