Mau Pakai 5G Telkomsel? Cek Dulu Syaratnya!

5G Telkomsel syarat 5G

Seperti yang ramai diberitakan sebelumnya, akhirnya Indonesia kedatangan teknologi jaringan seluler terbaru, yakni 5G. Peluncuran 5G di Indonesia pertama kali ini dibawa oleh operator Telkomsel. Tapi, kamu sudah tahu belum persyaratan menggunakan layanan 5G?

Sekadar informasi, 5G adalah jaringan seluler generasi kelima yang memungkinkan konektivitas yang belum pernah ada sebelumnya, yakni broadband super cepat, komunikasi dengan latensi rendah sehingga minim buffer dan lag saat internetan, ketersediaan akses yang luas, dan penggunaan energi yang lebih efisien.

Melalui peluncuran 5G, Telkomsel yakin bahwa kehadirannya akan memperkuat kapabilitas digital nasional dan mendorong transformasi Indonesia menuju kedaulatan dan kemandirian digital yang utuh, seraya membuka kemungkinan yang sebelumnya belum pernah terjadi pada teknologi jaringan seluler generasi sebelumnya.

Gimana? Menarik bukan? Kalau kamu tertarik menggunakan 5G Telkomsel, kamu sudah bisa kok menggunakannya sekarang juga. Tapi, pastikan kamu membaca syarat 5G Telkomsel di bawah ini!

Baca Juga: Harapan Kominfo Terhadap Peluncuran 5G Pertama di Indonesia

Syarat 5G Telkomsel

  1. Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
  2. Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
  3. Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung penggunaan layanan dan jaringan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
  4. Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G

Setelah membaca persyaratan di atas, mari kita bahas satu persatu. Yang pertama, untuk bisa menggunakan layanan 5G, pastikan kartu SIM kamu sudah menggunakan uSIM. Kalau kamu sudah menggunakan layanan 4G, sudah pasti kamu bisa lanjut menggunakan 5G. Faktanya adalah kartu SIM 4G dan 5G itu sama.

Kemudian, bicara mengenai perangkat smartphone yang sudah mendukung, pastikan juga smartphone kamu memiliki dukungan terhadap 5G dengan penggunaan band n40 atau berjalan pada frekuensi 2.300 MHz. Beberapa smartphone yang sudah bisa menikmati 5G Telkomsel, di antaranya Oppo Reno 5, Oppo Find X2, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Baca Juga: Cek Kebenaran Seputar Mitos 5G yang Beredar

Selain itu, cek dulu wilayah tempat kamu tinggal. Di awal peluncurannya, 5G Telkomsel baru tersedia di sejumlah titik di sembilan kota di Indonesia. Di bawah ini kamu bisa mengecek titik-titik tempat layanan 5G sudah bisa diakses.

Perumahan:

Hot Spot:

Fasilitas Pendidikan:

Buat kamu yang tinggal di kawasan atau wilayah yang tidak disebutkan di atas tidak perlu khawatir. Telkomsel secara bertahap dan terukur akan terus melakukan penambahan cakupan layanan 5G secara merata agar manfaatnya dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat di Tanah Air. Informasi lebih lanjut mengenai 5G Telkomsel dapat mengunjungi situs www.telkomsel.com/5G.

Baca Juga: 5G Telkomsel Resmi Diluncurkan, Cek Wilayah Penyebarannya

Exit mobile version