Survei: Smartphone Jadi Perangkat Favorit Pengguna E-commerce

ilustrasi gambar mengenai edukasi hak merek bagi umkm

Pesatnya penetrasi smartphone dan gadget di berbagai dunia, termasuk Indonesia, turut mendorong perkembangan industri e-commerce itu sendiri. Smartphone memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mengakses e-commerce

Perusahaan riset pasar, Ipsos, baru-baru ini merilis hasil riset terbaru terkait persaingan dalam industri e-commerce selama akhir tahun 2021. Dari hasil risetnya tersebut ditemukan fakta bahwa smartphone menjadi perangkat yang paling sering dipakai oleh masyarakat Indonesia dalam mengakses e-commerce.

“Hampir semua pengguna (98%) lebih sering mengakses e-commerce melalui aplikasi yang diunduh pada smartphone atau tablet mereka. Sedangkan akses melalui website baik di laptop atau PC maupun smartphone hanya sebagian kecil (sekitar 10%),” ujar Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, dikutip dari siaran persnya.

Baca Juga: Tokopedia, Shopee, dan Lazada, Mana yang Paling Populer?

Sementara itu terkait platform e-commerce yang paling banyak pengunjung, mengacu pada Map of E-commerce in Indonesia yang diterbitkan oleh iPrice pada kuartal ketiga 2021, diketahui bahwa Tokopedia rata-rata memiliki 158,13 juta pengunjung website per bulannya. Sementara itu di urutan kedua, ditempati oleh Shopee dengan jumlah 134,38 juta pengujung di periode yang sama.

Namun, bila berdasarkan, data SimilarWeb for App Performance tentang aplikasi e-commerce di Indonesia, Shopee memiliki jumlah Daily Active User (DAU) atau pengunjung aktif harian yang melampaui Tokopedia. Selama bulan Desember 2021 lalu, jumlah pengunjung aktif harian aplikasi Shopee mencapai 33,27 juta, sementara aplikasi Tokopedia di angka 8,82 juta.

Melihat data tersebut, walaupun Tokopedia memiliki data jumlah pengunjung web yang sedikit lebih tinggi dari Shopee, akan tetapi Shopee jauh memimpin dalam jumlah pengunjung aktif harian aplikasi, dimana sebagian besar masyarakat Indonesia berbelanja online melalui aplikasi.

Hasil ini selaras dengan laporan Map of E-commerce in Indonesia yang diterbitkan oleh iPrice pada kuartal ketiga 2021, bahwa pada Apple App Store, Shopee menduduki peringkat pertama, disusul Tokopedia yang duduk di peringkat kedua. Hasil yang serupa juga ditemukan dalam ranking aplikasi Google Play Store, di mana Shopee masih berada di peringkat pertama, sementara Tokopedia di peringkat ketiga.

Baca Juga: UMKM Banyak Gunakan Fitur PayLater Tokopedia

Selain itu, berdasarkan data dari App Annie, sepanjang tahun 2021, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan (total downloads) terbanyak baik di Google Play Store atau Apple App Store.

Berdasarkan data-data di atas, dapat disimpulkan bahwa Shopee mengungguli persaingan e-commerce di Indonesia untuk periode Q4 2021. Dan, kita akan terus melihat geliat persaingan e-commerce ini, baik melalui layanan maupun promosi yang ditawarkan.

Survei yang digelar oleh Ipsos dilakukan secara online dengan periode mulai 26 November hingga 6 Desember 2021 dengan sampel ini n= 1000 responden berusia 18 tahun ke atas dengan pengalaman melakukan pembelian dengan menggunakan E-commerce dan melakukan pembelian di e-commerce dalam 2 tahun ke belakang.

Baca Juga: Pengaduan Konsumen Terbanyak dari e-Commerce di 2021

Exit mobile version