Selecta Malang: Oase di Kaki Gunung Arjuna

JNEWS – Kota Batu, Malang, memiliki segudang destinasi wisata yang menarik dikunjungi bersama keluarga. Keindahan alam, udara yang sejuk menjadi daya tarik utama kota ini. Salah satu wisata yang populer dan sudah ada sejak puluhan tahun lalu adalah Selecta Malang.

Tempat wisata ini memiliki luas kurang lebih 18 hektare dengan taman bunga yang luas, kolam renang, hotel, restoran dan sejumlah wahana. Tidak mengherankan apabila tempat ini menjadi primadona liburan keluarga di kota Batu.

Taman Rekreasi Selecta terletak di Tulungrejo Kota Wisata Batu Malang, dikelilingi oleh tiga gunung yakni Arjuna, Anjasmoro dan Welirang. Diapit oleh beberapa gunung, sudah bisa ditebak kalau tempat ini berada di ketinggian, tepatnya 1.100 mdpl. Udara sejuk khas dataran tinggi, membuat para wisatawan betah untuk tinggal berlama-lama di sini.

Selain memiliki pemandangan alam yang memesona dan deretan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, ada latar belakang sejarah yang menjadi awal mula berdirinya kawasan ini.

Sejarah Singkat Selecta Malang

Taman ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dibangun oleh Ruyter de Wildt di tahun 1920-1928, peruntukkan awal taman ini adalah sebagai tempat peristirahatan dan wisata bagi warga Belanda yang berkunjung ke Indonesia.

Setelah pembangunan rampung di tahun 1928, nama yang dipilih untuk taman ini adalah Selecta. Kata ini berasal dari bahasa Belanda yakni selectie yang memiliki arti pilihan. Harapannya dengan nama tersebut, Selecta akan berkembang menjadi sebuah tempat pilihan yang indah dan ramai dikunjungi oleh orang-orang.

Di tahun 1942-1945, Jepang mengambil alih kekuasaan Belanda, semua wilayah Indonesia pun berpindah tangan termasuk Selecta. Kawasan ini pun dikelola oleh orang Jepang yang bernama Mr. Hashiguchi. Sejak dikelola oleh Jepang, warga pribumi pun diizinkan untuk memasuki dan menginap di Selecta.

Tahun 1949, meletus Agresi Militer Belanda II. Kawasan Selecta menjadi salah satu strategi militer untuk dibumihanguskan agar tidak ditempati lagi oleh Belanda. Jepang pun hengkang dari Indonesia karena kalah dari sekutu.

Kawasan Selecta pun tinggal puing-puing. Bahkan di area kolam renang saat ini, dulunya dijadikan lahan pertanian oleh warga sekitar. Akhirnya pada tanggal 19 Januari 1950, sejumlah tokoh desa setempat yang dipimpin Santoso Tarnoatmodjo bersama warga merasa sayang jika kawasan ini ditelantarkan. Mereka pun berinisiatif membangun kembali Selecta.

Persiapan dimulai dengan mengurus pembelian secara legal hukum pada keluarga pemiliknya di Belanda. Ada 47 yang melakukan inisiatif. Namun, untuk ganti rugi supaya mendapatkan kepemilikan, masyarakat sekitar melakukan patungan.

Sejak itu, warga sekitar pun memiliki saham di Selecta. Hingga saat ini kurang lebih 1.100 orang yang memiliki saham dengan jumlah 5 ribu lembar saham. Jika dirinci, 50% saham Selecta dimiliki oleh warga desa.

Status kepemilikan Selecta resmi berganti menjadi NV atau PT Selecta dengan sistem pembagian saham pada 47 orang tersebut dan juga masyarakat. Sebagai penghargaan, nama 47 orang yang melakukan inisiatif pun diabadikan dalam prasasti yang dipajang di pintu masuk.

Setelah pembangunan kembali, pada rentang waktu 1952-1955, Presiden Soekarno dan Bung Hatta sering beristirahat di Selecta Malang. Dalam catatan sejarah, ada beberapa keputusan penting terkait kenegaraan dan ekonomi rakyat yang diputuskan di tempat itu.

Tempat wisata ini telah melalui rangkaian perjalanan panjang dan menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan serta berbagai keputusan penting lahir di tempat ini. Sekarang Taman Selecta telah kembali seperti harapan pendirinya yaitu menjadi tempat pilihan dan ramai dikunjungi.

Baca juga: 6 Rekomendasi Hotel di Malang Kota yang Cocok untuk Staycation

Selecta Malang, Daya Tarik dan Fasilitas

Sumber: Go trip Indonesia

Taman Selecta menjadi populer sebagai destinasi favorit liburan keluarga karena menawarkan tempat wisata dengan paket komplit. Fasilitas lengkap dan ada beragam wahana yang seru untuk dinikmati. Berikut ini daya tarik, fasilitas dan wahana yang bisa dipilih selama berada di Selecta.

1. Daya Tarik

Daya tarik utama Taman Rekreasi Selecta ada di taman bunga. Dengan luas 18 hektare, taman bunga menempati kurang lebih 2 hektare.

Pemandangan alam yang memukau, udara yang sejuk karena berada di ketinggian dan dikelilingi oleh tiga gunung membuat taman bunga ini berbeda dari wisata sejenisnya. Apalagi ditambah ada ratusan bunga warna-warni yang indah seperti hortensia, krisan, lily, dandelion, bunga kana, honje kecombrang dan masih banyak lainnya.

Menariknya lagi, ada papan yang bertuliskan nama bunga beserta nama latinnya. Jadi, wisatawan bisa mendapatkan pengetahuan tambahan. Setelah lelah berkeliling dan swafoto, ada gazebo yang bisa dijadikan tempat istirahat sejenak.

Perlu diperhatikan, berada di taman bunga ini tidak diperkenankan untuk memetik ataupun menginjak.

2. Fasilitas

Fasilitas yang lengkap membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apa saja fasilitasnya?

Kolam Renang dan Waterpark

Sudah menjadi rahasia umum kalau Selecta terkenal dengan kolam renang yang memiliki air jernih. Ada kolam yang luas dan waterpark membuat area ini menjadi favorit anak-anak.

Hotel dan Cottage

Di Selecta Malang tersedia hotel dengan tiga jenis kamar yakni suite, executive dan superior. Menginap di sini akan mendapatkan sejumlah fasilitas yakni:

Cocok untuk liburan Bersama Keluarga, kamar kami menawarkan Ruang yang ideal untuk tinggal bersama keluarga. dilengkapi dengan:

Tentunya sangat seru, menginap di tempat ini dan bisa menikmati fasilitas serta wahana sampai puas. Untuk harga hotel mulai dari Rp650.000, sedangkan cottage Rp2.300.000.

Restoran

Di Taman Selecta tidak hanya memiliki satu restoran saja tapi empat. Setiap restoran memiliki menu autentik yang bisa dijadikan pilihan.

3. Wahana

Taman Selecta Malang terkenal juga memiliki sejumlah wahana bermain. Untuk bisa menikmatinya, wisatawan perlu membayar tiket masuk senilai Rp50.000 dan untuk masuk ke tiap wahana ada biaya tambahan.

Berikut ini wahana yang ada di Taman Rekreasi Selecta yaitu:

Baca juga: Daftar Lengkap Destinasi Wisata Batu Malang, Sehari Liburan Saja Tidak Cukup

Demikian ulasan lengkap Taman Selecta Malang, destinasi wisata populer di kota Batu yang telah ada sejak puluhan tahun lalu.

 

Exit mobile version