Sebelum Balik ke Jakarta, Cek Lagi Fungsi Kendaraan

Cek kendaraan sebelum arus balik

 

Arus balik Lebaran sudah dimulai sejak 7 Mei 2022. Peningkatan volume kendaraan di beberapa ruas jalam, terkhusus jalan tol Trans-Jawa naik signifikan.

Karena itu, pemerintah mengajurkan agar pemudik menghindari puncak arus mudik dan memilih untuk menunda perjalanan balik ke Jakarta.

Selain itu, sama seperti saat akan mudik. Menghadapi kondisi arus balik, pengendara mobil juga wajib melakukan persiapan kembali.

BACA JUGA : Rekomendasi Kuliner Khas Serang Selama Perjalanan Arus Balik Lebaran 2022

Paling utama memastikan bila kendaraanya siap untuk diajak perjalanan jauh dengan kondisi lalu lintas yang bisa dibilang ekstrem lantaran kemacetan.

Untuk kenyamanan, Suzuki memberikan beberapa kiat yang bisa disiapkan sebelum melakukan perjalanan balik ke Jakarta, yakni :

1. Kelengkapan Dokumen Berkendara

Sebelum melakukan perjalanan, pengemudi wajib membawa dokumen-dokumen berkendara yang lengkap dan masih berlaku, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Izin Mengemudi) A. Kelengkapan dokumen tersebut harus selalu dibawa sebagai identitas kepemilikan kendaraan dan memastikan bahwa pengemudi sudah cukup umur dan memenuhi syarat mengendarakan mobil.

2. Pemeriksaan Komponen Mobil

Lakukanlah pemeriksaan kendaraan untuk menghindari terjadinya gangguan selama perjalanan. Pastikan fungsi setiap komponen mobil berkerja dengan baik, seperti wiper, speedometer, lampu, sistem pengereman, radiator yang terisi cairan hingga batas maksimal, penggantian oli mesin yang dilakukan secara rutin, pemeriksaan oli transmisi, dan kondisi aki mobil. Selain itu, jangan lupa membawa dongkrak dan kelengkapannya, segitiga pengaman mobil, serta ban serep.

3. Pastikan Bagian Interior Mobil Berfungsi dengan Baik dan Bersih

Periksa dan pastikan bagian interior mobil Anda berfungsi. Sebagai contoh, cek apakah laci dashborad dapat dibuka tutup dengan baik sehingga bisa digunakan dengan optimal untuk menaruh barang seperti P3K, masker, atau hand sanitizer. Pastikan juga tuas pengatur jok berfungsi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi dan penumpang.

BACA JUGA : Usai Mudik Mau Balik ke Jakarta dengan Nyaman, Hindari 6-8 Mei 2022

Pengemudi juga dapat menambahkan car phone holder jika menggunakan aplikasi pengarah jalan. Untuk menambah kenyamanan di perjalanan, bersihkan terlebih dahulu setiap sisi interior mobil Anda.

4. Kesiapan Fisik dan Posisi Mengemudi

Kesiapan Fisik wajib diperhatikan sebelum bepergian. Istirahat, konsumsi makanan, dan tidur yang cukup sebelum mudik dapat meningkatkan stamina pengemudi. Selama perjalanan pun, pengemudi harus memperhatikan posisi duduk yang benar, nyaman, dan aman untuk meningkatkan konsentrasi, mengurangi keletihan, dan mengurangi risiko kecelakaan.

Pastikan posisi duduk, kepala, tangan, dan kaki tetap nyaman dan aman. Sebelum menyetir, pengemudi diimbau untuk melakukan peregangan otot agar peredaran darah lancar dan tidak mudah lelah.

 

Exit mobile version