Rutin Salurkan Zakat Perusahaan, Rumah Zakat Apresiasi Budaya JNE

Rumah Zakat dan JNE

Presiden Direktur JNE M. Feriadi (kiri) bersama Direktur JNE Chandra Fireta (paling kanan) menyerahkan zakat perusahaan ke beberapa badan pengumpul dan penyalur zakat.

Selama bulan Ramadhan 2022, JNE menyalurkan zakat untuk periode tahun 2021 ke berbagai badan pengumpul zakat, diantaranya Baznas Pusat, Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta dan Rumah Zakat serta Insiatif Zakat Indonesia (IZI) sebesar Rp 1,2 miliar.

Sejak didirikan, setiap tahunnya JNE terus konsisten mengeluarkan zakat dari keuntungan bisnis perusahaan yakni sebesar 2,5 persen. Dari tahun ke tahun nilai zakat yang dikeluarkan terus meningkat, nilainya kini mencapai puluhan miliar.

Seperti dalam acara halal bi halal dan pengajian dua bulanan yang berlangsung Rabu (11/5/2022), secara simbolis JNE menyalurkan zakatnya. Penyerahan dilakukan oleh Presiden Direktur JNE M. Feriadi Soeprapto yang didampingi Direktur JNE Chandra Fireta kepada Argo Sayoto perwakilan dari Baznas Pusat, kemudian kepada Nasir perwakilan dari Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta dan Irvan Nugraha selaku Chief Marketing Officer Rumah Zakat serta kepada Direktur Utama IZI Wildan Dewayana. Masing-masing disalurkan zakat sebesar Rp 300 Juta. Adapun penyaluran zakat tersebut, sudah direalisasikan penyerahannya pada bulan Ramadhan sebelumnya.

“Menyalurkan Zakat adalah merupakan nilai-nilai dan budaya yang ada di JNE, yang telah ditanamkan oleh founder JNE (alm) Bapak H. Soeprapto Soeparno. Karena JNE dalam berbisnis tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi juga keberkahan. Semoga ini bermanfaat dan bisa membantu para mustahik (penerima zakat) yang membutuhkan,” ujar Presiden Direktur M. Feriadi.

Sementara itu Irvan Nugraha mengapresiasi langkah JNE yang setiap tahunnya selalu mengeluarkan zakat, karena dengan zakat banyak mustahik yang sebelumnya tidak berdaya menjadi berdaya, bahkan ada diantaranya yang kemudian menjadi muzaki (pemberi zakat).

“Terima kasih JNE yang menjadi bagian dari solusi bangsa ini terutama dalam ikut serta mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan masyarakat. Selama ini kami melihat JNE dalam berbisnis tidak hanya mengejar keuntungan akan tetapi juga memberikan kemanfaatan bagi aktivitas sosialnya. Semoga JNE terus maju sehingga zakatnya kemudian semakin meningkat. Langkah JNE dalam berzakat patut dicontoh oleh perusahaan lainnya,” ujar Irvan.

“Rumah Zakat senantiasa amanah dalam menyalurkan zakat dari JNE, seperti untuk program berkelanjutan para mustahik di wilayah-wilayah binaan sehingga kemudian mereka kualitas hidupnya menjadi lebih berdaya,” tambahnya.

Baca juga:JNE Dukung Dunia Pendidikan dengan Donasi Sarana Prasarana Sekolah

Apresiasi senada juga diutarakan oleh Nasir, di mana JNE sebagai muzaki terus konsisten dalam mengeluarkan zakatnya. “Dengan berzakat, JNE akan semakin berkah dan rezekinya semakin meningkat. Semoga JNE terus maju dan berkembang sehingga memberikan banyak manfaat kepada masyarakat luas,” ucapnya.

Zakat dari keuntungan perusahaan yang telah dikeluarkan, maka akan menjadi ladang amal bagi JNE dalam menyeimbangkan antara kegiatan bisnis yang dipadukan dengan nilai-nilai spiritual selama ini. “Kita yakin bahwa kewajiban zakat yang sudah JNE tunaikan akan mendapatkan ganjaran pahala dan juga limpahan rezeki serta pertolongan dari Allah bagi kemajuan JNE, sehingga tahun-tahun mendatang JNE terus bisa berzakat bahkan bisa meningkat nilainya,” tutup M. Feriadi. *

Baca juga:Pesan Hari Bumi Dari Pasar Tebet Timur: Konsumsi Secukupnya, Donasikan Selebihnya

Exit mobile version