Saldo e-Toll Habis di Tengah Jalan? Ini 4 Cara Mengatasinya

saldo e-toll yang tak mencukupi kerap menimbulkan kemacetan di gerbang tol

Ilustrasi saldo e-toll yang tidak cukup saat tapping di Gerbang Transaksi Otomasi (GTO). Foto: Fastpay.

Sejak Oktober 2017, pembayaran tol dilakukan secara elektronik dengan menggunakan kartu e-toll. Langkah ini sebagai upaya mengurangi kemacetan saat antrean dan modernisasi pembayaran.

Karena itu, sebelum melakukan perjalanan mudik, kamu harus mengecek saldo e-toll. Sebab, saldo e-toll yang tidak mencukupi dapat membuat kamu kerepotan saat di perjalanan.

Baca juga: Pembayaran Tol Nirsentuh Tanpa Henti Segera Berlaku

Jasa Marga menyarankan bagi pemudik dengan tujuan Kota Semarang menyiapkan saldo minimal Rp500.000 untuk sekali perjalanan. Sementara untuk perjalanan menuju Surabaya, maka saldo kartu elektronik tol minimal Rp800.000.

Berikut saldo e-toll yang harus kamu siapkan menuju kota tujuan (single trip).

Namun, dalam sebuah perjalanan ada saja kendala yang bakal ditemui, termasuk saldo e-toll tidak cukup atau habis ketika tapping di GTO.

Baca juga: Perhatian, Ini 23 Gerbang Tol Rawan Macet Saat Mudik

Bila kamu mengalami ini, jangan panik dan bingung. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kendala tersebut, yaitu:

1. Tekan tombol bantuan yang ada di gardu tempat pembayaran, berdekatan dengan tombol Cetak Struk. Dengan menekan tombol bantuan tersebut, petugas akan datang membantu.

2. Kamu juga dapat meminta bantuan petugas di sekitar gerbang tol. Jelaskan kalau saldo e-toll kamu tidak mencukupi. Ikuti arahan petugas tersebut. Kamu nanti akan diminta untuk mengisi ulang saldo e-toll secara langsung atau membayar tunai.

3. Top up saldo e-Toll dengan aplikasi mobile banking di ponsel sesuai bank provider yang digunakan.

4. Jika saldo kurang, kamu dapat mengisi juga di rest area terdekat atau digerai minimarket yang tersedia.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mudik Lebaran 2023 Pakai Kereta Api

Kemudian, hindari mengganti kartu yang berbeda dari masuk dan keluar tol. Karena kamu akan dianggap menerobos dan dikenakan denda sebesar dua kali tarif terjauh di ruas yang sama.

Jadi, pastikan kamu sudah mengecek saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal hingga tujuan menggunakan aplikasi BPJT Info Tol yang dapat diunduh di smartphone masing-masing.

Exit mobile version