Salurkan Hobi Bercuan, Ini 5 Ide Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual

Ilustrasi gambar contoh kerajinan tangan

Kerajinan tangan mempunyai keunikan tersendiri bagi sejumlah kalangan. Bahkan, beberapa orang memanfaatkan hasil kerajinan tangan sebagai peluang berbisnis.

Indonesia dengan kekayaan budayanya mempunyai peluang besar dalam bisnis kerajinan tangan dan berpotensi menarik pasar global.

Buat kamu yang ingin merintis usaha kerajinan tangan, berikut beberapa referensi ide bisnis yang bisa dilakukan:

Baca juga: Buat UMKM, Gini Cara Singkat Pasarkan Produk via Facebook Marketplace

1. Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi diminati sebagian masyarakat untuk mengharumkan ruangan sekaligus relaksasi. Selain untuk penggunaan pribadi, lilin aromaterapi juga bisa dijadikan bingkisan baik itu untuk souvenir pernikahan atau hampers di momen-momen tertentu.

Bahan-bahan alami yang digunakan dalam membuat lilin aromaterapi seperti soy wax, palm wax, dan beeswax. Kamu bisa meracik aroma lilin yang memberi ketenangan dan menyegarkan dan kreasikan lewat berbagai bentuk menarik.

2. Sabun Organik

Sabun organik dapat dibuat dengan berbagai variasi, warna, bentuk, dan aroma. Makin banyak pilihan sabun organik yang kamu tawarkan, maka makin besar peluang pelanggan berminat pada produk kamu.

Tapi sebelum itu, pastikan kamu sudah melakukan riset dan eksperimen untuk menemukan racikan, aroma, warna dan bentuk yang pas.

Baca juga: Segera Bangkit Setelah PHK, Ini yang Harus Kamu Lakukan

3. Seni Rajutan

Kerajinan tangan lain yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis adalah produk-produk rajutan. Untuk ini kamu nggak membutuhkan banyak bahan, hanya benang dan jarum rajut saja.

Produk rajutan yang bisa kamu jual seperti tas, sepatu bayi, sweater, topi, hingga selimut. Tapi untuk menjalankan bisnis ini dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan sebab proses merajut yang sulit dan memakan waktu lama.

Hanya saja, semakin sulit produk rajut yang dibuat makin unik pula modelnya. Nah, kalau sudah begini peluang harganya pun makin tinggi.

4. Seni Lukisan

Buat kamu yang hobi menggambar bisa memanfaatkan kebisaan ini untuk peluang usaha dengan membuka jasa lukisan.

Baca juga: Trik Bikin Tampilan Toko Online Kamu Terlihat Menarik di Aplikasi Marketplace

Selain bisa dijadikan dekorasi ruangan, lukisan juga kerap diberikan sebagai hadiah atau bingkisan untuk orang-orang terdekat. Tak heran bila target pasar untuk bisnis ini terbuka lebar.

Kamu bisa menjual jasa lukisan dengan menyediakan berbagai ukuran kanvas. Buat harga sesuai dengan tingkat kesulitan dan ukurannya.

5. Seni Aksesoris

Saat pandemi Covid-19 aksesoris penjepit masker laris manis dan menjadi barang favorit. Begitu besar peluang mendapat keuntungan dari bisnis aksesoris ini.

Salah satu jenis aksesoris yang paling populer terbuat dari manik-manik. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan ini untuk kalung, cincin, gelang atau lainnya.

Mainkan warna dan model aksesoris. Sesuaikan dengan tren kekinian untuk meraih target pasar anak-anak muda.

Baca juga: Raih Ulasan Positif dari Konsumen, Salah Satunya Amankan Kemasan

Exit mobile version