Tak Perlu Repot Beli CCTV, Cukup Pake HP Lawas pun Jadi

 

Untuk menjaga keamaan di rumah atau ruang kantor, saat ini diperlukan sistem pengawasan yang canggih. Salah satunya dengan menggunakan perangkat kamera pengawas atau dikenal Closed Circuit Television (CCTV)

Kamera pengintai atau pengawas ini merupakan perangkat yang cukup diandalkan. Terlebih saat rumah ditinggalkan, atau di ruang kantor yang memiliki banyak arsip penyimpanan serta barang penting lainnya.

Bagi yang sedang berminat untuk memasan CCTV di rumah atau ruang kantor, saat ini tak perlu lagi mengeluarkan uang ratusan ribu atau jutaan, karena ada cara mudah untuk mengakalinya.

BACA JUGA : Awas, Si Jago Merah Mengintai Saat Rumah Ditinggal Mudik

Ilustrasi CCTV

Cukup manfaatkan handphone bekas alias HP yang tak lagi dipakai, sudah bisa dijadikan sebuah alat kamera pengawasa atau pengintai.

HP ini bisa berbasis iOS ataupun Android, caranya cukup dengan menginstal apilakis pihak ketika, setting lalu letakan HP tersebut di ruangan di mana mau untuk diawasi.

Menariknya, ada ragam aplikasi yang disediakan dengan mode penyimpanan yang variasi. Dari streaming cloud, deteksi gerakan dan peringatan, streaming lokal, tinggal tentukan sesuai kebutuhan.

Salah satunya Alfred Camera, aplikasi ini bisa didapat via iOS atau android. Cukup mendownload lalu mengintalnya pada ponsel yang tak lagi terpakai, setelah itu pilih opsi camera dan letakan sesuai kebutuhan.

Usai menu camera pada Alfred Camera diaktifkan, otomatis streaming akan langsung dimulai. Menariknya lagi, ada banyak fitur yang ditawarkan pada alpikasi ini.

BACA JUGA : Cara Pantau CCTV Online Saat Mudik dengan Aplikasi Travoy

Kamera Galaxy M11 ada tiga (foto: istimewa)

Mulai dari mendektis gerakan yang cukup sensitif, komunikasi dua arah melalui audio, sampai mengaktifkan pilihan kamera depan atau belakang yang bisa langsung dimonitor dari ponsel yang ada pada genggaman.

Selain itu, masih ada beberapa aplikasi CCTV lainnya yang juga bisa didapatkan secara cuma-cuma, cukup mendownload lalu ikut cara-cara yang disajikan.

Selamat mencoba!

Exit mobile version