Shopee Tindak Tegas Penjual Vitamin dan Obat Palsu

Shopee Indonesia akan menutup toko yang terindikasi menjual vitamin dan obat-obatan palsu di aplikasi Shopee. Shopee juga akan bekerjasama dengan kepolisian untuk melakukan investigasi lebih lanjut.

Langkah ini menjadi bukti nyata komitmen Shopee mendukung pemerintah Indonesia dalam penanganan COVID-19. Sekaligus menciptakan ekosistem belanja daring yang aman bagi pengguna.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menegaskan Shopee tak segan melibatkan aparat penegak hukum untuk mengivestigasi penjual vitamin dan obat-obatan palsu. Diakuinya, Shopee menerima laporan melalu media sosial akan toko-toko yang terindikasi mencetak label kemasan obat sendiri.

BACA JUGA : ShopeePay Tegaskan Komitmen Dukung UMKM Indonesia

“Kami langsung menurunkan produk tersebut dan secara paralel menginvestigasi bukti keaslian dari pembeli. Jika terindikasi kuat melakukan pemalsuan, kami akan melanjutkan dengan pemblokiran toko dan bekerjasama dengan pihak berwenang. Shopee berkomitmen untuk terus memberikan layanan belanja yang aman dan nyaman bagi pengguna kami.” jelas Radynal.

Sebagai marketplace, produk-produk yang ada di platform Shopee diunggah langsung oleh para penjual. Namun, agar tetap tercipta kenyamanan berbelanja, tim internal Shopee tetap memantau agar sesuai dengan regulasi yang ada. Setiap penjual di Shopee memiliki kewajiban untuk mematuhi aturan yang berlaku dan tunduk pada hukum.

Masyarakat dihimbau untuk memperhatikan kemasan obat-obatan dan membaca ulasan produk-produk yang dibeli di aplikasi Shopee. Jika merasa ada kecurigaan akan produk palsu, masyarakat diharapkan jangan menyelesaikan terlebih dahulu pesanan yang dibeli.

BACA JUGA : UMKM Offline Jadi Perhatian ShopeePay

Produk-produk tersebut dapat dilaporkan melalui tombol “Laporkan produk ini” di sisi kanan atas laman produk. Dan atau penjualnya melalui tombol “Laporkan Pengguna” di sisi kanan atas laman toko. Dengan melaporkan produk dan penjual tersebut, masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga ekosistem belanja daring yang aman dan bertanggung jawab.

“Kami berharap penjual produk kesehatan ikut mengambil bagian dalam percepatan pemulihan kesehatan masyarakat dengan memperhatikan regulasi yang berlaku. Di masa yang sulit ini, semua pihak harus bekerja sama, baik penjual, pembeli, Shopee, maupun aparat pemerintahan. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” tutup Radynal.

 

Exit mobile version