Tak Cuma Nasi, 7 Masakan Ini Juga Bisa Dimasak dengan Rice Cooker

Apakah kamu tahu bahwa saat ini beredar rumor bahwa pemerintah akan memberikan rice cooker gratis untuk menggantikan tabung gas melon?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memiliki rencana untuk memberikan paket bantuan rice cooker seharga Rp500.000 kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Hal ini dilakukan untuk mendukung pemanfaatan energi bersih, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, dan penghematan biaya memasak. Selain itu, menurut Menteri ESDM Edy Pratiknyo, berdasarkan kajian, menanak nasi dengan rice cooker lebih hemat dibandingkan dengan kompor gas LPG 3 kg.

Biasanya kita menggunakan rice cooker memang untuk memasak nasi, bukan? Tapi tahukah kamu? Bahwa tak hanya nasi putih saja, alat ini juga dapat digunakan untuk memasak semua jenis masakan nasi berbumbu seperti nasi kuning, nasi liwet, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada beberapa masakan rumahan lezat lain yang juga bisa dimasak dengan alat ini lo!

Berikut beberapa resep masakan yang bisa kamu coba.

7 Masakan yang Bisa Dimasak Menggunakan Rice Cooker

1. Sup Ayam Komplet

sup ayam rice cooker

Menu pertama yang bisa kamu masak adalah sup ayam komplet. Selain mudah untuk dilakukan, bahannya juga tidak banyak karena kamu hanya membutuhkan kentang, wortel, dada ayam, jagung, dan daun bawang.

Bumbu halus yang kamu perlukan hanya bawang putih, bawang merah, kemiri, garam, dan gula pasir. Tumis bumbu halus ini, kemudian tambahkan air. Biarkan mendidih, kemudian masukkan semua isian sup dan masak hingga sayuran empuk dan ayamnya matang.

Resep ini hanya memerlukan waktu yang singkat untuk memasaknya di rice cooker dan tidak begitu ribet.

Baca juga: 5 Resep Olahan Sayuran Bayam Selama Ramadan ala Ayudia Bing Slamet

2. Kari Sapi Jepang

Selain sup ayam, kamu bisa menyajikan hidangan praktis lainnya berupa kari sapi Jepang. Hidangan ini hanya membutuhkan daging sapi, bawang bombay, bawang putih, jahe, dan bubuk kari. Cara membuatnya mudah, tumis dulu jahe, bawang bombay dan bawang putih yang diiris halus. Kemudian tambahkan bubuk kari. Setelah itu masukkan dagingnya, tumis sebentar dann tambahkan air secukupnya. Masak hingga daging empuk dan bumbu kari sudah mengental. Kamu juga bisa menambahkan wortel dan kentang lo!

3. Ayam goreng ala Korea

Tak hanya yang berkuah atau berbagai olahan nasi, kamu juga bisa memasak ayam goreng lo! Salah satunya adalah ayam goreng, resep dari Korea ini.

Caranya, rebus ayam dengan rice cooker. Setelah matang, tiriskan. Buat adonan tepung basah dari tepung terigu, kecap ikan, bawang putih bubuk, dan lada halus. Baluri ayam dengan tepung basah, kemudian gulingkan dalam tepung ayam krispi kering. Panaskan minyak dalam rice cooker, lalu goreng ayamnya.

Untuk membuat saus, tumis bawang putih cincang dan jahe dalam rice cooker. Kemudian masukkan saus sambal, saus tomat, madu, minyak wijen, saus tiram, sesuai selera. Boleh ditambah air jika terlalu kental. Setelah saus mendidih, masukkan ayam goreng dan aduk merata hingga terselimuti saus seluruhnya.

Baca juga: Rekomendasi Nasi Uduk Enak di Jakarta Lauk Ayam Goreng

4. Ubi

Tidak hanya makanan berat, kamu juga bisa memasak ubi dengan mudah menggunakan alat ini. Kamu hanya perlu memasukkan air ke dalam rice cooker dan masukkan ubi ke dalamnya. Kamu juga tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu matang dan sangat mudah serta efektif.

5. Nasi Goreng

Kamu juga bisa memasak nasi goreng dengan penanak nasi ini. Akan lebih lezat jika kamu menggunakan nasi kemarin ya, yang sudah agak keras.

Dalam rice cooker yang sudah dipanaskan, masukkan margarin lalu tambahkan bumbu nasi goreng instan. Tumis sebentar, masukkan nasi dan aduk merata sampai bumbu meresap. Kamu boleh juga menambahkan kecap dan saus tomat atau saus sambal sesuai selera. Nasi goreng siap disajikan.

6. Bubur Kacang Hijau

Dengan rice cooker, kamu juga membuat bubur kacang hijau ala abang-abang warmindo.

Caranya juga mudah. Rebus air hingga mendidih dengan. Masukkan kacang hijau, rebus hingga lunak. Masukkan gula merah secukupnya, dan tambahkan santan instan kental sebagai pelengkap.

7. Rendang Sapi

Pengin makan masakan yang medok? Kamu juga bisa memasak rendang sapi dengan menggunakan rice cooker. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasil masakan kamu tetap enak.

Di sisi lain, dengan menggunakan rice cooker, daging rendangmu justru lebih cepat empuk dan tidak kering lo! Akan tetapi, kamu tetap harus mengoseng daging rendang tersebut agar bumbu-bumbu rendang dapat menyerap.

Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan di Jogja yang Wajib Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Bagaimana menurut kamu? Semakin lama teknologi semakin canggih, bukan? Semakin praktis juga, mempermudah hidup banget!

Hanya dengan menggunakan rice cooker saja kamu bisa memasak hidangan makanan bervariasi dan mudah. Sebenarnya masih banyak resep makanan yang dapat kamu coba masak dengan rice cooker. Namun, kamu bisa coba dulu berbagai resep makanan di atas, yang lebih simpel dan mudah dilakukan.

Exit mobile version