11 Rekomendasi Makanan di Jogja yang Wajib Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Kalau berlibur ke Jogja, apakah yang kamu cari? Pasti salah satunya adalah rekomendasi makanan di Jogja yang tak akan bisa kamu temukan dalam citarasa yang sama di daerah lain.

Memang, selain pesona keindahan alam dan kekayaan budayanya, kuliner di Jogja memang unik. Beberapa jenis masakan mungkin akan sering kamu temui di tempat lain selain Jogja, tetapi citarasanya biasanya akan berbeda. 

So, kalau main ke kota dengan seribu nama dan julukan itu, pastikan kamu mencicipi rekomendasi makanan di Jogja berikut ini setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Rekomendasi makanan di Jogja yang Wajib Dicoba

1. Gudeg

Siapa yang belum tahu kalau gudeg yang asli itu adalah gudeg Jogja? Gudeg sebenarnya bisa kamu temukan juga di daerah lain, misalnya seperti di Solo. Tetapi gudeg Jogja rasanya sangat orisinil. Setidaknya sekali seumur hidup, kamu harus coba masakan ini.

Gudeg bisa ditemukan di mana pun di Jogja. Ada 2 jenis gudeg yang biasa ditawarkan, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Untuk gudeg basah, umumnya penjual buka pada pagi hari di hampir seluruh sudut Kota Yogyakarta. Sementara gudeg kering bisa kamu dapatkan di pusatnya, di antaranya di Jalan Wijilan atau di daerah Barek.

Warung-warung gudeg, meskipun bergantian, selalu ada yang buka mulai pagi sampai tengah malam.

Baca juga: Oleh-oleh Jogja ini Dijamin Beda dari Biasanya, Simak Rekomendasinya

2. Oseng Mercon

Buat penikmat masakan pedas, oseng mercon adalah rekomendasi makanan di Jogja yang akan disukai oleh para penggemar makanan superpedas. Terdiri atas daging sapi yang dimasak oseng bersama ratusan cabai.

Oseng mercon paling terkenal di Jogja adalah Oseng Mercon Bu Narti, yang warungnya bisa ditemukan di Jl. Ahmad Dahlan, mulai pukul 18.00. Mau tantangan lebih ekstrem, datanglah di malam Minggu, karena Bu Narti biasanya melipatgandakan level kepedasan masakannya spesial di hari itu.

3. Brongkos

Brongkos adalah masakan dengan bumbu khas kluwek, mirip dengan rawon Jawa Timur tetapi citarasanya manis. Isiannya antara lain tahu, tempe, telur, daging, dan yang paling khas, ada kacang tolo-nya.

Brongkos terenak di Jogja bisa ditemukan di area Alun-Alun Kidul Yogyakarta, yaitu di Warung Handayani. Brongkosnya enak, harganya murah banget. Buka mulai pukul 08.00.

4. Sate Klatak

Sate ini sempat muncul di film Ada Apa dengan Cinta 2, ketika Rangga dan Cinta berkencan. Sate Klatak Pak Bari memang salah satu yang terkenal. Lokasi warungnya ada di Pasar Wonokromo, Imogiri Timur.

Sate klathak adalah sate kambing yang tusuknya menggunakan jeruji sepeda, alih-alih tusuk sate biasa dari lidi atau bambu. Karena itu, saat dibakar akan mengeluarkan bunyi-bunyian khas yang seperti ‘klatak-klatak’.

Selain Sate Klatak Pak Bari, juga ada Sate Klatak Pak Pong yang sama-sama melegenda. Lokasi warungnya juga ada di Wonokromo. Memang daerah Imogiri Timur ini terkenal dengan wisata kuliner sate klataknya. Jadi, kamu tak perlu khawatir. Kalau di Pak Bari dan Pak Pong penuh, masih banyak warung sate lain yang bisa dikunjungi dan sama enaknya.

5. Sate Kere

Rekomendasi makanan di Jogja selanjutnya yang wajib dicoba juga masih berjenis sate, yakni sate kere. Kere arti harfiahnya adalah gelandangan, yang merujuk kelompok masyarakat kurang mampu. Tadinya, sate kere dibuat untuk target pasar yang tak mampu membeli sate yang sering dianggap sebagai makanan mewah. Tapi jangan salah, meski demikian, sate kere ini lezat banget lo!

