Mencari Soto Padang Terbaik di Sumatra Barat dan Asal Usulnya

JNEWS – Soto Padang merupakan hidangan berkuah khas Sumatra Barat. Soto ini tidak hanya populer di Sumatra Barat, tetapi juga populer hingga Riau. Soto khas Padang ini merupakan hidangan wajib di pesta-pesta pernikahan, selain nasi dan berbagai lauk di kedua provinsi.

Menarik untuk mengetahui bagimana asal usul soto ini dan restoran-restoran yang menghidangkan Soto Padang terlezat di daerah asalnya.

Asal Usul Soto Padang

Mencari Soto Padang Terbaik di Sumatra Barat dan Asal Usulnya

Dikutip dari Pergi Kuliner, soto di Indonesia merupakan hasil adaptasi dari makanan berkuah yang dibawa pedagang dari Tionghoa. Nama soto diperkirakan berasal dari bahasa Tionghoa dengan dialek Hokkian, yaitu cau do, jao to atau chau tu, yang artinya rerumputan atau jerohan berempah. Aslinya, isi cau do adalah jerohan, daging babi dan sayuran.

Pedagang dan imigran Tionghoa yang memperkenalkan cau do tersebut diperkirakan mendarat di Semarang, Jawa Tengah, pada abad ke-19. Berhubung Islam sudah ada di pesisir Jawa Tengah, maka cau do dimodifikasi menggunakan daging sapi atau ayam untuk menggantikan daging babi. Ada juga yang menggunakan daging kerbau, seperti Soto Kudus yang autentik.

Soto yang dibawa pedagang Tionghoa tersebut menyebar ke seluruh Nusantara dan dimodifikasi sesuai selera dan ketersediaan bahan setempat. Varian soto terbanyak ada di Jawa, yaitu sekitar 80% dari seluruh varian soto yang ada di Indonesia. Sedangkan soto Padang diakui sebagai soto yang menggunakan bumbu dan rempah terbanyak dalam pengolahannya.

Baca juga: Sejarah dan Sensasi Sate Padang: Menelusuri Asal-Usul hingga Lokasi Terbaiknya

Varian Soto Padang

Umumnya, soto Padang di warung atau restoran di Sumatra Barat terdiri dari 3 varian, yaitu soto paru sapi, soto daging sapi, serta soto campur yang terdiri dari paru dan daging sapi. Soto Padang adalah soto dengan kuah bening dan bumbu paling lengkap se-Indonesia, yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, daun bawang, seledri, cabai, pekak (bunga lawang), cengkih, kapulaga, ketumbar, dan merica.

Cara penyajiannya menggunakan mangkuk kecil yang berisi sohun, daging atau paru, kuah, bawang merah goreng, perkedel, dan kerupuk merah. Daging dan paru sapi tidak hanya direbus dengan bumbu, tetapi juga diiris tipis kemudian digoreng sehingga memberikan rasa yang gurih dan renyah. Daging goreng tersebut juga merupakan ciri khas soto Padang. Soto ini dinikmati bersama nasi.

Biasanya sohun dalam mangkuk sajian cukup banyak sehingga kuahnya habis lebih dahulu. Pembeli dapat minta tambahan kuah yang terdiri dari semua racikan termasuk daging atau paru goreng, kecuali sohun. Soto akan lebih lezat jika dikucuri sedikit jeruk nipis, serta ditambahkan telur rebus dan kerupuk jangek yang disediakan terpisah di atas meja restoran.

Soto Padang Terlezat di Kota Padang, Sumatra Barat

Di Kota Padang, Ibu Kota Sumatra Barat, terdapat banyak warung atau restoran soto yang lezat dan legendaris. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Soto Garuda

Alamat Soto Garuda ada di Jalan S. Parman No. 110, Lolong Belanti, Padang. Buka pukul 07.00 – 21.00. Di sini tersedia soto, soto nasi (semangkuk soto dan sepiring nasi), dan soto paru. Harga soto nasi daging/paru Rp27.000, soto Rp24.000, soto nasi bungkus Rp30.000, dan soto bungkus Rp27.000. Biasanya isi soto bungkus jauh lebih banyak.

Daging sapi di sini diiris kotak-kotak kecil. Sedangkan kuahnya tanpa lemak. Selain itu, masih ada menu-menu di luar soto.

2. Soto Minang Roda Jaya

Alamat Soto Minang Roda Jaya ada di Jalan Tepi Pasang No. 69, Padang. Buka pukul 10.00 – 23.00. Kuah soto di sini sedikit lebih pekat, tetapi tidak menggunakan santan seperti soto khas Padang lainnya. Yang istimewa adalah selain berisi daging goreng yang agak basah dan lunak, juga ditaburi daging yang lebih kering sehingga lebih kaya rasa. Harga satu porsi soto dan nasi Rp30.000.

3. Soto Simpang Karya

Alamat Soto Simpang Raya di Jalan Dobi 2A, Padang Barat. Buka pukul 09.00 – 20.30. Warung ini merupakan salah satu legenda soto di Padang. Warung sederhana di pinggir jalan ramai ini menghadirkan cita rasa yang autentik sehingga selalu penuh di jam makan. Jika ingin benar-benar ingin menikmati soto dengan santai, usahakan datang di luar jam makan. Harga soto saja Rp25.000.

4. Bopet Rajawali Juanda

Alamat Bopet Rajawali di Jalan Ir. H. Juanda No. 33, Padang. Buka pukul 06.45 – 14.30. Bopet Rajawali berdiri sejak tahun 1958. Kemungkinan kata bopet merupakan serapan dari kata buffet. Umumnya bopet menyediakan menu sarapan yang lengkap dari soto, lontong sayur hingga bubur kampiun. Karena itu, buka hanya sampai siang.

Bopet Rajawali selalu ramai karena banyak pilihan menu tetapi tempatnya juga luas. Soto adalah salah satu menu favorit di sini dengan daging yang renyah dan perkedel yang besar. Jika memesan harus secara spesifik menyebutkan soto Padang karena di sini juga ada soto Medan dan soto ayam. Harga soto saja Rp27.000. Teh tawar dan air mineral gelas gratis.

5. Soto Lubuk Basung

Letak Soto Lubuk Basung ada di Pasar Raya Padang, Jalan Pasar Raya, Padang Barat. Buka pukul 08.00 – 17.00. Pembeli tidak perlu masuk ke dalam pasar karena lapaknya berada di tepi jalan. Meski berupa lapak sederhana tetapi soto ini sempat viral di Padang.

Berbeda dengan penyajian di tempat lain, soto Lubuk Basung tidak disajikan di mangkuk tetapi di piring dan sudah dicampur nasi. Harga satu porsi soto hanya Rp13.000.

Baca juga: 5 Lokasi Terbaik Menikmati Soto Kudus di Kota Asalnya

Soto Padang merupakan target wisata kuliner yang wajib dipenuhi ketika berada di Sumatra Barat, terutama di Kota Padang. Soto yang kaya rempah ini memberikan cita rasa yang berbeda. Selain kenyang, bumbu rempah-rempahnya dapat memberikan rasa yang nyaman pada tubuh.

Exit mobile version