Selamatkan Sesama dengan Donor Darah dalam World Blood Donor Day

Karyawan JNE tengah diambil darahnya

Dalam rangka memperingati ‘Hari Donor Darah Sedunia’ atau World Blood Donor Day, yang jatuh pada 14 Juni 2021, JNE mengadakan kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di dua tempat pada Selasa (15/6/2021)..

Kegiatan yang pertama digelar di JNE Kantor Cabang Cikarang, di Warehouse JNE Cikarang Jl. Raya Imam Bonjol No.22, Kalijaya, Kec. Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, pukul 08.30 – 11.30 WIB. “Acara donor darah juga merupakan kegiatan rutin tiap 3 bulan di JNE Cikarang”, terang Lutfi Pahlevi selaku Kepala Cabang JNE Cikarang.

Pemeriksaan tensi darah sebelum melakukan kegiatan donor darah karyawan JNE Cikarang

Lutfi pun mengatakan, “Ini sebagai bentuk kepedulian JNE terhadap kesehatan karyawan dan masyarakat, khususnya masyarakat sekitar Kantor Cabang JNE Cikarang dalam penyediaan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan”.

Baca juga : Perjuangan Wanita Tangguh Bangkitkan Batik Tertua di Cilacap

Selain donor darah, area Kantor Cabang JNE Cikarang juga dapat dimanfaatkan untuk menggelar berbagai kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. “Kami akan selalu berupaya untuk mengadakan kembali kegiatan lainnya yang bermanfaat di waktu yang akan datang, seperti program untuk UKM dan sebagainya”, tuturnya.

Kegiatan Donor Darah JNE Cikarang

Sebanyak 46 karyawan JNE ikut dalam kegiatan donor darah

Selain di JNE Cikarang, kegiatan donor darah di hari yang sama juga dilaksanakan di lantai 5 Gedung PMI Jakarta Pusat, Salemba, Jakarta Pusat. Antusias dari para Ksatria dan Srikandi yang ingin mendonorkan darahnya cukup tinggi, bahkan setelah acara ditutup karena ketersedian kantong darah habis, tampak beberapa karyawan JNE masih berdatangan.

Puluhan kantong darah berhasil dikumpulkan dari para karyawan JNE dalam kegiatan yang digelar selama 3 jam kali ini.“Dalam waktu sekitar 3 jam, 46 kantong darah dari karyawan JNE sudah bisa terkumpul,” ujar ketua pelaksana kegiatan, Sony Prasetyo.

Menurut Sony, kegiatan donor darah tersebut sengaja digelar di Gedung PMI Salemba, supaya dekat ke JNE Hub Garuda. “Ke depan akan bergiliran, misalnya yang dekat dengan JNE Hub Veteran, donor darahnya akan digelar di PMI Jakarta Selatan dan seterusnya,” ujarnya yang juga adalah Section Head of Employee Engagement JNE.

“Semoga darah yang didonorkan para karyawan JNE bisa membantu mereka yang sedang terbaring sakit dan memerlukan darah. Ke depannya kami akan mengadakan donor secara rutin minimal 6 bulan atau 3 bulan sekali,” ujar Sony.

Baca juga : Intip 7 Rahasia Ayam Keprabon Express Sukses Jadi Pemain Lokal

Sebanyak 46 karyawan JNE ikut dalam kegiatan donor darah

Sementara itu, dr. Anggri, selaku ketua tim donor darah dari UTD PMI Jakarta, mengapresiasi perusahaan JNE yang telah menggelar kegiatan donor darah. “Patut dicontoh oleh perusahaan lainnya. Ini langkah yang luar biasa dari JNE”, tuturnya.

“Karena memang saat ini ketersedian kantong darah di DKI Jakarta jumlahnya terus menipis sedangkan permintaan darah dari rumah sakit – rumah sakit terus meningkat,” ungkap dr. Anggri saat berbincang dengan JNEWS.

Menurutnya, PMI DKI Jakarta dalam kegiatan kali ini menyediakan 4 bed untuk para pendonor dan menurunkan 7 orang staf. “Tentu saja kami juga memberlakukan protokol kesehatan yang ketat kepada semua yang hadir”, tegasnya.

Baca juga : Upaya Skincare Asal Bogor Hadapi Pandemi yang Berbuah Manis

dr. Anggri pun mengatakan bahwa tidak semua yang ingin jadi pendonor bisa diambil darahnya. “Dari jumlah yang ingin jadi pendonor ada diantaranya yang terpaksa kami tolak karena misalnya HB darah dan lain sebagainya, itu merupakan hal yang biasa,” jelas dr. Anggri.

Sementara itu, Zulhendi, salah seorang pendonor dari JNE Hub Garuda, mengaku senang bisa mendonorkan darahnya. “Semoga ini bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang terbaring sakit dan memerlukan darah. Saya berharap kegiatan ini rutin dilakukan oleh JNE karena donor darah juga secara medis baik untuk kesehatan,” ujar Ksatria yang sehari-hari bertugas sebagai driver ini.

Hal senada juga diutarakan oleh Ramli, yang sudah lebih dari 20 kali mendonorkan darahnya. “Di tengah pandemi Covid-19, saya bersyukur masih bisa melakukan donor darah guna membantu mereka yang memerlukan darah. Donor darah merupakan kebaikan yang diajarkan oleh para pendiri JNE, selain ajaran kebaikan lainnya. Semoga kegiatan ini membawa manfaat dan keberkahan,” ujarnya. *

Baca juga : Seli Asal Bandung Ini Mulai Dinikmati Mancanegara

Exit mobile version