Solusi Bisnis Online untuk UKM yang Bisa Dicoba Selama Pandemi

Ide Bisnis Dari 5 Produk Paling Laris di E-commerce

Ilustrasi Online Seller.

Beberapa sektor bisnis mengalami penurunan omset penjualan dikarenakan pandemi COVID-19 yang sedang mewabah di Indonesia beberapa bulan terakhir ini.

Survey Bank Indonesia (BI) yang dilakukan terhadap 3.719 pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia menunjukkan adanya terjadi penurunan kegiatan dunia usaha di Kuartal I-2020 selama pandemi corona melanda.

Situasi ekonomi di tanah air berubah tiba-tiba hingga mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Satu per satu bisnis mengalami penutupan sementara hingga permanen yang tak bisa dihindari. Mulai dari bisnis pariwisata yang paling terkena imbasnya, perhotelan hingga sektor manufaktur.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani yang mengatakan hampir semua sektor terdampak Covid-19.

”Karena mengalami kesulitan cash flow atau bahkan minus karena produksi yang tidak maksimal bahkan terpaksa dihentikan sehingga terjadi pemutusan hubungan kerja,” ungkapnya.

Penutupan pun juga dilakukan untuk mengikuti kebijakan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi memutuskan rantai penyebaran virus Corona.

BACA JUGA: Blibli Siap Bersaing dalam Bisnis Makanan Siap Saji.

Saat ini pemilik bisnis dan pelaku usaha mengalami tantangan berat yang dihadapi. Mereka harus memikirkan solusi demi menyelamatkan bisnis yang dirintis demi menghidupkan keluarga dan para karyawan. Salah satu cara yang dilakukan adalah berjualan online atau daring.

Menurut data dari Nielsen Digital Consumer 2019 menunjukkan bahwa dalam 2 tahun terakhir, sebanyak 98% orang menggunakan smartphone untuk mengakses internet sehari-hari. Hal ini juga berpengaruh terhadap perubahan perilaku konsumen dimana sebanyak 67% online shopper bisa berbelanja online dengan menghabiskan Rp 50.000 – Rp 500.000.

BACA JUGA: Penjualan Snack Meningkat Selama PSBB.

Oleh karena itu, perusahaan penyedia layanan web hosting PT Exabytes Network Indonesia ingin membantu para pelaku usaha terutama pelaku usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mempertahankan bisnis mereka.

Exabytes baru-baru ini meluncurkan Solusi Bisnis Online (exabytes.co.id/solusi-bisnis-online) yang diperuntukkan untuk pemilik bisnis yang ingin beralih berbisnis online.

Mulai membuat toko online, membuat website perusahaan hingga informasi Webinar yang diselenggarakan oleh Exabytes dengan topik bisnis online.

Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan mengatakan, berjualan online memiliki manfaat menekan biaya yang dikeluarkan dan efisiensi waktu. Yang terpenting adalah dengan membuka bisnis online, pemilik usaha bisa menjangkau customer baru yang tak dibatasi oleh demografi tempat.

Produk yang dipasarkan online pun akan dapat dicari dengan mudah sehingga memenuhi kebutuhan pelanggan yang saat ini mayoritas beraktivitas di rumah.

Fitur layanan dari Solusi Bisnis Online dari Exabytes:

BACA JUGA: Fitur Baru WhatsApp Bisnis yang Bisa Dimanfaatkan UKM.

Exit mobile version