Snap dan Indosat Luncurkan Developer Challenge ID Camp 2021

Snap Inc dan Indosat Ooredoo mengumumkan challenge kedua Indosat Ooredoo Digital Camp (‘IDCamp’) 2021. Program ini bertujuan untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia memaksimalkan kekuatan Augmented Reality (AR). Sekaligus untuk membuka jalan mengakses ekonomi digital bagi masyarakat Indonesia.

Challenge pertama, pada April lalu, berfokus pada kemeriahan Ramadhan dan berlangsung selama empat minggu. Saat itu, Lensathon mengajak individu-individu kreatif menciptakan lensa Snapchat. Lebih dari 2000 lensa diciptakan dan sebanyak 100 pemenang terpilih. Pemenang program tersebut dianugerahi 2.500 Poin Dicoding. Poin tersebut dapat digunakan untuk belajar di Dicoding Academy atau ditukar dengan hadiah di Dicoding Rewards.

Desain-desain lensa pemenang ini melibatkan ekspresi-ekspresi yang menggunakan motif dan simbol khas Indonesia. Mulai dari komedi seputar adat istiadat setempat, dan perayaan momen spesial bulan Ramadhan. Tangkap THR dan Makan Ketupat, karya Rizky Adi mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta menjadi Creator Indonesia pertama di Snap Lens Network.

BACA JUGA : Baim Wong jadi Brand Ambassador Mobile Esport Indonesia

Bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, challenge kedua mengundang individu-individu kreatif untuk menciptakan lensa HUT ke-76 Republik Indonesia. Tema yang diangkat adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Lensathon yang akan datang menjadi kesempatan bagi peserta untuk mengungkapkan harapan dan visi mereka untuk Indonesia. Lensa-lensa tersebut akan dinilai berdasarkan kriteria seperti kompleksitas, kreativitas, fungsionalitas, dan keterlibatan (engagement).

“Dengan lebih dari 2000 lensa yang dibuat, kami sangat senang dengan keterlibatan yang kami lihat untuk challenge yang pertama,” ungkap Direktur Market Development di Asia Tenggara Snap Anubhav Nayyar.

Ditambahkan Anubhav, Lens Studio ada untuk memberdayakan komunitas dan menghidupkan imajinasi individu kreatif Indonesia. Snap pun menyambut baik kolaborasi dengan Indosat Ooredoo.

“Ini sangat penting di negara seperti Indonesia, di mana pentingnya keterampilan digital semakin meningkat. Kami senang melihat semua lensa yang dibuat dan dibagikan masyarakat untuk Hari Nasional Indonesia.” jelas Anubhav.

BACA JUGA : Kemenperin Bikin Kontes Modifikasi Digital Kendaraan Listrik Buat UMKM

Lebih dari 500 peserta yang akan mengikuti tantangan pertama. Indosat Ooredoo melalui Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Ritesh Kumar Singh, mengharapkan peserta bersemangat untuk mengeksplorasi teknologi AR.

Perpaduan antara fisik dan digital menawarkan penggemar dan seniman teknologi lapangan baru untuk bermain dan menunjukkan kreativitas mereka. AR juga menawarkan cara yang lebih mendalam bagi orang-orang untuk berinteraksi dan terlibat dengan orang di seluruh dunia yang semakin terhubung ini.

“Dalam memperingati Hari Kemerdekaan, kami berharap tantangan ini bisa menjadi media bagi para anak muda kreatif untuk menyampaikan harapan dan aspirasinya dalam memajukan Indonesia sebagai negara digital,” tambah Ritesh.

Pendaftaran ditutup Rabu, 11 Agustus. Anda juga dapat bergabung di program IDCamp AR Creator yang didukung oleh Snap’s Lens Studio hingga 30 September 2021 di sini. Melalui program ini, peserta dapat lebih memahami dan memanfaatkan teknologi AR di berbagai bidang. Peserta juga dapat membuat berbagai proyek AR dan mempublikasikan proyek AR mereka di Snapchat.

Exit mobile version