Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara: Aktivitas, Harga Tiket, dan Tips Perjalanan

Taman Bunga Nusantara atau TBN adalah sebuah objek wisata alam di Cianjur, Jawa Barat.  TBN cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana alam yang tertata rapi dan tidak ekstrem. Jaraknya hanya 2-3 jam dari Jakarta sehingga bisa menjadi tempat berlibur singkat bersama teman atau keluarga di akhir pekan.

Dikutip dari situs resmi Taman Bunga Nusantara, TBN diprakarsai oleh Suhardani Bustanil Arifin sebagai Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara pada tahun 1992. TBN sebagai agrowisata seluas 50.000 m² ini diresmikan oleh Tien Suharto pada tanggal 10 September 1995. Banyak fasilitas menarik yang ditawarkan TBN sehingga layak dimasukkan ke dalam agenda liburan mendatang.

Aktivitas di Taman Bunga Nusantara

Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara memiliki area yang sangat luas sehingga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas.

1. Menjelajahi Taman Bunga

Ada beberapa taman tematik yang berisi bunga-bunga khas dari berbagai tempat, antara lain Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Mawar, Taman Rahasia, Taman Perancis, Taman Palem, Taman Air dan Taman Gaya Jepang.

Baca juga: Ketika Pemandangan Alam dan Pelestarian Menjadi Satu dalam 6 Kawasan Konservasi Indonesia

2. Berkeliling Naik Tram dan Wira-wiri

Tiket tram bisa dibeli dalam bentuk paket dengan tiket masuk, sedangkan Wira Wiri harus membayar tiket tersendiri. Kendaraan ini merupakan favorit pengunjung yang ingin cuci mata dan menghirup udara segar tetapi tidak mau capek jalan kaki.

3. Piknik bersama Keluarga

Ini kelebihan TBN yang diharus dimanfaatkan. Ada area piknik yang bisa digunakan pengunjung untuk duduk-duduk santai di atas tikar yang digelar di atas rumput yang luas, rapi, dan hijau. Pengunjung dapat membawa bekal makanan dari rumah.

4. Gathering Kantor atau Komunitas

Taman Bunga Nusantara yang luas ini cocok digunakan untuk berkumpul bersama rekan kerja atau teman-teman komunitas. Ada beberapa gazebo atau saung yang bisa digunakan. Untuk konsumsi, di sini ada restoran di atas kolam. Jika agenda gathering cukup banyak, pengunjung bisa menginap di Saung Nini.

5. Berfoto dengan Latar Belakang Taman Bunga yang Indah

Hampir semua sudut Taman Bunga Nusantara bisa menjadi latar belakang foto yang keren untuk diunggah di media sosial. Bunga-bunga di TBN ditata sedemikian rupa sehingga ada yang menyerupai dinosaurus, kucing raksasa, burung merak, karpet rumput, dan topiary.

Ada pula air mancur yang dapat menari mengikuti musik. Di sini juga banyak bangku untuk variasi pose foto.

6. Mengunjungi Rumah Kaca

Rumah kaca ini didominasi tanaman hias begonia. Begonia terkenal dengan daunnya yang tebal dan eksotik, selain bunganya yang cantik.

7. Naik ke Menara Pandang

Tinggi menara ini adalah 29 meter dan memiliki 3 tingkat. Pengunjung dapat melihat hampir seluruh Taman Bunga Nusantara dari ketinggian.

8. Mengajak anak-anak ke taman bermain

Meski tidak banyak karena fokus TBN adalah bunga, tetapi anak-anak tetap diberi fasilitas bermain yang menyenangkan.

9. Bermain Petak Umpet di Taman Labirin atau Maze

Taman ini merupakan favorit pengunjung karena seperti labirin-labirin yang ada di Eropa. Anak-anak pasti akan senang sekali jika diajak bermain petak umpet di bagian ini. Selain sebagai tempat bermain, labirin juga bisa menjadi tempat favorit untuk foto.

10. Foto Prewedding

TBN sudah pasti tidak akan mengecewakan sebagai lokasi foto prewedding. Dengan fotografer yang  mumpuni, calon pengantin akan mendapatkan banyak foto yang fotogenik. Jangan lupa untuk mencari informasi dulu mengenai aturan mengadakan foto prewedding di sini ya, seperti apa yang dilarang untuk dibawa atau dilakukan.

11. Membeli Tanaman

Oleh-oleh terbaik jika ke taman bunga tentu saja membawa pulang bunga dan tanamannya. TBN menyediakan bursa bunga dan tanaman di bagian depan.

Harga Tiket Taman Bunga Nusantara

Fasilitas parkir di TBN cukup luas sehingga muat untuk banyak kendaraan pribadi dan bus. Sedangkan harga tiket masuk dan wahana berbeda pada hari kerja (weekdays) dan akhir pekan (weekend). Harga tiket TBN selengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Parkir
    Motor: Rp10.000.
    Mobil: Rp15.000.
    Mini Bus: Rp20.000.
    Bus: Rp25.000.
  2. Tiket Masuk
    Umum: Rp50.000 (usia 4 tahun ke atas membayar penuh)
    Rombongan 50 – 100 orang   : diskon 5%.
    Rombongan > 100 orang        : diskon 10%
    Sekolah
    Rombongan 50 – 100 orang   : diskon 10%
    Rombongan > 100 orang        : diskon 20%
  3. Tike masuk + Golden Tram : Rp60.000.
  4. Tiket masuk + Exotic Tram : Rp70.000.
  5. Tiket Fasilitas
    Wira Wiri (kendaraan taman) : Rp20.000.
    Rumah kaca (koleksi begonia): Rp5.000.

Tip Perjalanan ke Taman Bunga Nusantara

Agar kunjungan ke Taman Bunga Nusantara ini memuaskan dan meninggalkan kenangan manis, berikut beberapa tip yang bermanfaat:

  1. TBN beralamat di Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Letaknya tak jauh dari kota sehingga terjangkau kendaraan umum. TBN merupakan objek wisata yang sangat populer di daerah ini sehingga dapat bertanya ke banyak orang jika bingung melihat peta.
  2. Rute termudah dari Jakarta adalah lewat jalur Puncak jika tidak sedang macet. Setelah turunan Ciloto, ikuti saja papan penunjuk arah ke TBN. Jalanan beraspal dan lokasi tidak sulit dijangkau.
  3. Jika naik angkutan umum, dari Pasar Cipanas naik angkutan warna kuning-ungu yang lewat samping Alam Sunda dengan tarif Rp6.000.
  4. TBN berada di ketinggian 750 mdpl dengan suhu rata-rata 20-26°C. Meski sejuk, tetapi setelah jam 11.00 matahari cukup terik. Ini karena kebanyakan tanaman bunga tidak tumbuh setinggi pohon, sedangkan area terbukanya sangat luas. Karena itu, usahakan datang sepagi mungkin dan jangan lupa membawa topi atau payung. TBN buka pukul 09.00 – 17.00.
  5. Saran untuk datang sepagi mungkin bukan hanya karena teriknya matahari, tapi juga karena TBN ini luas sehingga pengunjung tidak perlu buru-buru menuntaskan penjelajahan.
  6. Area piknik merupakan nilai tambah favorit pengunjung karena bisa membawa tikar dan makanan sendiri. Jangan lupa untuk membawa kantong sampah agar kebersihan TBN terjaga.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Puncak yang Sangat Instagrammable

Itulah panduan untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Bunga Nusantara. Berwisata dengan menikmati keindahan bunga akan mengembalikan perasaan-perasaan menyenangkan dalam diri yang telah terkuras setelah bekeja keras atau giat belajar.

Exit mobile version