Sate kere dibuat dari gajih sapi. Karena itu sering juga disebut sate koyor. Sate kere bisa kamu beli di Pasar Beringharjo. Biasanya penjual-penjualnya berkumpul di beberapa pintu masuk pasar. Satu porsinya Rp10.000, berisi 3 tusuk sate dan lontong. Murah banget kan?

6. Sate Karang

Masih tentang sate, jenis yang satu ini juga jadi salah satu rekomendasi makanan di Jogja yang wajib dicoba. Sate Karang sebenarnya adalah sate yang dijual di warung kaki lima Pak Prapto yang ada di pinggiran Lapangan Karang Kotagede, Yogyakarta.

Sate karang merupakan sajian sate sapi. Uniknya, sate ini—selain disajikan dengan 3 macam bumbu, yakni bumbu kacang, bumbu kecap, dan bumbu kocor—juga ditemani lontong yang disiram dengan sayur tempe. Porsi paling kecil berisi 5 tusuk sate dan lontong dibanderol dengan harga Rp23.000. Warung Pak  Prapto buka mulai pukul 17.00.

Baca juga: 5 Rekomendasi Nasi Goreng Enak di Jogja

7. Tengkleng Gajah

Salah satu kuliner yang jangan sampai lupa dicicipi berikutnya adalah tengkleng gajah. Tengkleng mirip dengan gulai, hanya saja terdiri dari tulang alih-alih daging. Dan bukan dari tulang gajah, Tengkleng Gajah menyajikan tengkleng dari kambing. Hanya saja ukurannya jumbo. Kuahnya sangat berempah, sehingga nagih banget.

Seporsi Tengkleng Gajah Original dibanderol dengan harga Rp48.000. Ada juga sajian olahan kambing lainnya, mulai dari gulai, tongseng, sate bakar, sate goreng, hingga nasi goreng. Tengkleng Gajah buka setiap hari mulai pukul 09.00.

8. Belalang goreng 

Hewan serangga belalang sering kita jumpai di mana saja. Di Gunungkidul, belalang juga digoreng dan menjadi camilan khas daerah tersebut. Rasanya seperti udang, kaya akan protein.

Sestoples belalang goreng harganya rata-rata Rp30.000. Kalau lagi musim, kamu bisa menemukan para penjual belalang goreng menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan antara Yogyakarta dan Gunungkidul.

9. Geplak

Camilan khas ini dari Bantul, Yogyakarta. Terbuat dari kelapa yang diolah bersama gula, sehingga rasanya manis legit. Teksturnya unik, sehingga disuka banyak orang.

Kamu bisa menemukan geplak di berbagai toko oleh-oleh atau pasar tradisional. Harganya bervariasi, dengan berat 500 gram dijual di harga rata-rata Rp20.000. 

10. Jadah Tempe

Penganan ini adalah rekomendasi makanan di Jogja yang wajib dicoba berikutnya, terutama jika kamu main ke Kaliurang.

Jadah adalah makanan berasal dari beras ketan, sementara tempe dimasak bacem. Keduanya ditumpuk dan dimakan bersamaan bak burger. Jangan lupa ditemani cabai rawit hijaunya. Enak banget!

Jadah tempe juga mudah ditemukan, terutama di seluruh wilayah Kaliurang. Salah satu yang terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik, yang membanderol harga Rp24.000 untuk setiap 10 jadah tempe.

11. Kopi Joss

Rekomendasi terakhir mungkin bukan berupa makanan, tetapi minuman yang juga tak boleh ketinggalan untuk dicicipi jika kamu liburan ke Jogja. Kopi Jos adalah sajian minuman kopi, yang penyajiannya dengan memasukkan arang panas ke dalam larutan kopi, hingga menimbulkan bunyi seperti ‘joss’.

Ada beberapa warung kopi joss bisa ditemukan di Kota Yogyakarta, tetapi yang paling melegenda adalah Kopi Joss Lik Man yang ada di samping Stasiun Tugu. Selain kopi, disediakan pula berbagai hidangan khas angkringan. Harganya jangan khawatir, merakyat banget!

Baca juga: 5 Tempat Makan Malam di Jogja Terbaik, Ada Tempat Makan Cinta dan Rangga

Itu dia rekomendasi makanan di Jogja yang wajib banget dicoba setidaknya sekali seumur hidup. Jadi, di agenda liburan berikutnya ke Jogja, mana dulu nih yang ingin dicicipi?

Exit mobile version