Manfaat Kesehatan dari Teh Rosella: Lebih dari Sekadar Minuman

JNEWS – Teh rosella dikenali dari warnanya yang merah dengan rasa yang sedikit asam. Di Indonesia, kelopak rosella dikeringkan lebih dahulu lalu diseduh sebagai salah satu varian teh. Namun di wilayah asalnya di Afrika dan negara-negara lain yang telah membudidayakannya, rosella juga diolah menjadi salad hingga selai.

Meski berasal dari Afrika, penghasil rosella terbesar di dunia adalah Thailand dan Tiongkok. Rosella dari Thailand terkenal berkualitas. Berawal dari tanaman hias, sekarang rosella dikenal justru karena khasiatnya. Orang minum teh rosella secara khusus karena ingin mendapatkan khasiatnya.

Manfaat Kesehatan Teh Rosella

Manfaat Kesehatan dari Teh Rosella: Lebih dari Sekadar Minuman

Dikutip dari laman Setjen Pertanian, rosella (Hibiscus sabdariffa L.) merupakan tanaman semak. Bagian dari rosella yang bisa dimanfaatkan adalah kelopak bunga atau kaliks.

Rosella mengandung anthocyanin delphinidin-3-xylosilglucoside dan cyanidin-3-xylosil-glukosida yang ditandai dengan warna merah cerah. Selain itu, rosella juga mengandung vitamin, mineral, asam amino, antioksidan dan berbagai kandungan bermanfaat lainnya.

Baca juga: Bawang Putih Tunggal: Superfood dengan Manfaat Kesehatan Luar Biasa

Berikut adalah beberapa manfaat teh rosella yang bisa didapatkan masyarakat.

1. Sebagai Pewarna Alami

Rosella sering digunakan sebagai pewarna makanan atau minuman karena mengandung antosianin yang dapat mengeluarkan warna merah, ungu, dan biru. Pewarna alami ini dapat menggantikan pewarna sintetis seperti rodhamin B, carmoisin dan amaranth.

Antosianin adalah senyawa flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan. Jika pigmen warna tersebut pudar berarti khasiat antosianin juga telah hilang. Umumnya ini terjadi pada rosella yang sudah terlalu lama disimpan.

2. Sebagai Pengawet Alami

Rosella memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, saponin dan tanin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella typhi. Bakteri-bakteri tersebut terdapat pada daging mentah dan dapat mengancam nyawa manusia yang mengonsumsinya. Pada minuman, rosella juga dapat membunuh bakteri patogen.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kelopak bunga rosella mengandung senyawa aktif asam organik dan flavonoid yang menurunkan viskositas darah. Jika viskositas darah turun, kerja jantung menjadi lebih ringan dan tekanan darah ikut turun. Kerja jantung yang terlalu berat akan menaikkan tekanan darah dengan cepat.

Sebuah penelitian terhadap beberapa penderita hipertensi menunjukkan bahwa terjadi penurunan tekanan darah setelah melakukan terapi teh rosella selama 12 hari. Demikian pula dengan pemberian ektrak kelopak rosella yang mengandung anthocyanin setiap hari selama empat minggu.

4. Sebagai Bahan Minuman Alami

Rasa asam dari rosella dapat memberikan kesegaran pada minuman, baik dalam kondisi panas maupun dingin. Rosella juga dapat digunakan sebagai tambahan bahan pembuatan minuman jahe, puding, es krim, dan minuman fermentasi.

Cara membuat teh rosella cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Jemur kelopak rosella selama 1-2 hari.
  2. Pisahkan lidah kelopak rosella dengan bijinya.
  3. Cuci kelopak rosella hingga bersih.
  4. Jemur kembali kelopak rosella selama 3-5 hari.
  5. Remas kelopaknya. Jika mudah hancur berarti kadar air sudah berkurang menjadi 4-5% saja sehingga sudah bisa disimpan untuk digunakan membuat teh rosella kapan saja.
  6. Cara menyeduh rosella menjadi teh adalah dengan melarutkan 2-3 gram rosella kering dengan secangkir air hingga warnanya berubah menjadi merah.

5. Untuk Mencegah Kanker

Rosella mengandung polifenol yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus sebagai agen kemoprotektif dan kemopreventif pada kanker usus besar.

Usus besar merupakan bagian akhir dari sistem pencernaan. Fungsi usus besar adalah untuk menyerap air dan garam elektrolit dari sisa-sisa makanan yang sudah dicerna oleh usus halus. Kanker usus besar merupakan pembunuh senyap, tetapi dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat dari dokter ahli.

6. Untuk Mencegah Berbagai Gangguan Kesehatan

Teh rosella mengandung antikejang (antipasmodik), anticacingan (antelmitik), antibakteri, antiimflamasi, dan antidiabetes.

Rosella memang tidak bisa secara otomatis mencegah semua gangguan kesehatan tersebut. Namun Rosella dapat memperbesar peluang untuk hidup lebih sehat. Selain minum teh rosella, masyarakat harus menjalani gaya hidup sehat dan rajin berolah raga ringan.

7. Untuk Menurunkan Berat Badan

Teh rosella bisa dinikmati oleh yang sedang diet karena dapat menghambat kerja enzim amilase.

Enzim amilase merupakan salah satu penyebab naiknya berat badan karena menyerap karbohidrat. Namun jika menggunakan gula harus memilih gula rendah kalori, seperti gula jagung. Kelopak rosella juga bisa langsung diseduh setelah bijinya diambil agar manfaat rosella lebih terasa.

Baca juga: Mengenal Teh Jati Cina: Manfaat dan Tata Cara Konsumsi untuk Hasil Terbaik

8. Mencegah Penyakit Jantung

Kelopak rosella melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Antioksidan yang melindungi jantung berasal dari flavonoid, antosianin dan vitamin C. Flaovoid dan antosianin juga menurunkan risiko terjadinya peradangan dan pembekuan darah yang dapat mengakibatkan stroke atau serangan jantung.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Rosella memiliki kemampuan menyerap asam lemak jenuh sehingga dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

LDL atau Low Density Lipoprotein menyebabkan terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah. Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat menyebabkan penyakit stroke atau serangan jantung.

10. Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Rosella dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL atau High Density Lipoprotein adalah kolesterol baik. HDL berfungsi untuk menghilangkan kolesterol lain yang berbahaya dalam aliran darah. Jika HDL tidak bisa menjalankan fungsinya, maka LDL akan menumpuk dan dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah.

Rosella memberikan nilai tambah dari sekadar menghangatkan atau menyegarkan tubuh dengan minum teh cantik. Teh rosella memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk penderita penyakit serius, tetap wajib memeriksakan diri ke dokter sambil ikhtiar dengan minum teh ini.

Exit mobile version