Sebelum Ikutan Pound Fit, Yuk Ketahui Apa yang Harus Disiapkan

Sebelum Ikutan Pound Fit, Yuk Ketahui Apa yang Harus Disiapkan

Sebelum Ikutan Pound Fit, Yuk Ketahui Apa yang Harus Disiapkan

Salah satu olahraga yang kini tengah digemari masyarakat adalah Pound Fit.

Pound fit adalah jenis olahraga yang menggunakan alat semacam stik dan musik sebagai komponen utama. Sekilas, olahraga ini mirip dengan aerobik, namun memiliki ciri khas menggunakan Ripstiz atau stik drum ringan dengan berat 0,45 kilogram.

Gerakan-gerakan yang ada di olahraga pound fit sendiri terinspirasi dari gerakan yoga dan pilates. Artinya tidak ada gerakan khusus yang benar-benar mutlak dalam olahraga ini.

Baca juga: Kemenkes Siapkan Pos Layanan Vaksinasi Booster di Jalur Mudik

Nah, buat kamu yang tertarik mencoba olahraga ini, khususnya para pemula, ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan.

1. Lakukan Pemanasan

Gerakan yang bisa dipraktekkan antara lain adalah peregangan secara statis ataupun dinamis. “Regangkan otot paha dan betis, lalu membungkuk ke bawah sambil tangan menyentuh ujung jari kaki. Arahkan kepala ke kanan, kiri, atas dan bawah beberapa kali,” kata fitness influencer, Sistya Windasari.

2. Jangan Memaksakan Diri Melakukan Gerakan Tubuh yang Sulit

Kemudian bergerak sesuai kemampuan. Menurut Sistya, walau pound fit bisa dicoba oleh seluruh usia dan jenis badan, pastikan tubuh dalam keadaan fit mengingat pound fit cenderung menguras lebih banyak tenaga,” tambah Sistya.

Baca juga: Tokopedia: UMKM Maker dan Reseller Lokal Jadi Kunci Pulihkan Ekonomi Nasional

3. Usahakan Memakai Pakaian Olahraga yang Pas di Badan

Selanjutnya adalah menghindari pakaian olahraga yang terlalu ketat. Kamu bisa memakai pakaian olahraga yang tidak mempersempit gerakan tubuh.

4. Perhatikan Ketebalan Matras

Setelah itu, perhatikan ketebalan dan bahan matras. Matras yoga, lanjut Sistya, dengan ketebalan 6-10mm cocok untuk pemula karena meminimalisasi risiko cedera saat berolahraga. “Gunakan matras berbahan TPE karena selain mudah dibersihkan dan ringan, bahan tersebut juga lebih ramah lingkungan,” saran Sistya.

5. Ikut Kelas Khusus

Terakhir ikut kelas pound fit. Ajak teman atau keluarga agar lebih semangat dalam membentuk kebiasaan berolahraga dalam jangka panjang.

Exit mobile version