Soto Banjar: Keunikan, Resep Autentik, dan Tempat Terbaik untuk Menikmatinya

JNEWS – Soto Banjar merupakan satu dari banyak variasi yang ada dalam khazanah persotoan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, soto ini merupakan hidangan khas suku Banjar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Soto di tiap daerah memiliki ciri khas yang bisa saja disukai hingga jauh keluar dari daerah asalnya, seperti soto dari Banjarmasin ini.

Jika berkunjung ke Banjarmasin, wajib menyempatkan diri untuk mencicipi soto ini. Tapi jika Banjarmasin terlalu jauh, resepnya dapat ditemukan dengan mudah di internet. Agar cita rasanya mirip, perlu dilakukan beberapa penyesuaian karena bumbunya sedikit berbeda dengan soto dari daerah lain.

Keunikan Soto Banjar

Soto Banjar: Keunikan, Resep Autentik, dan Tempat Terbaik untuk Menikmatinya

Masyarakat Banjar mengenal soto atau jao to dari komunitas Tiongkok yang datang ke Banjarmasin untuk berdagang pada tahun 1563. Pada saat itu, Banjarmasin merupakan penghasil lada yang terkenal. Hidangan yang aslinya disebut jao to tersebut lantas mengalami banyak modifikasi untuk menyesuaikan dengan ketersediaan bumbu dan selera lokal.

Keunikan yang paling jelas terlihat pada soto ini adalah tidak disajikan bersama nasi, melainkan dengan ketupat. Nasi tetap disediakan oleh penjual. Namun jika pembeli meminta soto yang disajikan bersama nasi maka namanya berubah menjadi sop Banjar.

Soto Banjar menggunakan lebih banyak jenis rempah-rempah dibandingkan soto dari daerah lain. Itulah ciri khasnya Jenis-jenis rempah dan bumbu yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, kayu manis, pala, kapulaga, bunga lawang, adas, jintan, kenari, dan bumbu-bumbu asli Banjar lainnya.

Kuah soto dari Banjarmasin ini cenderung bening, tetapi ada penjual yang menambahkan susu untuk meningkatkan cita rasa gurih soto tersebut.

Baca juga: Resep Soto Ayam dari 3 Daerah di Indonesia yang Mudah Dibuat

Resep Soto Banjar

Sebagian penjual menyederhanakan jenis bumbu dengan alasan agar lebih ekonomis atau jenis rempah yang autentik tidak dapat ditemui di daerahnya. Masyarakat di daerah lain juga bisa membuatnya sendiri meski tanpa rempah-rempah tertentu yang hanya ada di Kalimantan Selatan.

Berikut adalah salah satu resep soto Banjar yang cukup mudah untuk dipraktikkan di rumah, yang dikutip dari laman Bandar Udara Syamsudin Noor.

Bahan-Bahan:

Bumbu Halus:

Bahan Kuah:

Bahan Pelengkap:

Cara Membuat:

  1. Rebus ayam yang sudah bersih dan dipotong-potong beberapa bagian ke dalam panci sampai empuk.
  2. Tumis bumbu sampai harum, masukkan ke dalam air rebusan ayam.
  3. Masukkan kayu manis, kapulaga, cengkih, dan bunga lawang.
  4. Masukkan kocokan kuning telur dan susu bubuk yang sudah dilarutkan. Aduk rata.
  5. Tambahkan bumbu-bumbu garam, gula pasir, kaldu bubuk secukupnya.
  6. Angkat ayam, kemudian suwir-suwir.
  7. Masukkan potongan daun bawang, seledri, bawang bombay. Didihkan sambil diaduk, matikan api.

Cara Menyajikan:

Tata dalam mangkuk: irisan ketupat, sohun, potongan telur, ayam suwir, perkedel kentang. Siram dengan kuah soto, taburi bawang goreng.

Menikmati Soto Banjar di Banjarmasin

Aktivitas paling seru dari wisata kuliner adalah menikmati makanan khas di daerah asalnya. Berikut adalah beberapa tempat makan legendaris yang menjual soto Banjar di Banjarmasin.

1. Depot Soto Bang Amat

Banyak sekali yang merekomendasikan tempat ini meski lokasinya di tengah perkampungan. Selain sotonya yang legendaris, pembeli juga dapat menikmati suasana khas Banjarmasin. Depot Bang Amat terletak tepat di tepi Sungai Martapura, bahkan sebagian lantai kayunya berada di atas sungai. Pengunjung juga dapat menyewa jukung untuk merasakan aliran sungai.

Cita rasa soto Bang Amat cenderung gurih dengan kuah agak bening. Harga soto standar Rp26.000. Jika pesan setengah porsi maka hanya perlu membayar Rp19.000.

2. Depot Soto Banjar Anang Martapura

Rumah makan ini merupakan langganan para artis ibu kota. Letaknya di tepi jalan besar, yaitu Jalan A. Yani, sehingga aksesnya mudah. Bahan isian soto di sini unik, yaitu terdiri dari ketupat, sohun, suwiran ayam, telur bebek yang diiris-iris, wortel, dan makaroni. Kuah sotonya cenderung bening dan segar. Harga satu porsi soto biasa Rp20.000.

3. Soto Banjar Bawah Jembatan

Warung ini benar-benar di bawah Jembatan Banua Anyar dan berada di jalan yang sama dengan soto Bang Amat. Cita rasa dan penyajian soto di kedua tempat ini juga hampir sama. Hanya saja perkedel di sini super besar sehingga menyerupai lauk utama dibandingkan tambahan.

4. Warung Novi

Warung Novi merupakan warung tenda kaki lima yang buka mulai pukul 14.00 di Jalan M.T. Haryono. Warung ini selalu ramai sehingga kadang parkir mobil sedikit sulit. Meski berupa warung tenda, tetapi cita rasa sotonya tak kalah dengan restoran. Lauk tambahan juga lengkap, termasuk lauk wajib berupa perkedel dan sate. Kuah soto di Warung Novi lebih pekat tetapi tetap segar. Sedangkan harga soto standar Rp25.000.

5. Soto Apung Kampung Melayu

Jika ingin menikmati soto Banjar dengan suasana yang sulit dilupakan maka soto apung atau terapung di Kampung Biru, Kampung Melayu, adalah pilihan yang paling tepat. Pengunjung akan duduk di atas semacam perahu atau ponton di sungai sehingga tiap ada yang bergerak atau ada ombak maka tempat itu akan bergoyang. Namun tak perlu khawatir karena ponton ini ditambatkan agar tidak terbawa arus. Soto di sini disajikan dengan sederhana dan harganya sangat murah, yaitu Rp12.000.

Baca juga: 5 Variasi Resep Mie Kuah untuk Makan Malam Hangat dan Mengenyangkan

Soto dapat ditemukan di hampir semua kota di Indonesia, termasuk di Kota Banjarmasin. Soto asal Banjarmasin memiliki beberapa keunikan sehingga berbeda dengan soto di kota lain. Mencicipi soto Banjar di Banjarmasin tentu sangat mengesankan. Namun jika tidak memungkinkan, membuat sendiri di rumah akan dapat mengobati rasa penasaran.

Exit mobile version