Resep Soto Ayam dari 3 Daerah di Indonesia yang Mudah Dibuat

Indonesia kaya akan budaya dan cita rasa masakannya, dan banyak di antaranya yang bisa disajikan sendiri di rumah. Salah satu masakan khas nusantara yang sering dicari resepnya untuk dimasak sendiri adalah resep soto ayam. Makanan yang umumnya disajikan dalam mangkuk ini dapat dinikmati dengan kuah hangat dan isian yang beragam.

Mengutip Historia, dalam sebuah catatan kaki yang ditulis oleh Indonesianis asal Prancis, Denys Lombard, soto berasal dari makanan populer pada abad ke-19, yang aslinya bernama caudo atau jao to. Caudo atau jao to ini berarti ‘rerumputan’ jeroan atau jeroan berempah. Caudo pertama kali populer di Semarang, lho.

Dari beberapa catatan yang ada, soto dapat diartikan sebagai makanan yang berbahan dasar utama perut binatang, jeroan yang kaya akan kaldu, lemak, berempah, dan harum. Namun, seiring berkembangnya zaman, isian soto pun mulai variatif. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas soto tersendiri.

Di Jawa Tengah, seperti wilayah Jogja, Semarang, dan sekitarnya soto cenderung disajikan dengan kuah bening dan bercita rasa gurih. Sementara di Lamongan, Malang, Surabaya, dan beberapa wilayah di Jawa Timur, kuah soto cenderung berwarna lebih kuning karena terdapat tambahan kunyit di dalamnya. Di Jawa Barat dan beberapa wilayah di luar pulau Jawa, soto disajikan dengan kuah yang lebih keruh dan kental karena ada penambahan santan di dalamnya.

Resep Soto Ayam dari  Berbagai Daerah di Indonesia

Setelah mengetahui asal-usul soto, tidak ada salahnya jika kamu mencoba sejumlah resep soto ayam berikut di rumah.

1. Resep Soto Ayam Lamongan

Soto ayam yang satu ini merupakan jenis soto yang berkembang di daerah Kabupaten Lamongan. Soto ayam khas Lamongan ini disajikan dengan serbuk koya sebagai pelengkap. Koya sendiri terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih goreng yang ditumbuk hingga halus. Serbuk koya inilah yang menjadi ciri khas dari soto ayam Lamongan. Berikut adalah resep soto ayam Lamongan yang dapat dicoba di rumah.

Bahan:

Bumbu Halus:

Bahan Pelengkap:

Cara Membuat Soto Ayam Lamongan:

  1. Rebus daging ayam dalam air yang berisi serai dan daun jeruk
  2. Tiriskan ayam yang sudah matang, lalu goreng sebentar dan suwir kasar
  3. Panaskan minyak di wajan, lalu tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi
  4. Masukkan air rebusan ayam dan aduk hingga merata
  5. Koreksi rasa dan tambahkan bumbu penyedap, lalu tunggu hingga mendidih
  6. Masukkan semua bahan pelengkap dalam sebuah mangkuk, kemudian siram menggunakan kuah soto yang sudah matang. Sajikan soto ayam Lamongan dengan sambal dan koya.

Baca juga: Rekomendasi Warung Soto di Jakarta yang Populer

2. Resep Soto Seger Boyolali

Resep soto ayam berikutnya yang dapat dicoba di rumah adalah soto seger Boyolali. Soto ayam yang satu ini identik dengan kuahnya yang bening, namun memiliki cita rasa gurih yang nagih. Tidak hanya soto ayam, soto seger ini juga disajikan dengan isian daging sapi. Resep soto ayam Boyolali biasanya disajikan dengan isian bihun, ayam suwir, seledri, dan taburan bawang merah goreng. Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat soto ayam Boyolali?

Bahan:

Bumbu Halus:

Pelengkap:

Cara Membuat Soto Ayam Boyolali:

  1. Rebus ayam hingga mendidih, tambahkan garam dan kaldu bubuk secukupnya
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, dan serai
  3. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam air rebusan ayam
  4. Angkat ayam yang sudah matang kemudian suwir kasar
  5. Siapkan nasi, tauge, bihun, ayam suwir, dan pelengkap lainnya dalam sebuah mangkuk. Siram dengan kuah soto

3. Soto Ayam Khas Semarang

Soto ayam khas Semarang adalah jenis soto di Indonesia yang cukup banyak penggemarnya. Soto ini berisi daging ayam kampung yang disiram kuah bening dan memiliki cita rasa yang gurih. Umumnya, masyarakat menikmati soto ini dengan lauk pelengkap seperti sate kerang, perkedel kentang, tempe goreng, hingga kripik tempe. Ini dia resep soto ayam khas Semarang yang mudah dibuat.

Bahan:

Bumbu Halus:

Pelengkap:

Cara Membuat:

  1. Rebus ayam bersama daun salam, serai, lengkuas, jahe, dan daun jeruk hingga empuk
  2. Angkat ayam yang sudah empuk, lalu suwir kasar
  3. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus hingga harum
  4. Masukkan ke dalam air rebusan ayam dan tunggu hingga mendidih
  5. Tambahkan garam, daun bawang, tomat, dan seledri. Jangan lupa koreksi rasa, ya.
  6. Masukkan bihun dan tauge ke dalam mangkuk, tambahkan suwiran ayam. Siram dengan kuah soto, lalu taburi dengan bawang merah dan bawang putih goreng
  7. Sajikan dengan perasan jeruk nipis, sambal, dan emping atau kripik tempe

Baca juga: 3 Resep Nasi Goreng Paling Sederhana Antigagal

Nah, itulah beberapa resep soto ayam yang dapat dicoba untuk dibuat sendiri di rumah. Mana resep soto favoritmu? Apakah salah satu yang ada dalam daftar di atas?

Exit mobile version