Survei: Grab Jadi Super App Nomor Satu di Asia Tenggara

Harga BBM Subsidi Naik, Tarif Bus AKAP dan Ojol Segera Menyusul

Harga BBM Subsidi Naik, Tarif Bus AKAP dan Ojol Segera Menyusul

Pandemi Covid-19 yang telah mewabah sekitar dua tahun ini nyatanya turut mendorong pertumbuhan super app. Di antara berbagai macam super app ada, Grab baru-baru didapuk menjadi super app yang menempati urutan pertama di Asia Tenggara. Hal ini berdasarkan dari laporan Ipsos SEA Ahead Wave 5 yang dirilis pada Januari 2022.

Penggunaan super app dalam beberapa waktu meningkat pesat. Hal ini dikarenakan sudah mulai banyak dari masyarakat yang melakukan aktivitas digital, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19. Laporan Ipsos SEA Ahead Wave 5 menyebut, bahwa 51% masyarakat Asia Tenggara mengatakan bahwa mereka sekarang lebih sering berbelanja online, dan 1 dari 2 orang mengatakan mereka membayar lebih sering dengan dompet digital atau opsi nontunai lainnya.

Baca Juga: JNE Luncurkan Aplikasi Digital Untuk Kurir

Selain itu, studi terbaru oleh Ipsos juga mengungkapkan bahwa 82% pengguna aplikasi digital di Asia Tenggara memesan pengiriman makanan dan 43%  menggunakan layanan kendaraan atau ride-hailing. Dengan adanya aktivitas digital yang meningkat, maka terpilih super app terbaik di Asia Tenggara.

Sebenarnya, apa sih itu super app? Super app dilansir dari Wikipedia adalah sebuah platform mobile atau aplikasi web yang dapat menyediakan beberapa layanan, termasuk pembayaran dan pengolahan transaksi keuangan yang mencakup segala perdagangan mandiri dan komunikasi platform online.

Nah, dalam penelitian terbaru dan pertama di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, Ipsos Indonesia mengadakan survei untuk mengetahui Super App terbaik di setiap negara tersebut dengan melibatkan 3.500 responden.

“Mengingat ketidakpastian bagaimana Super App diartikan, pertama kami merancang kriteria untuk menentukan apa itu Super App. Hal itu memungkinkan kami untuk membuat daftar kandidat Super App di setiap negara, yang kemudian kami bandingkan penilaian pengguna berdasarkan 4 indikator utama Super App, yaitu user experience, engagement, awareness, dan usefulness,” jelas Soeprapto Tan, Managing Director Ipsos in Indonesia dalam siaran persnya.

Baca Juga: Pilihan Aplikasi Menu Masakan yang Cocok Buat Kreasi Saat Buka Puasa

Sebuah Super App sering diartikan sebagai aplikasi yang menawarkan banyak layanan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Pada survei ini, Ipsos menetapkan Super App sebagai aplikasi yang menawarkan lebih dari 3 layanan digital, seperti transportasi (ride-hailing), e-commerce, pembayaran, pesan-antar makanan, belanja bahan makanan, dan lain-lain. Aplikasi berbasis media sosial tidak disertakan dalam survey ini.

Berdasarkan hasil survei pengguna, Super App diberikan peringkat berdasarkan indeks yang menggabungkan 4 indikator utama, user experience, engagement, awareness, dan usefulness.

Diketahui Grab sebagai Super App terbaik di 6 negara Asia Tenggara yang termasuk dalam survei, dengan rata-rata total skor indeks 63. Skor Grab tertinggi di Singapura dan Vietnam, diikuti oleh Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Thailand.

Shopee menempati posisi kedua, dengan perolehan rata-rata total skor indeks 52. Setelah Shoppe adalah Lazada (42), Gojek (22), Tokopedia (14), Traveloka (12), AirAsia (10), BliBli, BukaLapak & JDID (10 each), GCash (8), Touch n Go eWallet (7), Lineman (6), Be (5), dan Zig (3).

BAca Juga: 5 Aplikasi Bisnis Tanpa Modal untuk Pengembangan Bisnis UMKM

Exit mobile version