Eksplorasi 7 Taman Terbaik di Surabaya: Oase Hijau di Tengah Kota

JNEWS – Mengunjungi kota Surabaya, wisatawan akan disuguhkan pemandangan hijau dari taman-taman yang ada di berbagai sudut kota. Bahkan di tiap pedestrian dan tengah jalan pun ada beragam tanaman hijau yang ditanam. Kehadiran taman di Surabaya ini seperti oase yang menyegarkan.

Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Ibu Kota Jakarta. Sebagai kota metropolitan dengan kepadatan penduduk cukup tinggi, kini Surabaya telah menjelma menjadi kota yang memiliki taman dalam jumlah yang besar.

Berdasarkan data dari Pemerintah Kota Surabaya, total taman di Surabaya ada 949 yang terdiri dari taman aktif dan pasif. Untuk taman aktif, ada 38 lokasi dengan skala kota sedangkan skala pemukiman atau RW ada 136 lokasi.

Hampir setiap hari taman-taman tersebut ramai dikunjungi oleh warga lokal dan wisatawan. Baik yang hanya sekadar jalan santai, olahraga hingga menemani anak-anak bermain. Bisa dikatakan, taman di Surabaya adalah destinasi wisata murah meriah tetapi menyenangkan.

Bagi yang berencana mengunjungi Kota Pahlawan, berikut ini beberapa taman di Surabaya yang bisa dikunjungi karena memiliki beragam fasilitas menarik dan unik.

7 Taman di Surabaya yang Populer

taman di surabaya - taman bungkul

1. Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah ikon kota Surabaya. Menempati lahan seluas 900 meter persegi, taman ini pernah mendapatkan penghargaan The 2013 Asian Townscape Award yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Taman ini didesain minimalis modern dan memiliki sejumlah fasilitas menarik yang ditambahkan oleh pemerintah agar pengunjung merasa betah serta nyaman.

Fasilitas di Taman Bungkul antara lain amphitheater, skate park, jogging track, kolam air mancur, playground, tempat makan, keran air siap minum (KASM), dan Wi-Fi gratis. Dengan fasilitas tersebut tidak mengherankan apabila setiap hari bahkan di akhir pekan selalu ramai dikunjungi masyarakat hingga wisatawan.

Alamat: Jl. Taman Bungkul, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Hotel Surabaya dengan Pemandangan Kota Terbaik

2. Taman Cahaya

Taman Cahaya terletak di kawasan Surabaya Barat juga termasuk taman yang populer. Dengan luas kurang lebih 1,5 hektare, taman ini selalu ramai dipadati masyarakat yang ingin olahraga atau sekadar menikmati suasana pagi dan sore hari.

Fasilitas taman ini cukup lengkap dan memadai. Mulai dari lapangan futsal, lapangan basket, jogging track, playground, toilet, musala hingga lintasan batu refleksi. Tak hanya itu juga, di kawasan taman Cahaya ada sejumlah pedagang kaki lima yang menjual aneka makanan dan membuka jasa penyewaan mobil aki mainan untuk anak-anak.

Alamat: Jalan Raya Pakal, Pakal, Kec. Pakal, Kota Surabaya.

3. Taman Pelangi

Kendati luas Taman Pelangi tidak sebesar taman di Surabaya lainnya tetapi tetap menarik untuk dikunjungi. Taman Pelangi memiliki konsep unik, ada pilar-pilar yang dibangun di atas air. Di malam hari, pilar-pilar tersebut diterangi oleh aneka warna lampu sehingga penampakannya seperti pelangi.

Tidak mengherankan taman ini selalu ramai pada malam hari. Karena pengunjung ingin menikmati keindahan cahaya warna-warni tersebut. Fasilitas yang bisa dinikmati di taman ini seperti dari jogging track, kolam dengan lampu dekoratif.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.138, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota Surabaya.

4. Taman Surya

Taman Surya dikenal juga sebagai Taman Balai Kota Surabaya lantaran berada di dalam satu kawasan dengan bangunan balai kota. Dengan ukuran yang cukup luas, taman ini dikelilingi tanaman hijau dan terdapat air mancur di bagian tengah yang bisa ‘menari’.

Fasilitasnya memang tidak selengkap taman lain, tetapi cukup untuk sekadar jalan santai maupun olahraga. Berkunjung di taman ini, harus memperhatikan jam operasional karena berbeda pada hari biasa dan akhir pekan. Di hari biasa ada pembatasan karena masuk jam kerja di lingkungan pemerintah kota.

Alamat: Jl. Taman Surya, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

5. Taman Mundu

Taman Mundu dulunya adalah lapangan terbengkalai dan digunakan sebagai lahan parkir. Namun, sekarang ini Taman Mundu telah menjelma menjadi taman yang luas dan cantik.

Ada sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung, salah satu yang favorit adalah pertunjukan air mancur. Ketinggian air mancur ini bisa mencapai sepuluh meter dan dilengkapi dengan variasi gerakan menarik. Di malam hari, ada efek pencahayaan sehingga menciptakan kesan seperti pelangi di tengah air.

Tak hanya itu saja, fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah jogging track, playground, panggung terbuka, area tempat duduk luas, dan refleksi kaki. Menariknya lagi, seperti Taman Bungkul, di taman ini ada air keran yang siap diminum.

Alamat: Jl. Juwet, Tambaksari, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya.

6. Taman Harmoni

Taman Harmoni atau Taman Hutan Kota Keputih, dulunya adalah tempat pembuangan sampah terakhir di Surabaya. Namun, akhirnya fungsinya dipindahkan ke TPS Tandes. Oleh walikota saat itu, Ibu Tri Rismaharini, wajah Taman Harmoni diubah menjadi taman yang rindang dan menarik untuk dikunjungi.

Taman dengan luas 40 hektare ini memiliki hutan pohon bambu yang rindang, selain itu ada juga bunga sakura yang bermekaran sehingga pengunjung serasa berada di Jepang. Diperkirakan jenis bunga yang di Taman Harmoni sekitar 70 jenis dengan 38 jenis di antaranya adalah pepohonan dan 31 sisanya merupakan tanaman semak perdu.

Fasilitas di taman ini cukup lengkap seperti toilet, musala, playground, wahana bermain, area refleksi hingga jogging track.

Alamat: Jl. Keputih Tegal Timur II No.249, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya.

7. Taman Jayengrono

Taman Jayengrono merupakan saksi bisu perjuangan para pemuda Surabaya dalam pertempuran melawan Inggris. Taman kota tertua ini beberapa mengalami pergantian nama hingga menjadi Taman Jayengrono yang diambil dari nama bupati pertama di Surabaya.

Dengan luas 5.300 meter persegi, Taman Jayengrono atau Taman Sejarah dikelilingi sejumlah bangunan dengan gaya arsitektur kolonial Belanda. Seperti Jembatan Merah, Gedung Internatio, Gedung Garuda, dan Gedung Cerutu.

Fasilitas umum yang ada di taman ini seperti panggung dengan latar belakang Gedung Internatio, area pertunjukan seni di bagian tengah taman, air mancur hingga jalur relaksasi.

Lokasi: Jl. Rajawali, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Kota Surabaya.

Baca juga: 10 Makanan Khas Surabaya dengan Rasa Unik yang Tak Ada di Tempat Lain

Taman di Surabaya merupakan area ruang terbuka hijau yang menjadi penyeimbang di tengah kepadatan aktivitas masyarakat serta lalu lintas kota. Kehadirannya membuat kota lebih terlihat asri, segar dan nyaman.

Exit mobile version