Sisi Buruk Ngemil Sambil Nonton Film

Ilustrasi makan sambil menonton film

 

Meski sudah menjadi kebiasaan dan menyenangkan, ternyata kebiasanan menonton film sambil makan alias ngemil memiliki efek buruk.

Apalagi bila film yang ditoton memiliki durasi tayang yang lama, otomatsi kegiatan ngemil juga akan dilakukan selama film tersebut berlangsung.

BACA JUGA : Headphone, Headseat, dan Earphone, Apa Bedanya?

Berdasarkan beberapa sumber, kebiasaan makan atau ngimil saat menonton bisa membuat beberapa kerugian yang secara tak langsung bagi sebagian orang, yakni ;

– Bikin gaya hidup tak sehat

Tanpa disadari budaya makan saat ini sudah bergeser, tak lagi menjadi kebiasaan tapi kewajiban yang kadang dilakukan sambil melakukan aktifitas lain, seperti membaca buku, bekerja, atau menonoton.

– Berlebihan

Kebiasaan makan atau ngemil sambil menonton tanpa disadari juga memberikan efek bagi seseorang jadi mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

frozen food

Dari eksperimen yang ada, kebanyakan orang meningkatkan jumlah cemilan yang dikonsumsi saat melakukannya sambil menonton. Parahnya lagi yang dikonsumsi adalah makanan manis dan berkalori tinggi.

– Penyimpangan konsentrasi

Dampak lain makan sambil menonton jgua berimbas pada konsetrasi yang menyimpang. Berdasarkan ilmu kedokteran, saat makan otak akan mencatat proses internal makanan dan mengirimkan pesan kemabali dalm hal rasa dan kepuasan.

BACA JUGA : 5 Cemilan Sehat Buat Kamu yang Ingin Hidup Sehat

Tapi saat makan sambil menonton, konsentrasi akan menyimpang yang membuat otak terganggu dan mengirimkan sinyal yang salah.

– Metabolisme turun

Tips Aman Nonton di Bioskop Saat Pandemi

Dari penelitian yang ada, makan sambil menonton film atau TV bisa mengurangi tingkat metabolisme di mana idealnya harus mencerna dan mendapat asupan energi.

– Obesitas

Lantaran mengonsumsi makanan berlebih, apalagi gula junk food, dan lainnya, makan atau ngemil sambil menonton film atau TV juga berpotensi pada obesitas.

Exit mobile version