Sudah Tahu Fungsinya Mode Penyamaran Browser?

Mode penyamaran atau incognito

 

Bagi pengguna ponsel atau laptop yang sering berselancar di dunia maya atau menjelajah internet, kerap ditemui adanya pilihan mode penyamaran. Mode ini dikenal juga dengan Incognito pada aplikasi browser.

Sayangnya, tak banyak yang mengetahui apa fungsi dari penggunaan mode penyamaran ini. Padahal manfaatnya cukup besar, apalagi bagi yang kerap menggunakan laptop atau PC secara bersamaan.

Dengan menggunakan mode penyamaran, semua aktivitas saat berselancar di dunia maya yang dilakukan pengguna akan tidak terdeteksi atau dirahasiakan. Dengan demikian, privasi akan makin terjaga.

BACA JUGA : Syarat Perjalanan Terbaru yang Berlaku 17 Juli 2022

Incognito atau mode penyamaran biasanya menjadi fitur yang melekat pada beberapa aplikasi browser seperti, Mozilla Firefox, Google Chorme, dan Safari.

Selain untuk menyamarkan, mode ini juga memiliki beberapa manfaat lain bagi penggunanya, yakni ;

– Perlindungan privasi

Khusus bagi yang menggunakan PC atau laptop bersama, baik dengan teman atau keluarga, saat browsing menggunakan mode penyamaran akan tidak terdeteksi sehingga dapat melindungi privasi.

Meski sering mengunjungi situs tertentu dalam Mode Incognito, maka daftarnya tak pernah muncul di daftar situs web yang paling sering dikunjungi di Chrome pada halaman tab baru, begitu juta untuk URL-nya.

BACA JUGA : Sederet Fakta Citayam Fashion Week yang Lagi Viral

– Safety

Seperti dijelaskan sebelumnya, cookie akan tersimpan aplikasi browser yang nantinya akan berfungsi menyimpan data-data penjelajahan sebuah situs. Termasuk data login.

Tapi saat menggunakan mode penyamaran atau incognito, cookie akan secara otomatis dihapus saat jendela penjelajahan ditutup yang tentunya akan membuat urusan data lebih aman karena tak bisa diakses pengguna lain.

 

Exit mobile version