Trik Bikin Tampilan Toko Online Kamu Terlihat Menarik di Aplikasi Marketplace

Semakin lama orang mengenalnya, semakin banyak hal yang bisa dilakukan dengan teknologi. Salah satunya adalah perubahan perilaku untuk lebih cenderung belanja di toko online.

Kita bisa melihat, bahwa dengan toko online, pebisnis lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas, pun pembelinya juga sangat dimudahkan. Apalagi sekarang sudah berkembang pula yang namanya marketplace, tempat berbagai toko online bisa membuka lapak bersama. Ibarat mal, marketplace seakan menjadi solusi one stop shopping. Mau apa saja, tersedia; harganya wajar sesuai pasar, sering ada promo, cara belanjanya pun mudah banget.

Karena ada begitu banyak toko online di marketplace, maka dengan sendirinya, persaingan pun muncul. Pada akhirnya, toko-toko online yang berkumpul di dalam satuu marketplace pun ”terpaksa” harus bersaing satu sama lain untuk memperebutkan perhatian pembeli.

Mempercantik dan membuat unik tampilan toko online kamu menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan kemudian untuk berusaha menang dalam persaingan itu. Selain itu, dengan kamu mempercantik tampilannya, kamu juga dapat meningkatkan branding dan penjualan toko online kamu.

Nah, kalau kamu masih bingung cara membuat tampilan toko online kamu lebih menarik, yuk, ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Trik Membuat Tampilan Toko Online Menarik

Strategi Optimasi Toko di Marketplace

1. Pilih layout

Biasanya, marketplace sudah menyediakan berbagai jenis desain layout yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih sesuai konsep karakter yang sudah kamu pikirkan untuk toko online-mu tersebut.

Pada umumnya, layout tersebut didesain sesuai fokus toko online. Misalnya, ada layout yang fokus pada display promo, ada layout yang fokus pada kemudahan calon pembeli untuk mencari barang yang dibutuhkan, ada juga layout yang fokus pada branding toko.

Nah, kamu tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca juga: 7 Strategi agar Pembeli Toko Online Segera Checkout

2. Membuat Tema Sesuai Momen

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah kamu bisa menyesuaikan tampilan dengan event yang sedang terjadi seperti Idulfitri, hari kemerdekaan, Natal, Harbolnas, dan masih banyak lagi.

Gunakan momen tersebut untuk membuat banner agar lebih menarik dan memikat mata serta hati pelanggan. Kamu bisa memilih desain banner dan kalimat promosi yang disesuaikan dengan event yang sedang berlangsung tersebut.

Seperti di mal, biasanya mereka selalu membuat desain dengan menyesuaikan momen yang sedang berlangsung dan selalu menambahkan promo. Dengan begitu, pelanggan akan lebih terpikat untuk berkunjung ke tokomu.

3. Membuat Navigasi Etalase Lebih Jelas

Biasanya, pelanggan akan menggunakan navigasi agar lebih mudah mencari produk yang sedang mereka inginkan. So, pastikan navigasi toko online yang kamu kelola bisa ditemukan dan dipakai dengan mudah.

Pelanggan selalu menyukai proses yang cepat dalam mencari produk, apabila navigasi toko kamu tidak tertata dengan rapi maka mereka pun pasti akan malas dan memilih toko lain yang navigasinya lebih jelas.

Kamu juga bisa memasang produk unggulan atau produk yang sedang promo dipasang pada bagian atas, sehingga pelanggan bisa langsung melihat produk promo tersebut.

Baca juga: Intip Cara Konten Kreator Video Pendek Raup Cuan

4. Membuat Konten Video

Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan konten video. Selain bisa menjadi dekorasi, hal ini dapat membantu pelanggan untuk melihat deskripsi produk tanpa membaca karena banyak juga pelanggan lebih menyukai menonton video review tentang produk yang sedang dijual.

Video memungkinkan produk dapat ditampilkan dengan lebih lengkap dan jelas. Bagi pelanggan, video juga bisa membuat mereka menjadi lebih paham fitur dan keunggulan produk yang kamu jual di toko online yang kamu kelola, karena dengan video kamu bisa memperlihatkan berbagai hal yang tak bisa ditampilkan dalam foto. Misalnya saja seperti cara kerja produk yang mudah, bagaimana cara untuk menggunakannya, bahannya seperti apa, dan sebagainya.

Selain video produk, kamu juga bisa membuat konten video yang memperlihatkan toko dan produk yang kamu jual secara overview, agar pelanggan bisa langsung melihat barang-barang seperti apa yang kamu jual. Taruh video ini pada halaman beranda, sehingga ketika pelanggan baru mengakses laman tokomu, mereka bisa langsung melihatnya.

5. Menampilkan Produk-Produk Paling Laris

Kemudian, kamu bisa menambahkan produk-produk paling laris dan paling disukai oleh pelanggan di halaman depan toko online kamu.

Dengan demikian, pelanggan akan lebih mudah menemukan produk-produk best seller-mu. Kalau perlu, lengkapi juga dengan rating produk dan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Semakin tinggi rating produkmu dan semakin banyak review dari pelanggan sebelumnya, maka semakin banyak calon pelanggan yang akan tertarik serta membeli produk yang kamu jual.

6. Mengunggulkan Promo

Tidak hanya menaruh produk terlaris saja, kamu juga perlu memasang produk-produk yang yang lagi promo di halaman depan toko. Tahu kan, kalau pembeli toko online paling enggak debat kalau disodori produk promo?

So, usahakan agar produk-produk promo tersebut bisa tampil pertama dan terlihat jelas oleh pelanggan begitu mereka berkunjung ke tokomu. Buat banner yang bisa langsung menarik mata pelanggan tentang adanya promo ini. Kamu bisa memasang promo diskon 30% atau mencoret harga menjadi lebih terjangkau. Hal ini akan menarik pelanggan karena kegiatan promo seperti ini selalu menjadi daya tarik paling dilihat oleh pelanggan.

7. Memilih foto yang tepat

Terakhir dan tidak kalah penting, pilihlah foto yang sesuai dengan karakter toko kamu dan produk-produk jualan kamu. Usahakan kamu memilih resolusi foto lebih bagus dan jelas sesuai dengan banner yang tersedia di marketplace. Selain itu, kamu bisa memasang foto produk kamu lebih estetik dan menarik di mata pelanggan.

Baca juga: Strategi Optimasi Toko di Marketplace

Nah, itu tadi beberapa trik untuk membuat tampilan toko online menjadi lebih menarik dan dapat mengundang pelanggan untuk berkunjung dan membeli. Kamu bisa mempraktikkannya sekarang juga agar penjualanmu di marketplace dapat meningkat dengan segera. Pastikan kamu menyesuaikan dengan konsep dan produk kamu ya agar makin menarik dilihat.

Selamat mencoba!

Exit mobile version