Sebelum atau Sesudah Sarapan, Kapan Waktu Tepat Menyikat Gigi?

kebiasaan sikat gigi bagus untuk kesehatan gigi

Getting my smile ready

Kebiasaan menyikat gigi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan area mulut. Selain itu, rutin memeriksakan gigi, menggunakan teknik menyikat gigi dan flossing yang tepat hingga mengonsumsi makanan sehat dibutuhkan untuk mencegah bakteri dan kerusakan gigi.

Namun, sebagian orang merasa bingung akan waktu menyikat gigi dalam sehari. Apakah sebelum atau setelah sarapan?

Baca juga: Jangan Rugi, Gini Cara Bikin Harga Mobil Lawas Tetap Tinggi

Kepala ahli bedah gigi asal India, Dr Karishma Jaradi menyebut kebiasaan segera menyikat gigi setelah sarapan adalah salah. Dia beralasan, makanan asam berdampak pada enamel gigi dengan melembutkannya, dan menyikat gigi pada saat itu dapat merusaknya lebih lanjut.

“Sebagai praktik terbaik, seseorang harus menunggu setidaknya setengah jam setelah makan sebelum menyikat gigi. Karena saat ini air liur di mulut menghilangkan asam dan enamel menjadi keras kembali, mencegah kerusakan pada gigi. Membilas mulut dengan air atau mengunyah permen karet bebas gula juga membantu menetralkan asam di mulut,” kata Dr Jaradi, dilansir dari Indian Express, Rabu (18/1/).

Sementara, kata dr Arijit Sengupta, menyikat gigi menjelang waktu tidur setelah makan malam juga membantu menghilangkan semua sisa makanan yang mungkin meningkatkan jumlah patogen di mulut dalam semalam.

Baca juga: Tips Mengirim Frozen Food yang Baik dan Benar

Lalu, bagaimana cara menyikat dengan benar?

Menurut dr Jaradi, saat menyikat gigi sebaiknya jangan terlalu kuat dan agresif karena dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gusi.

Kemudian, sikat dengan pasta gigi berfluorida yang baik sebanyak dua kali sehari. Kebiasaan ini sangat dianjurkan untuk memiliki susunan gigi yang baik, kata dr Jaradi.

“Untuk menjaga kebersihan mulut secara teratur, penting untuk berkumur dengan air setiap selesai makan. Seseorang juga harus membersihkan gigi setidaknya sekali sehari, sebaiknya sebelum menyikat gigi di malam hari untuk menghilangkan plak dan partikel makanan yang mungkin terkumpul di antara gigi dan gusi. Flossing harus dilakukan dengan sangat lembut dan tidak menimbulkan rasa sakit atau pendarahan dari gusi. Dianjurkan juga berkumur dengan obat kumur antiseptik,” kata Dr Jaradi.

Baca juga: Tips dan Trik Chef Devina Agar Bahan Makanan Tetap Segar

Lantas, berapa kali harus menyikat gigi?

Para ahli berpendapat bahwa menyikat gigi dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur, serta berkumur setelah makan dan flossing dianjurkan untuk rutinitas kebersihan gigi yang baik.

Exit mobile version