Mengenal Kafe Kucing dan Tempat Nongkrong Tematik Hewan: Hiburan Sambil Menjaga Binatang

Tempat nongkrong tematik hewan makin banyak ditemui, dengan menyediakan hewan jinak untuk diajak main. Kebanyakan tempat seperti ini berkolaborasi dengan pet shop atau klinik hewan. Ada juga kafe biasa yang mengizinkan pengunjung membawa hewan kesayangannya, bahkan memberikan fasilitas khusus untuk hewan piaraan tersebut.

Tema hewan yang diusung bermacam-macam. Ada yang secara khusus mengusung tema kafe kucing, kafe anjing, atau pet café secara umum. Untuk menambah referensi, di bawah ini adalah beberapa tempat nongkrong yang tematik hewan yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat Nongkrong Tematik Hewan

Untuk berkunjung ke tempat nongkrong tematik hewan tidak wajib memiliki hewan peliharaan. Banyak tempat yang sudah menyediakan hewan jinak untuk diajak bermain. Namun, yang pasti, pengunjung harus memastikan diri bahwa mereka benar-benar sayang binatang. Pengunjung yang tidak menyukai binatang akan membuat hewan-hewan di tempat itu gelisah.

Dikutip dari laman resmi Unair, hewan yang ada di kafe khusus harus bebas dari rasa lapar, haus dan stres. Pengelola juga wajib memperhatikan kebersihan hewan dan tempat nongkrong tersebut untuk melindungi hewan dan pelanggan. 

Berikut adalah 10 tempat nongkrong tematik hewan dari beberapa kota besar di Indonesia yang bisa dijadikan referensi.

Mengenal Kafe Kucing dan Tempat Nongkrong Tematik Hewan

1. Rumah Gukguk di Bandung

Rumah Gukguk yang menggemaskan ini lebih mirip kebun binatang mini. Gukguk di sini bersih-bersih dan lucu-lucu. Meski fokus utamanya adalah anjing, tapi pengunjung juga bisa melihat hewan lainnya juga, mulai dari ikan, angsa, bahkan kambing. 

Rumah Gukguk memiliki banyak tempat nongkrong luar ruangan. Tanaman ditata rapi menjadi taman yang indah dan keren untuk diunggah di media sosial. Rumah Gukguk juga digunakan untuk berbagai acara. Misalnya ulang tahun anak.

Baca juga: 7 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Instagrammable

2. Como Park di Jakarta Selatan

Como Park yang sangat luas ini merupakan salah satu tempat main anjing terbaik di Jakarta. Rumputnya yang rapi dan hijau membuat anjing kesayangan berguling-guling kegirangan. Di Como ini memang tempat berkumpulnya komunitas penyayang anjing.

Sementara para anjing nongkrong, para pemilik bisa bergaul dengan sesama pencinta anjing sambil menikmati kuliner dari kios-kios makanan yang ada di taman ini. Sebenarnya kucing juga bisa di bawa ke sini, terutama di area makan. Namun sebaiknya menghindari area rumput agar tidak timbul kehebohan karena banyak anjing.

3. Medan Pet di Medan

Medan Pet menerapkan konsep pet café yang halal. Tempat ini nyaman dan keren buat diunggah di media sosial. Medan Pet dengan cerdik menyatukan sarana bermain kucing dengan interior dalam ruangan yang penuh tanaman sehingga tidak terkesan sesak dan tetap hangat. Selain kucing, ada juga hewan-hewan melata eksotik, antara lain iguana yang jinak.

4. Soul on The Beach di Sanur Bali

Soul on The Beach merupakan kafe yang pet friendly, terutama untuk anjing. Pengelola kafe tidak memelihara hewan, melainkan mengizinkan pengunjung membawa hewan kesayangan mereka. Yang unik dari kafe ini  adalah selain menyediakan daftar menu untuk pengunjung, juga menyediakan daftar menu khusus untuk anjing. 

Ukuran kafe ini tidak terlalu luas, tetapi letaknya tepat di depan pantai Sanur sehingga hewan kesayangan bisa berlarian di pasir dan bermain air bersama pemiliknya. Sebuah atmosfir yang khas Bali.

5. Grande Pet Zone di Yogyakarta

Meski ada beberapa kafe kucing di Jogja, tetapi agak sulit menemukan yang cukup luas. Grande Pet Zone ini termasuk yang cukup luas. Konsep tempat ini adalah kolaborasi kafe kucing dan tempat perawatan hewan, terutama anjing.

Untuk kafenya, pengunjung dapat mengelus kucing yang bersih, sehat dan lucu-lucu dengan biaya tertentu. Sedangkan fasilitas di tempat perawatan anjing sangat lengkap, termasuk kolam renang untuk anjing.

6. La Pet Land  di Surabaya

Punya anjing yang suka hedon? Di Surabaya ada tempat nongkrong di mall untuk anjing dan pemiliknya, yaitu di La Pet Land yang terletak di Pakuwon Trade Center. Pengelola menyediakan playground yang sangat lengkap, baik outdoor maupun indoor. Sementara para anjing asyik bergaul, para pemilik bisa bersantai, makan, kerja online bahkan nugas di kafe yang disediakan.

La Pet Land juga menyediakan jasa grooming dan toko fashion khusus untuk anjing. Perlengkapan anjing yang dijual di toko tersebut sangat menggemaskan dan fashionable. 

7. Taman Hewani di Malang

Taman Hewani menyebut dirinya zoo café, yaitu kafe yang dilengkapi dengan berbagai hewan seperti kebun binatang mini. Tempatnya luas, terdiri dari taman dan beberapa kandang besar agar para hewan tidak melarikan diri. 

Pengunjung bisa masuk ke kandang untuk bermain dengan kucing dan kelinci, memancing, foto bersama burung, dan sebagainya. Di Taman Hewani, pengunjung tidak perlu membayar untuk bermain dengan hewan-hewan. Pengunjung cukup membayar hidangan yang telah dipesan. 

8. Dog Ministry di Jakarta Utara

Rasanya tidak cukup kalau Jakarta hanya diberi satu referensi. Ada satu lagi tempat untuk bermanja dengan hewan di Jakarta Utara, yaitu Dog Ministry. Tempat ini luas, terdiri dari ruangan indoor dan outdoor, dan sangat bersih. Pengelola menugaskan banyak karyawan untuk memantau perilaku dan membersihkan kotoran hewan yang tercecer. Pengunjung yang masih takut dengan hewan akan merasa aman. Selain anjing, di sini juga ada babi yang lucu dan bersih. 

Dog Ministry juga menjual berbagai aksesoris bertema anjing. Sedangkan untuk kafe, tersedia berbagai menu makanan, dari nasi goreng hingga ayam geprek dan berbagai minuman modern.

Baca juga: Dokter Hewan Terkenal di Dunia: Profil dan Kontribusi Mereka

Demikianlah beberapa tempat nongkrong dengan tema hewan di kota-kota besar di Indonesia. Tempat-tempat tersebut menawarkan berbagai keunikan yang jauh berbeda dengan kafe biasa sehingga menarik untuk dikunjungi penyayang binatang.

Exit mobile version